11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rektor UNUGIRI: Perlu Keseimbangan Ilmu Agama dan Sains

blokbojonegoro.com | Friday, 19 November 2021 19:00

Rektor UNUGIRI: Perlu Keseimbangan Ilmu Agama dan Sains Rektor UNUGIRI memberikan sambutan. (tangkapan layar blokBojonegoro.com)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Program studi PAI Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Nahdatul Ulama Sunan Giri menggelar ecara darring Olimpiade Nasional IPA secara virtual. Kegiatan sebagai rangkaianHari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 itu memasuki tahap penjurian dan pengumuman pemenang.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I. menyampaikan, bahwa era kekinian yang diperlukan adalah keseimbangan penguasaan antara keilmuan agama dan science.

"Bagus kita mendalami science dan teknologi. Akan tetapi jangan lupa dalami pula materi kegamaan agar kita mengetahui mana yang halal dan haram, baik serta buruk. Yang kemudian akan mengarahkan kita kepada perilaku yang diridhai oleh Allah SWT," tegas Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I. 

Kiai Ma’arif juga menambahkan, kegiatan olimpiade yang digelar ini memiliki fungsi menjadi alat evaluasi (muhasabah) baik oleh siswa dan pembimbing. Serta guru mata pelajaran terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilakukan.

"Melalui kegiatan olimpiade ini, ternyata bisa menjadi muhasabah serta kolektif institusi pendidikan untuk gerak cepat memperbaiki sisi penguasaan PAI. Utamanya, dalam hal metode pembelajaran agar lebih baik, kreatif dan inovatif," paparnya.

Diakhir sambutan final Olimpiade Nasional PAI, Rektor UNUGIRI sangat berharap agar kegiatan olimpiade ini menjadi event pemotivasi siswa, pemuda islam untuk lebih cinta, tekun memperdalam keilmuan agama Islam.

"Kini pemuda kurang berminat terhadap keilmuan agama Islam. Karenanya melalui olimpiade ini, kami berharap mampu menjadi pemupuk motivasi segenap siswa, pemuda Islam untuk lebih mendalami materi pendidikan agama Islam hingga kemudian terimplementasi dalam laku kehidupan sehari-hari,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Fahru Rozi, M.Pd.I., menyampaikan terima kasih kepada sepuluh finalis yang telah hadir daring untuk mengikuti final Olimpiade Nasional PAI. "Kepada sepuluh finalis, kami sampaikan terima kasih atas partisipasinya. Mohon dimaafkan pula apabila ada kekurangan selama penyelenggaraan kegiatan dan selamat bagi yang juara,” pungkasnya. [liz/lis]

Berikut Juara Olimpiade Nasional PAI Pada Peringatan HSN 

Juara I Alfaizah Fiddaroini 

Mass Tebuireng Jombang

Juara II Firooz Fauzah Ibrahim 

Mass Tebuireng Jombang 

Juara III Sayyidah Nihayatun Novia 

MA Plus Al-Ma’ali Kalitidu Bojonegoro

 

Tag : Sains, agama, olimpiade, unugiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat