11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Darurat Kekerasan Seksual

Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat

blokbojonegoro.com | Thursday, 01 December 2022 13:00

Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat Foto : Ilustrasi Halodoc.com

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Miris, kasus persetubuhan terhadap anak dibawah umur meningkat drastis di Kabupaten Bojonegoro. Bagaimana tidak, pada tahun 2021 hanya terdapat sembilan kasus, sementara pada 2022 hingga bulan November terdapat 14 kasus.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Humas Polres Bojonegoro, terdapat 9 kasus persetubuhan pada tahun 2021 lalu. Sementara, hingga bulan November 2022 terdapat 14 kasus persetubuhan terhadap anak di bawah umur. Dan rata-rata pelakunya yakni kakek-kakek.

Koordinator Aliansi Peduli Perempuan dan Anak (APPA) Bojonegoro, Nafidatul Himah mengatakan, Bojonegoro sebenarnya kota kecil, tapi tingkat kekerasan seksual nya hampir meningkat terus, berarti Bojonegoro termasuk sudah menjadi Kabupaten darurat kekerasan seksual.

“Kita berharap dengan kondisi seperti ini pemerintah bisa hadir untuk masyarakat. Apalagi, Bojonegoro telah menyandang gelar Kabupaten Layak Anak,” ungkapnya kepada blokBojonegoro.com, Kamis (1/12/2022).

Lebih lanjut, perempuan yang juga menjadi Presidium Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Wilayah Jawa Timur itu, menyayangkan adanya peningkatan kasus seperti itu, apalagi melihat APBD Bojonegoro besar tapi pemerintah belum hadir untuk menangangi.

“Itu terbukti Raperda Perlindungan Perempuan dan Anak masih belum menjadi Raperda Prioritas dan anggaran juga masih minim untuk penanganan hal tersebut,” tuturnya.

Termasuk, lanjut Himah, lembaga pemerintah juga kurang serius dalam pencegahan dan penanganan korban. Dan hukuman untuk pelaku kejahatan seksual masih belum berat.

Perlu diketahui, pada bulan November 2022 saja, terdapat dua kasus kekerasan seksual. Seperti yang terjadi di Kecamatan Baureno, kakek 72 tahun mencabuli anak dibawah umur hingga melahirkan. Sementara, pada (20/11) lalu terjadi pencabulan yang pelakunya juga seorang kakek di Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. [riz/ito]

 

Tag : Kasus, kekerasan, anak, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat