15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

RSUD dan Dishub Bojonegoro Raih Predikat ZI WBK dari Kemenpan RB

blokbojonegoro.com | Monday, 20 December 2021 20:00

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokbojonegoro.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro dan RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo mencetak sejarah pertama kali meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK). 

Apresiasi dan penganugrahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kepada Dishub, dilakukan secara langsung di Jakarta, sedangkan RSUD Dr R Sosodoro secara virtual, Senin (20/12/2021).

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, memberikan selamat untuk seluruh instansi yang menerima penghargaan predikat ZI WBK/WBBM. Predikat ini tidak hanya sebagai wujud apresiasi tapi juga melambangkan komitmen unit kerja untuk senantiasa menjadi ikon birokrasi yang melayani sekaligus bersih dan bebas dari korupsi. 

“Untuk itu komitmen pemberantasan korupsi tidak boleh berhenti pada hal-hal yang bersifat seremonial ataupun administrasi. Road map reformasi birokrasi predikat WTP, pakta integritas, maupun anugrah WBK/WBBM, seluruhnya harus termanifestasikan ke dalam budaya kerja organisasi dan pelayanan publik yang prima," papar Ma'ruf Amin. 

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Tjahjo Kumolo, mengatakan konsep reformasi birokrasi adalah merupakan katalisator mewujudkan good and clean governance untuk mendukung pembangunan nasional. Good and clean governance itu katalisatornya adalah birokrasi yang bersih, akuntabel, capable dan pelayanan publik yang prima.“Pak Jokowi hanya ingin tiga hal. Yaitu bagaimana perizinan dan pelayanan publik bisa cepat dan bagaimana birokrasi yang singkat. Yang panjang harus bisa dipangkas menjadi pendek,” tegasnya. 

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, mengatakan dalam rangka penganugrahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, Kabupaten Bojonegoro di 2021 telah mendapatkan dua anugrah, yaitu RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo dan Dinas Perhubungan. Capaian tersebut menjadikan OPD untuk melayani dengan sepenuh hati.

Di dalam pelaksanaannya untuk mengutamakan kepentingan masyarakat dan mengutamakan pelayanan-pelayanan yang terbaik. 

“Inilah yang menjadi indikator bahwa OPD-OPD senantiasa tetap melaksanakan tusi (tugas dan fungsi) di dalam pelayanan menuju wilayah bebas dari korupsi. Selamat bagi RSUD dan Dinas Perhubungan untuk Zona Integritas WBK tahun 2021,” tuturnya.

Untuk selanjutnya, Nurul mengatakan, ada 18 OPD yang akan dipersiapkan ZI WBK di 2022. Sehingga mengikuti dari OPD yang ada saat ini yaitu dari RSUD dan Dishub. Dengan harapan, 18 OPD yang mengikuti, sampai saat ini harus mempersiapkan bagaimana menjadi OPD yang melayani dan bisa melaksakan tusi sesuai ketentuan yaitu bebas dari korupsi. 

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Kabupaten Bojonegoro, Achmad Hernowo turut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab bojonegoro, Ibu Bupati dan Sekda yang telah merekomendasikan rumah sakit untuk mengikuti progam ZI WBK. 

“Ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa menurut kami karena upaya yang dilakukan, agar memenuhi tujuan utama, yaitu memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat,” sambung dr. Ahmad Hernowo. 

Untuk itu, pihaknya berharap dengan apresiasi dan penganugrahan ini menjadi kepastian OPD untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Hernowo berpesan untuk OPD selanjutnya agar terus bersemangat dan gelora semangat ZI WBK menjadi inspirasi dalam bekerja. 

Disampaikan pula oleh Kadis Dishub Bojonegoro, Andik Sudjarwo, ZI WBK yang diraih Dishub Bojonegoro merupakan wujud komintmen seluruh ASN dalam upaya peningkatan kinerja dan pelayanan bagi masyarakat. “Predikat ZI WBK bagi kami keluarga besar Dishub Bojonegoro bukanlah akhir, namun justru menjadi awal dari perjuangan kami," pungkasnya. 

Perlu diketahui, dua perangkat daerah yang telah dianugrahi WBK tidak bisa langsung diajukan ke penilaian Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di 2022. Tapi harus memenuhi persyaratan disamping total nilai pengungkit minimal 85. Adapun kriteria lain yang harus dipenuhi yaitu :

1. Harus bisa menularkan keberhasilan pembangunan ZI ke unit kerja lain.

2. Inovasi yang dibuat ada yang direplikasi oleh unit kerja lain

3. Inovasi yang dibangun harus mampu meningkatkan capaian kinerja dari unit kerja tersebut

4. Unit kerja tersebut telah mendapatkan ISO 9001; 2015, atau sudah terakreditasi tertinggi sesuai kriteria di lembaga tersebut. [liz/lis]

 

Tag : WBK, Penghargaan, dishub, rsud



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat