18:00 . Di Bumi Cenderawasih, Bupati Anna Sapa Warga Bojonegoro   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Bojonegoro Diagendakan Berangkat Pekan Awal Juni   |   15:00 . Jaga Warisan Budaya, BPSDM Jatim Kunjungi Kampung Thengul di Margomulyo   |   14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sambut Peringatan HSN, Himatika Gelar Webinar Era Digital dengan Gus Romzi

blokbojonegoro.com | Sunday, 17 October 2021 19:00

Sambut Peringatan HSN, Himatika Gelar Webinar Era Digital dengan Gus Romzi Zoom meeting acara webinar Unugiri. (Tangkapan layar pengirim untuk bB)

 

Pengirim: Firda Rizka R. W.*

 

blokBojonegoro.com - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 tinggal menghitung hari. Himpunan mahasiswa Prodi Matematika (Himatika) UNU Sunan Giri (UNUgiri) Bojonegoro mengajak para santri milenial untuk upgrading skill di era digital seperti saat ini. 

 

Untuk itu digelarlah webinar  bertajuk “Santri dalam Menatap Masa Depan Pendidikan Berplatform Digital” yang dihadiri oleh 250 mahasiswa dari Sabang sampai Merauke. Kaprodi Matematika UNU Sunan Giri Bojonegoro, Naning Kurniawati.M.Pd. turut hadir dan membuka acara tersebut, Minggu (17/10/2021). 

 

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021. Semoga pemaparan dari Gus Romzi dapat menambah wawasan mahasiswa, serta bermanfaat bagimu semuanya,” ungkapnya.

 

Kegiatan webinar dipimpin, Ahmad Al-adhomul Aflahin. Narasumber utama yang hadir pada kesempatan ini merupakan penggiat literasi dengan segudang prestasi, Gus Romzi Ahmad. Selain aktif sebagai asisten Staf Khusus Presiden RI, beliau juga terlibat dalam menyiapkan program-program “Siberkreasi” di berbagai wilayah Republik Indonesia. 

 

“Tiga poin utama yang menjadi pusat pembicaraan kita pada hari ini, yaitu Pesantren, Pendidikan, dan Digital,” ujarnya. 

 

Gus Romzi menjelaskan, pesantren adalah pusat berdakwah bagi para ulama. Selain itu, Ki Hajar Dewantara menyebut pesantren sebagai “indigenous way of learning”. Pendidikan yang diterapkan secara terpisah dengan keluarga dan orang tua ini akan membentuk karakter dan kepribadian unggul yang dimiliki oleh santri. 

 

“Pesantren menyajikan banyak permasalahan baik dalam proses pembelajaran maupun interaksi sosial. Jadi, santri adalah manusia pilihan yang memiliki skill decision making yang jauh lebih matang,” ungkapnya.

 

Sedangkan pendidikan merupakan sarana transmisi pengetahuan antara guru dengan murid. “Jika berbicara tentang pendidikan, maka kita tidak akan pernah lepas dengan Taksonomi Bloom,” ungkapnya.

 

Selanjutnya, Gus Romzi menjelaskan perbedaan antara taksonomi bloom model pertama dan model kedua. Menurutnya, Taksonomi Bloom model kedua lebih mengutamakan kualitas proses dalam sebuah pembelajaran. 

 

Poin terakhir tentang digitalisasi. Percepatan digitalisasi ditekan dengan adanya Pandemi Covid-19. “Covid-19 menimbulkan domino effect dalam pendidikan, baik pada tujuan pembelajaran, maupun peran guru di dalam kelas,” imbuhnya. 

 

Webinar yang berlangsung melalui zoom meeting dan live streaming YouTube Channel UNUGIRI TV ini dilanjutkan dengan sesi diskusi yang sangat menarik. 

 

“Santri dapat memberikan banyak kontribusi dalam kehidupan, tergantung pada kemampuannya dalam melakukan manajemen waktu,” pungkasnya. [lis]

 

*LIPK UNU SUNAN GIRI BOJONEGORO)

 

Tag : Unugiri, Himatika, webinar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat