20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |   09:00 . Teknologi Informasi dan Komunikasi Berkembang, Jurnalis Harus Adaptasi dengan Tantangan   |   21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rektor UNUGIRI: Perlu Keseimbangan Ilmu Agama dan Sains

blokbojonegoro.com | Friday, 19 November 2021 19:00

Rektor UNUGIRI: Perlu Keseimbangan Ilmu Agama dan Sains Rektor UNUGIRI memberikan sambutan. (tangkapan layar blokBojonegoro.com)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Program studi PAI Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Nahdatul Ulama Sunan Giri menggelar ecara darring Olimpiade Nasional IPA secara virtual. Kegiatan sebagai rangkaianHari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 itu memasuki tahap penjurian dan pengumuman pemenang.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I. menyampaikan, bahwa era kekinian yang diperlukan adalah keseimbangan penguasaan antara keilmuan agama dan science.

"Bagus kita mendalami science dan teknologi. Akan tetapi jangan lupa dalami pula materi kegamaan agar kita mengetahui mana yang halal dan haram, baik serta buruk. Yang kemudian akan mengarahkan kita kepada perilaku yang diridhai oleh Allah SWT," tegas Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I. 

Kiai Ma’arif juga menambahkan, kegiatan olimpiade yang digelar ini memiliki fungsi menjadi alat evaluasi (muhasabah) baik oleh siswa dan pembimbing. Serta guru mata pelajaran terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilakukan.

"Melalui kegiatan olimpiade ini, ternyata bisa menjadi muhasabah serta kolektif institusi pendidikan untuk gerak cepat memperbaiki sisi penguasaan PAI. Utamanya, dalam hal metode pembelajaran agar lebih baik, kreatif dan inovatif," paparnya.

Diakhir sambutan final Olimpiade Nasional PAI, Rektor UNUGIRI sangat berharap agar kegiatan olimpiade ini menjadi event pemotivasi siswa, pemuda islam untuk lebih cinta, tekun memperdalam keilmuan agama Islam.

"Kini pemuda kurang berminat terhadap keilmuan agama Islam. Karenanya melalui olimpiade ini, kami berharap mampu menjadi pemupuk motivasi segenap siswa, pemuda Islam untuk lebih mendalami materi pendidikan agama Islam hingga kemudian terimplementasi dalam laku kehidupan sehari-hari,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Fahru Rozi, M.Pd.I., menyampaikan terima kasih kepada sepuluh finalis yang telah hadir daring untuk mengikuti final Olimpiade Nasional PAI. "Kepada sepuluh finalis, kami sampaikan terima kasih atas partisipasinya. Mohon dimaafkan pula apabila ada kekurangan selama penyelenggaraan kegiatan dan selamat bagi yang juara,” pungkasnya. [liz/lis]

Berikut Juara Olimpiade Nasional PAI Pada Peringatan HSN 

Juara I Alfaizah Fiddaroini 

Mass Tebuireng Jombang

Juara II Firooz Fauzah Ibrahim 

Mass Tebuireng Jombang 

Juara III Sayyidah Nihayatun Novia 

MA Plus Al-Ma’ali Kalitidu Bojonegoro

 

Tag : Sains, agama, olimpiade, unugiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat