07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Tinggal Tunggu Sertifikasi Operasi, Bendungan Gongseng Siap Beroperasi   |   18:30 . Debit Air Naik, Bengawan Solo Siaga   |   18:00 . Melalui Radio, Kasatlantas Kampanyekan Tertib Lalu Lintas   |   17:00 . TMA Bengawan Solo Siaga Kuning Tren Naik   |   16:00 . Pertamina EP Sukowati Field dan Pemdes Ngampel Luncurkan Produk UMKM Desa   |   15:00 . Pegawai dan Karyawan Pemkab Bojonegoro Mulai Divaksin Booster   |   14:00 . Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik, Bupati Anna Lantik 30 Pejabat Pemerintah   |   13:00 . Bupati Buka Turnamen Bulu Tangkis Ormada dan Ingatkan Pentingnya Taat Prokes   |   12:00 . Harga Minyak Goreng Turun, Stok Aman Hingga 6 Bulan   |   11:00 . Kasus DBD Naik, Permintaan Trombosit Meningkat   |   08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bekali Siswa Kerjakan Tugas Akhir, PPKIM Unugiri Gelar Workshop Karya Tulis

blokbojonegoro.com | Monday, 01 November 2021 20:00

Bekali Siswa Kerjakan Tugas Akhir, PPKIM Unugiri Gelar Workshop Karya Tulis

 

Pengirim: Rahayu Lestari Putri*

 

blokBojonegoro.com - Guna membekali mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi), Fakultas Syariah dan Adab UNU Sunan Giri Bojonegoro gelar Workshop Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa (PPKIM) pada Senin, (01/11/2021).

 

Workshop yang mengangkat tema " Strategi Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa" tersebut bertempat di Aula Masjid Al-Birru Pertiwi Dander, Bojonegoro yang dihadiri mahasiswa prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Keluarga Islam (HKI), serta Bahasa Sastra dan Arab (BSA).

 

Acara dimulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Workshop PPKIM dihadiri oleh Rektor, Dekan, Kaprodi, dan segenap mahasiswa. 

 

Dalam sambutannya, Rektor UNU Sunan Giri Bojonegoro Bapak K.M.Jauharul Ma’arif, M.Pd.I., menjelaskan, workshop ini merupakan upaya untuk membekali dan menyiapkan mahasiswa, khususnya bagi semester tujuh untuk bersama-sama belajar dalam membuat karya tulis ilmiah yang baik. 

 

"Apalagi, ke depan tantangan akan semakin berat, aturan terbaru dari beberapa kampus negeri sekarang sudah mengharuskan skripsi bukan satu-satunya syarat lulus, melainkan juga mahasiswa harus berhasil mempublikasikan artikel-artikel di jurnal yang terakreditasi,’’ ungkap pria yang kerap disapa Gus Arif tersebut.

 

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Syariah dan Adab Agus Sholahuddin, M.H.I., juga berharap mahasiswa dapat memanfaatkan workshop ini dengan baik. Karena ilmu yang akan didapat nantinya sangat bermanfaat untuk dipraktikkan, baik dalam penulisan skripsi maupun artikel.

 

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan dipandu secara intensif oleh Narasumber.

 

Workshop tersebut mendatangkan Narasumber yang berkompeten di bidangnya, yakni Bapak Dr. Muhammad Zamzami, Lc.M.Fil.I. Pria yang menjabat sebagai Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut memaparkan banyak hal.

 

Pertama, tahapan publikasi artikel di jurnal untuk mahasiswa. Adapun tahapan tersebut meliputi, niat, memperhatikan model pengiriman artikel dengan menggunakan Open Journal System (OJS), memilih level jurnal yang sesuai dengan standar, misalnya minimal kriteria SINTA 3 serta melakukan Coaching dengan cara meminta kepada dosen wali untuk dibimbing dengan baik.

 

"Persiapan yang harus ditempuh mahasiswa dalam mensubmit artikel, meliputi melakukan riset terhadap kelayakan tulisan kita di level berapa, menjelajahi ragam referensi terkini selama tiga atau 5 tahun terakhir, bersifat novelty (kebaruan ide dan wawasan). Kemudian, seleksi jurnal meliputi pencermatan terhadap fokus and scope, author dan sebagainya,’’ jelasnya.

 

Tak hanya itu, beliau juga menjelaskan tentang kriteria naskah yang tepat. Menurut pria kelahiran Sidoarjo tersebut, naskah yang tepat harus bersifat objektif, motivasi dan up to date.

Dengan demikian, artikel akan dijumpai banyak viewers. Sebaliknya, kriteria naskah yang belum tepat, yaitu plagiat dan tidak novelty, kesimpulan yang tidak benar, tidak ilmiah, dan out of date, sehingga artikel tidak layak untuk dipublikasikan.

 

Adanya workshop ini diharapkan mahasiswa semester tujuh lebih siap dalam menghadapi dan menyelesaikan tugas akhir (skripsi) maupun tugas artikel-artikel lainnya dengan baik. [lis]

*Anggota LIPK Unugiri

Tag : Unugiri, mahasiswa, tugas, karya



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat