21:00 . Empat Karyawan PT WBS Dihadirkan Sebagai Saksi   |   20:00 . Sewa Lahan PT KAI Dinilai Mahal, Ratusan Warga Pasirkambang Wadul DPRD Bojonegoro   |   19:00 . Pelamar Non Honorer Bisa Daftar Seleksi PPPK 2023, Dibuka 2.844 Formasi PPPK   |   18:00 . Kemenag Bojonegoro Beri Pembinaan dan Pembekalan 40 Peserta MTQ Kabupaten   |   17:00 . Pemkab Bojonegoro Buka 2.844 Formasi PPPK Guru, Kesehatan dan Teknis   |   16:00 . Kisah Joni, 5 Tahun Jadi Driver Bupati Anna   |   15:00 . Unugiri Bojonegoro Launching Pojok Statistik   |   14:00 . Keluarga Santri dan Alumni Langitan Sejak 2017 Buka Usaha di Kepohbaru   |   13:00 . Kurangnya Kesadaran Warga, Banyak Sampah di Bawah Jembatan Pasar Kedungadem   |   12:00 . Hingga 2023 ada 1.655 Keluarga Binaan dari Program Aku Sehat   |   23:00 . Kirab Pemilu di Kedungadem, Sosialisasikan Pemilu Tahun 2024   |   20:00 . Media Bojonegoro - Tuban Nyambangi Lapangan Banyu Urip, Update Migas Hingga Main Bola   |   18:00 . Bojonegoro Menulis 3 Jam Bersama 3 Cah Jonegoro   |   17:00 . Cerita Warkop PETHUK Bagi Penikmat Kopi Original   |   16:00 . Sepak Bola Wartawan vs EMCL, dan Forkopimcam Gayam   |  
Fri, 22 September 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rektor UNUGIRI: Perlu Keseimbangan Ilmu Agama dan Sains

blokbojonegoro.com | Friday, 19 November 2021 19:00

Rektor UNUGIRI: Perlu Keseimbangan Ilmu Agama dan Sains Rektor UNUGIRI memberikan sambutan. (tangkapan layar blokBojonegoro.com)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Program studi PAI Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Nahdatul Ulama Sunan Giri menggelar ecara darring Olimpiade Nasional IPA secara virtual. Kegiatan sebagai rangkaianHari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 itu memasuki tahap penjurian dan pengumuman pemenang.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I. menyampaikan, bahwa era kekinian yang diperlukan adalah keseimbangan penguasaan antara keilmuan agama dan science.

"Bagus kita mendalami science dan teknologi. Akan tetapi jangan lupa dalami pula materi kegamaan agar kita mengetahui mana yang halal dan haram, baik serta buruk. Yang kemudian akan mengarahkan kita kepada perilaku yang diridhai oleh Allah SWT," tegas Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I. 

Kiai Ma’arif juga menambahkan, kegiatan olimpiade yang digelar ini memiliki fungsi menjadi alat evaluasi (muhasabah) baik oleh siswa dan pembimbing. Serta guru mata pelajaran terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilakukan.

"Melalui kegiatan olimpiade ini, ternyata bisa menjadi muhasabah serta kolektif institusi pendidikan untuk gerak cepat memperbaiki sisi penguasaan PAI. Utamanya, dalam hal metode pembelajaran agar lebih baik, kreatif dan inovatif," paparnya.

Diakhir sambutan final Olimpiade Nasional PAI, Rektor UNUGIRI sangat berharap agar kegiatan olimpiade ini menjadi event pemotivasi siswa, pemuda islam untuk lebih cinta, tekun memperdalam keilmuan agama Islam.

"Kini pemuda kurang berminat terhadap keilmuan agama Islam. Karenanya melalui olimpiade ini, kami berharap mampu menjadi pemupuk motivasi segenap siswa, pemuda Islam untuk lebih mendalami materi pendidikan agama Islam hingga kemudian terimplementasi dalam laku kehidupan sehari-hari,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Fahru Rozi, M.Pd.I., menyampaikan terima kasih kepada sepuluh finalis yang telah hadir daring untuk mengikuti final Olimpiade Nasional PAI. "Kepada sepuluh finalis, kami sampaikan terima kasih atas partisipasinya. Mohon dimaafkan pula apabila ada kekurangan selama penyelenggaraan kegiatan dan selamat bagi yang juara,” pungkasnya. [liz/lis]

Berikut Juara Olimpiade Nasional PAI Pada Peringatan HSN 

Juara I Alfaizah Fiddaroini 

Mass Tebuireng Jombang

Juara II Firooz Fauzah Ibrahim 

Mass Tebuireng Jombang 

Juara III Sayyidah Nihayatun Novia 

MA Plus Al-Ma’ali Kalitidu Bojonegoro

 

Tag : Sains, agama, olimpiade, unugiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat