09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |   11:00 . Suarakan Tuntutannya, Federasi Serikat RTMM SPSI Akan Ikuti Long March Sejuta Buruh di Surabaya   |   10:00 . FGD VMTS, Prodi PAI Proyeksikan Buka Kelas International   |   09:00 . Terdakwa Percobaan Pemerkosaan Tetangga di Dander Divonis 2,6 Tahun Penjara   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

MEBS Kupas Sejarah dan Potensi Bengawan Solo Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 01 August 2022 15:00

MEBS Kupas Sejarah dan Potensi Bengawan Solo Bojonegoro

 

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Misi Eksebisi Bengawan Solo (MEBS) yang dilakukan oleh banyak komunitas Minggu (31/7/2022) kemarin melakukan transit di Desa Ngraho Kecamatan Gayam.

Bertepatan dengan tradisi yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun belakangan, yakni Suronan. Beberapa rangkaian acara menyemarakkan kegiatan peringatan tahun baru Islam itu. 

"Dimulai dari river side camp, sebagai bentuk pengenalan bahwa camping tidak hanya dilakukan di gunung, tapi juga di Bengawan Solo," ujar Dhory yang mengikuti MEBS.

Selama ini, Ngobrol soal Bengawan Solo hanya dilihat dari sisi yang dikaitkan dengan hal dan perspektif yang kurang baik. Itu ditunjukkan dengan banyak berita yang cenderung menonjolkan berbagai musibah yang terjadi di sungai terpanjang di Pulau Jawa ini mulai penemuan jenazah, perahu tenggelam, limbah, pencemaran lingkungan dan lain sebagainya.

"Melalui kegiatan river side camp ini, kita dapat menggali potensi bagaimana sisi baik Bengawan Solo. Seperti di Desa Ngraho ini tentu beruntung warga bisa bercocok tanam di musim apapun, bahkan kemarau. Karena ada air bengawan yang dinaikkan," lengkapnya.

Maka dari itu, semua kegiatan yang dipusatkan pada area Situs Perahu Kuno Desa Ngraho, Kecamatan Gayam kali ini diharapkan bisa membentuk rasa syukur yang teramat besar.

Pekan budaya bertajuk Kirab Bengawan Solo dan dikemas dengan agenda sarasehan Naditira Pradeca itu, juga menampilkan Sandur sebagai kesenian lokal Sungai Gandong yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Pada diskusi sarasehan Naditira Pradecan, terkuak kawasan Ngraho ini ditemukan perahu pada tahun 2013 lalu dengan panjang 22 meter dan lebar 4 meter, yang kemudian oleh tokoh masyarakat setempat diangkat dan diruwat.

"Ternyata Bengawan ini jadi sejarah peradaban besar. Ada sisi lain dari Misi Eksibisi Bengawan Solo, dari hulu Wonogiri ternyata mereka menceritakan bagaimana ada erosi pinggir bengawan tapi juga ada spot yang bisa dikembangkan semacam water spot touris," tandasnya.

Besar harapannya, kegiatan semacam ini agar terus bisa menjadi agenda rutin maupun tahunan. [feb/lis]

 

Tag : Tradisi, MEBS, bengawan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat