12:00 . Tokoh-tokoh Nasional Asal Bojonegoro Jadi Pemateri di Kajian Sor Keres   |   10:00 . Ya Allah, Baru Lahir Bayi Perempuan Ditinggal di Bawah Pohon di Desa Sumberarum   |   08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |   14:00 . 10 Model Cilik Meriahkan CFD, Pamerkan Tenun dan Lurik   |   13:00 . Ini 5 Wisata Air Terjun di Bojonegoro untuk Liburan   |   09:00 . Lebih Dekat Melihat Masjid Agung Jawa Tengah   |   09:00 . Live Pelantikan Bersama PRNU dan LAZIZNU Ranting Se Wakil Cabang Kanor   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Punya Masalah Susah Tidur selama Siklus Menstruasi? Ahli Ungkap Penyebabnya!

blokbojonegoro.com | Saturday, 09 April 2022 07:00

Punya Masalah Susah Tidur selama Siklus Menstruasi? Ahli Ungkap Penyebabnya!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Seorang ahli tidur mengungkapkan penyebab siklus menstruasi bisa mempengaruhi pola tidur wanita.

Pakar mengatakan tubuh wanita mengalami sejumlah perubahan selama siklus menstruasi, termasuk rollercoaster hormon.

Hal inilah salah satu penyebab wanita sering merasa sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik selama menstruasi.

“Dua hormon kunci selama siklus menstruasi adalah estrogen dan progesteron, yang berasal dari sel telur tumbuh di ovarium," kata Dr Gareth Nye, dosen di Chester Medical School dikutip dari The Sun.

Hormon estrogen dan progesteron naik dan turun selama siklus menstruasi setiap bulannya.

Hormon ini naik selama paruh pertama siklus menstruasi untuk membantu mempersiapkan sel telur dalam rahim siap dibuahi. Kemudian, hormon ini akan turun di paruh kedua yang menyebabkan lapisan rahim rusak.

Dr Nye mengatakan progesteron bisa menyebabkan enaikan suhu tubuh normal Anda hingga penuh, yang mungkin akan mengganggu pola tidur Anda.

Suhu tubuh basal seorang wanita melonjak sekitar waktu ovulasi, saat progesteron meningkat.

Ovulasi terjadi sekitar pertengahan siklus menstruasi, yakni sekitar 2 minggu sebelum periode berikutnya.

Karena itu, Anda bisa mengharapkan peningkatan suhu tubuh Anda di siklus tengah, menjelang berikutnya.

Hormon ini juga akan turun lagi jika telur seblum dibuahi, sehingga menyebabkan menstruasi atau tetap naik bila Anda hamil.

Dr Nye beranggapan bahwa suhu tubuh inilah yang membuat wanita sulit tidur selama menstruasi.

Kondisi ini bisa memengaruhi berapa banyak waktu yang Anda habiskan dalam tahap tidur, seperti tidur REM yang merupakan jenis tidur paling nyenyak.

Penyebab lain dari potensi kesulitan tidur akibat menstruasi Anda adalah PMS. The Sleep Foundation mengatakan waktu paling umum ketika masalah tidur ini terjadi adalah tiga hingga enam hari sebelum menstruasi.

“Gejala-gejala ini mungkin terkait dengan Premenstrual Syndrome (PMS),” lapornya.

PMS adalah serangkaian gejala yang menyerang sesaat sebelum menstruasi, termasuk kembung dan suasana hati yang buruk.

NHS dan Mayo Clinic juga mencantumkan masalah tidur dan kelelahan sebagai gejala PMS.

Beberapa wanita dengan PMS mungkin memiliki kadar melatonin yang rendah, hormon yang bekerja di malam hari untuk membantu tidur nyenyak.

Terakhir, menstruasi Anda dapat memengaruhi tidur Anda karena dapat menyebabkan kram atau buang air besar secara teratur.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat