22:00 . Mulai Besok, SKB CPNS Bojonegoro Diselenggarakan   |   20:00 . Lantik Kades PAW, Bupati Ajak Selaraskan Program Kesejahteraan Masyarakat   |   19:00 . Pendiri ISNU Asli Bojonegoro, Pengurus Harus Teruskan Semangat Berjuang   |   18:00 . Bupati Tunjukkan Inovasi Bojonegoro Pada Ajang Kepala Daerah Inovatif Kemendagri   |   17:00 . Awas...!! Saat Hujan Jalan Ini Rawan Tergenang   |   16:00 . Hujan Deras, Beberapa Jalan di Kota Bojonegoro Tergenang   |   12:00 . Lukisan Termahal dalam Pameran Dibandrol Rp30 Juta   |   09:00 . New Citra Rupa Bojonegoro Persembahkan Keindahan Karya Seni Lukis   |   07:00 . Psikolog Ungkap Dampak Digitalisasi Pada Kesehatan Mental: Bikin Stres dan Depresi   |   21:00 . FKS Koordinasi ke Kecamatan, untuk Wujudkan Bojonegoro Sebagai Kabupaten Sehat   |   20:00 . Harga Turun, Berikut Rincian Angka Jual Cetakan USB dan Antam   |   19:30 . Perdana, UNU Sunan Giri Launching Mars PGMI Sekaligus Kenalkan AKM   |   19:00 . Gubernur Jatim Borong Produk Disabilitas Bojonegoro   |   18:30 . YKP Gelar Diskusi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga   |   18:00 . Produk Disabilitas Bersama KADIN Bojonegoro ke Pameran   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sambut Peringatan HSN, Himatika Gelar Webinar Era Digital dengan Gus Romzi

blokbojonegoro.com | Sunday, 17 October 2021 19:00

Sambut Peringatan HSN, Himatika Gelar Webinar Era Digital dengan Gus Romzi Zoom meeting acara webinar Unugiri. (Tangkapan layar pengirim untuk bB)

 

Pengirim: Firda Rizka R. W.*

 

blokBojonegoro.com - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 tinggal menghitung hari. Himpunan mahasiswa Prodi Matematika (Himatika) UNU Sunan Giri (UNUgiri) Bojonegoro mengajak para santri milenial untuk upgrading skill di era digital seperti saat ini. 

 

Untuk itu digelarlah webinar  bertajuk “Santri dalam Menatap Masa Depan Pendidikan Berplatform Digital” yang dihadiri oleh 250 mahasiswa dari Sabang sampai Merauke. Kaprodi Matematika UNU Sunan Giri Bojonegoro, Naning Kurniawati.M.Pd. turut hadir dan membuka acara tersebut, Minggu (17/10/2021). 

 

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021. Semoga pemaparan dari Gus Romzi dapat menambah wawasan mahasiswa, serta bermanfaat bagimu semuanya,” ungkapnya.

 

Kegiatan webinar dipimpin, Ahmad Al-adhomul Aflahin. Narasumber utama yang hadir pada kesempatan ini merupakan penggiat literasi dengan segudang prestasi, Gus Romzi Ahmad. Selain aktif sebagai asisten Staf Khusus Presiden RI, beliau juga terlibat dalam menyiapkan program-program “Siberkreasi” di berbagai wilayah Republik Indonesia. 

 

“Tiga poin utama yang menjadi pusat pembicaraan kita pada hari ini, yaitu Pesantren, Pendidikan, dan Digital,” ujarnya. 

 

Gus Romzi menjelaskan, pesantren adalah pusat berdakwah bagi para ulama. Selain itu, Ki Hajar Dewantara menyebut pesantren sebagai “indigenous way of learning”. Pendidikan yang diterapkan secara terpisah dengan keluarga dan orang tua ini akan membentuk karakter dan kepribadian unggul yang dimiliki oleh santri. 

 

“Pesantren menyajikan banyak permasalahan baik dalam proses pembelajaran maupun interaksi sosial. Jadi, santri adalah manusia pilihan yang memiliki skill decision making yang jauh lebih matang,” ungkapnya.

 

Sedangkan pendidikan merupakan sarana transmisi pengetahuan antara guru dengan murid. “Jika berbicara tentang pendidikan, maka kita tidak akan pernah lepas dengan Taksonomi Bloom,” ungkapnya.

 

Selanjutnya, Gus Romzi menjelaskan perbedaan antara taksonomi bloom model pertama dan model kedua. Menurutnya, Taksonomi Bloom model kedua lebih mengutamakan kualitas proses dalam sebuah pembelajaran. 

 

Poin terakhir tentang digitalisasi. Percepatan digitalisasi ditekan dengan adanya Pandemi Covid-19. “Covid-19 menimbulkan domino effect dalam pendidikan, baik pada tujuan pembelajaran, maupun peran guru di dalam kelas,” imbuhnya. 

 

Webinar yang berlangsung melalui zoom meeting dan live streaming YouTube Channel UNUGIRI TV ini dilanjutkan dengan sesi diskusi yang sangat menarik. 

 

“Santri dapat memberikan banyak kontribusi dalam kehidupan, tergantung pada kemampuannya dalam melakukan manajemen waktu,” pungkasnya. [lis]

 

*LIPK UNU SUNAN GIRI BOJONEGORO)

 

Tag : Unugiri, Himatika, webinar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more