21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |   09:00 . Jelang Armuzna, Kemenag Cek AC dan Listrik   |   08:00 . Inilah Rangkaian Haul ke 32 Mbah Yai Sholeh   |   07:00 . Daging Kurban yang Boleh Dimakan Pengkurban   |   06:00 . Rangkaian Haul ke 32 KH. Moh. Sholeh Siap Digelar   |   22:00 . Duh..!!! Perangkat Desa di Bojonegoro Bacok Adik Iparnya   |   21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |  
Thu, 13 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Punya Masalah Susah Tidur selama Siklus Menstruasi? Ahli Ungkap Penyebabnya!

blokbojonegoro.com | Saturday, 09 April 2022 07:00

Punya Masalah Susah Tidur selama Siklus Menstruasi? Ahli Ungkap Penyebabnya!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Seorang ahli tidur mengungkapkan penyebab siklus menstruasi bisa mempengaruhi pola tidur wanita.

Pakar mengatakan tubuh wanita mengalami sejumlah perubahan selama siklus menstruasi, termasuk rollercoaster hormon.

Hal inilah salah satu penyebab wanita sering merasa sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik selama menstruasi.

“Dua hormon kunci selama siklus menstruasi adalah estrogen dan progesteron, yang berasal dari sel telur tumbuh di ovarium," kata Dr Gareth Nye, dosen di Chester Medical School dikutip dari The Sun.

Hormon estrogen dan progesteron naik dan turun selama siklus menstruasi setiap bulannya.

Hormon ini naik selama paruh pertama siklus menstruasi untuk membantu mempersiapkan sel telur dalam rahim siap dibuahi. Kemudian, hormon ini akan turun di paruh kedua yang menyebabkan lapisan rahim rusak.

Dr Nye mengatakan progesteron bisa menyebabkan enaikan suhu tubuh normal Anda hingga penuh, yang mungkin akan mengganggu pola tidur Anda.

Suhu tubuh basal seorang wanita melonjak sekitar waktu ovulasi, saat progesteron meningkat.

Ovulasi terjadi sekitar pertengahan siklus menstruasi, yakni sekitar 2 minggu sebelum periode berikutnya.

Karena itu, Anda bisa mengharapkan peningkatan suhu tubuh Anda di siklus tengah, menjelang berikutnya.

Hormon ini juga akan turun lagi jika telur seblum dibuahi, sehingga menyebabkan menstruasi atau tetap naik bila Anda hamil.

Dr Nye beranggapan bahwa suhu tubuh inilah yang membuat wanita sulit tidur selama menstruasi.

Kondisi ini bisa memengaruhi berapa banyak waktu yang Anda habiskan dalam tahap tidur, seperti tidur REM yang merupakan jenis tidur paling nyenyak.

Penyebab lain dari potensi kesulitan tidur akibat menstruasi Anda adalah PMS. The Sleep Foundation mengatakan waktu paling umum ketika masalah tidur ini terjadi adalah tiga hingga enam hari sebelum menstruasi.

“Gejala-gejala ini mungkin terkait dengan Premenstrual Syndrome (PMS),” lapornya.

PMS adalah serangkaian gejala yang menyerang sesaat sebelum menstruasi, termasuk kembung dan suasana hati yang buruk.

NHS dan Mayo Clinic juga mencantumkan masalah tidur dan kelelahan sebagai gejala PMS.

Beberapa wanita dengan PMS mungkin memiliki kadar melatonin yang rendah, hormon yang bekerja di malam hari untuk membantu tidur nyenyak.

Terakhir, menstruasi Anda dapat memengaruhi tidur Anda karena dapat menyebabkan kram atau buang air besar secara teratur.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat