Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringatan HSN, DPD PKS Bojonegoro Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 November 2022 16:00

Peringatan HSN, DPD PKS Bojonegoro Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

 

Reporter: Anang Febri

blokbojonegoro. - Sebagai bagian memperingati Hari Santri, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar kegiatan Lomba Baca Kitab Kuning. Kegiatan dilaksanakan di kantor DPD PKS Jalan Lisman No. 10, Kota/Kabupaten Bojonegoro.

Ketua DPD PKS Driarso kepada blokBojonegoro.com, Rabu (30/11/2022) mengatakan, kegiatan lomba ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai bagian peringatan Hari Santri Nasional 2022. 

"Wujudnya adalah dengan meneruskan program rutin tahunan, dalam bentuk gelaran lomba baca kitab kuning yang diikuti oleh para peserta yang berasal dari Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban," ujarnya 

Lebih lanjut dijelaskan, perlombaan Baca Kitab Kuning tingkat Kabupaten Bojonegoro dan Tuban pada tahun 2022 ini merupakan agenda rutin tahunan sekali yang diadakan oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PKS untuk Daerah Pemilihan (Dapil) IX, sejak tahun 2016 yang lalu," ujarnya.

Ditambahkan lagi, Lomba Baca Kitab Kuning tahun 2022 ini merupakan Edisi ke VI yang diselenggarakan serentak secara nasional. Para peserta lomba yang lolos dari seleksi ini, nantinya akan di bawa ke tingkat Wilayah di Kantor DPW PKS Jawa Timur dan tingkat Pusat.

Adapun juri yang menilai lomba salah satunya dari anggota dewan Fraksi PKS, yakni Miftakhul Khoiri yang memiliki basic kitab. Para peserta dari Bojonegoro dan Tuban sejumlah 12 peserta yang hadir, bakal dinilai dengan mekanisme penilaian dari segi kelancaran, terjemahan dan pemahaman kitab kuning.

Dari Kitab Kuning ini yang dilombakan adalah Fathul Mu'in, yang mana memiliki tingkat kesulitan menengah keatas. Jadi, tak banyak santri yang dapat dan bisa mengikuti lomba baca Kitab Kuning jenjang ini.

"Kita meneruskan tradisi para ulama, terkait keilmuan. Jadi, jangan pernah berhenti belajar menimba ilmu. Kita semua ini adalah santri, yang mungkin dalam waktu dekat bakal mewarisi apa-apa yang sudah dikerjakan oleh para ulama dan kiai kita," tandasnya.

Sementara itu, salah satu peserta Lomba Baca Kitab Kuning dari Pondok Pesantren Al Misk Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban, Husein Yudho Prawiro mengaku baru kali ini mengikuti lomba Baca Kitab Kuning yang digelar oleh DPD PKS Bojonegoro. Namun, dia optimis untuk memenangkan perlombaan.

"Lumayan sulit, tapi harus terus dipelajari. Persiapan Insyaallah sudah, optimis juara," katanya usai gelaran lomba. [feb/lis]

 

Tag : Lomba, hari santri, kitab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini