22:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rektor UNUGIRI: Perlu Keseimbangan Ilmu Agama dan Sains

blokbojonegoro.com | Friday, 19 November 2021 19:00

Rektor UNUGIRI: Perlu Keseimbangan Ilmu Agama dan Sains Rektor UNUGIRI memberikan sambutan. (tangkapan layar blokBojonegoro.com)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Program studi PAI Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Nahdatul Ulama Sunan Giri menggelar ecara darring Olimpiade Nasional IPA secara virtual. Kegiatan sebagai rangkaianHari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 itu memasuki tahap penjurian dan pengumuman pemenang.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I. menyampaikan, bahwa era kekinian yang diperlukan adalah keseimbangan penguasaan antara keilmuan agama dan science.

"Bagus kita mendalami science dan teknologi. Akan tetapi jangan lupa dalami pula materi kegamaan agar kita mengetahui mana yang halal dan haram, baik serta buruk. Yang kemudian akan mengarahkan kita kepada perilaku yang diridhai oleh Allah SWT," tegas Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I. 

Kiai Ma’arif juga menambahkan, kegiatan olimpiade yang digelar ini memiliki fungsi menjadi alat evaluasi (muhasabah) baik oleh siswa dan pembimbing. Serta guru mata pelajaran terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilakukan.

"Melalui kegiatan olimpiade ini, ternyata bisa menjadi muhasabah serta kolektif institusi pendidikan untuk gerak cepat memperbaiki sisi penguasaan PAI. Utamanya, dalam hal metode pembelajaran agar lebih baik, kreatif dan inovatif," paparnya.

Diakhir sambutan final Olimpiade Nasional PAI, Rektor UNUGIRI sangat berharap agar kegiatan olimpiade ini menjadi event pemotivasi siswa, pemuda islam untuk lebih cinta, tekun memperdalam keilmuan agama Islam.

"Kini pemuda kurang berminat terhadap keilmuan agama Islam. Karenanya melalui olimpiade ini, kami berharap mampu menjadi pemupuk motivasi segenap siswa, pemuda Islam untuk lebih mendalami materi pendidikan agama Islam hingga kemudian terimplementasi dalam laku kehidupan sehari-hari,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Fahru Rozi, M.Pd.I., menyampaikan terima kasih kepada sepuluh finalis yang telah hadir daring untuk mengikuti final Olimpiade Nasional PAI. "Kepada sepuluh finalis, kami sampaikan terima kasih atas partisipasinya. Mohon dimaafkan pula apabila ada kekurangan selama penyelenggaraan kegiatan dan selamat bagi yang juara,” pungkasnya. [liz/lis]

Berikut Juara Olimpiade Nasional PAI Pada Peringatan HSN 

Juara I Alfaizah Fiddaroini 

Mass Tebuireng Jombang

Juara II Firooz Fauzah Ibrahim 

Mass Tebuireng Jombang 

Juara III Sayyidah Nihayatun Novia 

MA Plus Al-Ma’ali Kalitidu Bojonegoro

 

Tag : Sains, agama, olimpiade, unugiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more