17:00 . Akibat Luapan Kali Pacal, Jembatan Penghubung di Sidobandung Ambruk   |   16:00 . BKC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip   |   07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |  
Sun, 04 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kwarcab Bojonegoro Gelar Peran Saka Cabang 2021

blokbojonegoro.com | Friday, 19 November 2021 19:00

Kwarcab Bojonegoro Gelar Peran Saka Cabang 2021 Upacara saat Peran Saka dilaksanakan. (Dokumentasi panitia pelaksana untuk blokbojonegoro.com)

 

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com – Sebanyak 102 Anggota Pramuka Penegak dan Pandega dan 16 Pamong SAKA perwakilan dari 9 Satuan Karya Pramuka (SAKA) se – Bojonegoro ikut serta dalam Perkemahan Satuan Karya Pramuka (Peran Saka) pada tanggal 18 – 21 November 2021 bertempat di Pusdiklatcab Kendalisada Kwartir Cabang (Kwarcab) Bojonegoro.

SAKA yang terlibat dalam kegiatan Peran Saka Cabang Bojonegoro Tahun 2021, meliputi dari Saka Bhayangkara dibawah naungan Polres Bojonegoro, Saka Wirakartika di bawah naungan Kodim 0813 Bojonegoro, Saka Wanabakti di bawah naungan Perhutani KPH Bojonegoro, Saka Kalpataru dibawah naungan Dinas Lingkungan Hidup, Saka Bakti Husada dibawah naungan Dinas Kesehatan, Saka Pariwisata dibawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Saka Kencana dibawah naungan Dinas P3AKB, Saka Widya Budaya Bakti dibawah naungan Dinas Pendidikan, dan Saka Taruna Bumi dibawah naungan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro.

Rangkaian kegiatan dari Peran Saka Cabang ini diadakan pula Kegiatan Pra Peran Saka seperti Webinar Kesakaan pada (14/11/2021) yang diikuti oleh seluruh anggota Pramuka Penegak dan Pandega secara umum, bahkan ada yang dari luar Kabupaten dan Provinsi, materi dalam Webinar tersebut diberikan oleh masing-masing perwakilan dari Pengurus Saka se-Bojonegoro.

Kemudian kegiatan Pra Peran Saka yang kedua ada Festival Kecerdasan, yaitu dengan menggunakan website yang nanti akan menjawab dari beberapa soal, selanjutnya ada beberapa Lomba yang terdiri dari Lomba Fotografi, Lomba Videografi, dan Lomba Artikel yang diadakan secara umum dan diikuti oleh seluruh Anggota Pramuka Penegak dan Pandega se-Bojonegoro, yang nantinya akan diberikan penghargaan pada malam puncak di kegiatan Peran Saka Cabang Bojonegoro Tahun 2021.

Kemudian, dari rangkaian kegiatan Peran Saka ini, ada giat umum, giat bakti pengecatan dan bersih lingkungan, giat krida dari seluruh Saka, giat advanture, dan giat persahabatan seperti pentas seni dan malam malowopati, serta ada giat vaksinasi 500 dosis dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Tanjungharjo.

Selanjutnya awal kegiatan dimulai pada (18/11/2021) setelah registrasi kedatangan peserta dan pendirian tenda, diadakan tes swab antigen oleh UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Kelas B Kabupaten Bojonegoro.

Tesswab ini diikuti oleh seluruh Peserta, Pamong, dan Panitia Kegiatan Peran Saka Cabang Bojonegoro. “Alhamdulillah, hasil dari tes swab dari kegiatan Peran Saka semua Negatif, tetap lakukan protokol Kesehatan dan semoga sukses dari seluruh rangkaian kegiatannya," ujar Ikhwanudin Wakhid selaku Analis Labkesda Bojonegoro.

Pada upacara pembukaan dihadiri oleh Anna Mu’awannah selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang, Nurul Azizah, selaku Ketua Kwartir Cabang dan seluruh jajaran pengurus Kwarcab, serta seluruh Mabisaka dan Pimpinan Saka se-Bojonegoro. Dalam rangkaian acara tersebut Kak Nurul sapaan akrabnya memberikan penghargaan kepada seluruh Saka se-Bojonegoro dan kepada sponsorship yang telah mendukung kegitan Peran Saka ini.

Dalam sambutan melalui virtual Zoom Meeting Kak Anna sapaan dalam pramuka, menyampaikan bahwa ia sangat teringat Ketika Pramuka zaman dulu, yang tidak lepas dari kebersamaan. “Melihat Pramuka jadi teringat saat saya masih muda dulu. Makan bersama, mendirikan tenda bersama dan dalam Pramuka membentuk kebersamaan dan kekeluargaan, semoga sukses untuk kegiatan Peran Saka Kwarcab Bojonegoro,” imbuh Ketua Majelis Pembimbing Cabang Bojonegoro

Upacara tersebut dilakukan secara khidmat , dan menggunakan protokol Kesehatan menjaga jarak serta memakai masker. Seluruh pengunjung dan peserta dalam upacara tersebut sudah menunjukkan bukti vaksinasi, dan melakukan tes swab.

Kak Nurul yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Bojonegoro mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi dari seluruh Satuan Karya Pramuka (SAKA) se-Bojonegoro dengan ikhlas, sukarela, dan semangat mengikuti kegiatan Peran Saka Cabang Bojonegoro. “Saya ucapkan terimakasih atas partisipasinya kakak-kakak Kapolres, Komandan Kodim 0813, dan Kepala Dinas yang menaungi SAKA se-Bojonegoro yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Peran Saka Cabang Bojonegoro Tahun 2021,” ujar Ketua Kwartir Cabang Bojonegoro

Agus Setia Rega, Ketua Pelaksana Peran Saka Cabang Bojonegoro Tahun 2021 itu berharap dengan adanya Peran Saka ini, akan mempererat tali silaturrahim antar SAKA se-Bojonegoro. "Semoga kedepannya bisa saling berbagi ilmu, tukar pengalaman, bahkan ada kegiatan tindak lanjutnya seperti Latihan Gabungan antar SAKA," tambah Kak Rega. [riz/col]

 

 

Tag : Pendidikan, Pramuka, peran saka



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat