11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dewan Kesenian Mojodeso Lestarikan Kesenian Tradisional Di Tengah Gempuran Modernisasi

blokbojonegoro.com | Saturday, 08 January 2022 13:00

Dewan Kesenian Mojodeso Lestarikan Kesenian Tradisional Di Tengah Gempuran Modernisasi Dewan Kesenian Desa Mojodeso sedang berlatih. (Foto: Istimewa)

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kesenian tradisional merupakan suatu warisan budaya leluhur yang sudah seharusnya dilestarikan. Terdapat banyak kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Bojonegoro, seperti gamelan yang seringkali menjadi alat musik favorit yang dimainkan dalam berbagai kegiatan peringatan budaya di pedesaan.

Salah satu jenis kesenian yang bisa dimainkan dengan alat musik gamelan yakni campursari. Di tengah himpitan modernisasi dan digitalisasi, para pemain musik campursari memang semakin berkurang. Bahkan yang bertahan mereka dengan rentang usia 30 tahun ke atas.

Untuk terus melestarikan kesenian tradisional di tengah himpitan digitalisasi. Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, melalui Pemerintah Desa memiliki cara tersendiri melalui wadah pengembangan minat kesenian. Dalam hal ini, Dewan Kesenian Desa (DKD) yang beranggotakan warga Desa Mojodeso.

Ketua DKD Mojodeso, Kusnan, menyatakan bahwasanya akan segera dimulai program ekstrakurikuler gamelan bagi anak-anak di jenjang sekolah dasar. "Hal ini dilakukan guna membentuk generasi millenial yang memiliki kompetensi di bidang musik tradisional," tegas Kusnan.

Sementara itu, Instruktur Gamelan DKD Mojodeso, Wiji Eko Asmara, berharap dengan dilaksanakannya latihan secara rutin. Maka akan menarik generasi muda untuk terus bergabung dan turut melestarikan kesenian musik tradisional.

"Sebagai penunjang kegiatan DKD Mojodeso, Pemdes menyediakan alat kesenian tradisional, membangun gedung kesenian dan panggung terbuka," sambungnya.

Lanjut, fasilitas penunjang tersebut berada di RT. 11/RW. 02 Desa Mojodeso. Selanjutnya akan disediakan pula ruang khusus penyimpanan alat kesenian tradisional di atas panggung terbuka. "Dan dibangun gapura yang megah sebagai gerbang memasuki area kesenian Desa Mojodeso," pungkasnya.[liz/ito]

Tag : kesenian, mojodeso, dkd, pemdes



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat