17:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Ular Sanca 3,5 Meter Makan Kucing   |   16:00 . ODGJ di Bojonegoro Ngamuk di Jalan Veteran, Sejumlah Orang Dipukul Pakai Kayu   |   14:00 . KPPN Bojonegoro Sebut Realisasi Pendapatan Negara Masih Defisit, Begini Rinciannya   |   12:00 . Total Anak yang Divaksin Polio di Bojonegoro Capai 27,7 Persen   |   11:00 . Dorong Terwujudnya Peningkatan Pelayanan Publik Lewat Orientasi PPPK Angkatan I-IX   |   10:00 . Kapolres Bojonegoro: Sebelum Dikeroyok Korban Sempat Acungkan Gear Motor   |   09:00 . Lengkap! Pengakuan Saksi, Orang Tua, dan Polisi Soal Pengeroyokan Pelajar di Bojonegoro   |   08:00 . Pj Adriyanto Pimpin Apel Peringatan HUT Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran   |   20:00 . PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG   |   19:00 . 5 Desa/Kelurahan di Kecamatan Bojonegoro Rekap Hasil Penghitungan Perolehan Suara   |   18:00 . Enam Pelaku Pengeroyokan Pelajar SMA di Bojonegoro Masih Buronan   |   17:00 . Caleg di Bojonegoro Perebutkan 50 Kursi Legislatif   |   16:00 . UDD PMI Bojonegoro Kuatkan Kapasitas Koordinator Donor Darah   |   15:00 . Ini Peran 9 Tersangka Pengeroyokan Pelajar SMA di Bojonegoro hingga Meninggal   |   13:00 . Tersangka Pengeroyokan Pelajar SMA di Bojonegoro Diancam 12 Tahun Penjara   |  
Wed, 21 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Majlis Hukum dan HAM PDM Bojonegoro Wujudkan LBH Bagi Warga Dhuafa dan Yatim Piatu

blokbojonegoro.com | Saturday, 20 May 2023 18:00

Majlis Hukum dan HAM PDM Bojonegoro Wujudkan LBH Bagi Warga Dhuafa dan Yatim Piatu

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bertekad mewujudkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Muhammadiyah Bojonegoro. Untuk membantu warga Bojonegoro yang dhuafa serta yatim piatu hukum.

Usai mendapat SK menjadi pengurus dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro. Dalam hal ini, Majlis Hukum  dan Hak Asasi Manusia (HAM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro. Menggelar ngopi bersama untuk persiapan Rapat Kerja atau Raker.

Wakil ketua PD. Muhammadiyah yang membidangi Majlis Hukum dan HAM, Sholikhin Jamik menyampaikan, bahwa Majlis Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro. di kuatkan untuk mendukung dan mengusahakan berbagai upaya penegakan supremasi hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Serta munculnya kesadaran dan advokasi di lingkungan persyarikatan atas persoalan-persoalan hukum. Dan hak asasi manusia yang dihadapi masyarakat, sebagai wujud dakwah amar maruf nahi mungkar.

"Seluruh pengurus Majlis Hukum dan HAM PD. Bojonegoro memiliki pemahaman yang utuh tentang pentingnya peran Majlis Hukum dan HAM. Termasuk untuk dakwah Muhammadiyah di jalur penegakan supremasi hukum dan HAM," ungkap Solikhin Jamik.

Sekaligus memperluas jaringan dan usaha, peningkatan kesadaran di lembaga Muhammadiyah dalam melakukan advokasi dan pemberdayaan atas persoalan-persoalan hukum dan HAM. Khususnya yang dihadapi kaum  dhu’afa dan melakukan penyadaran kepada masyarakat tentang kesadaran hukum dan hak asasi manusia, melalui berbagai lembaga sosial termasuk lewat jalur pendidikan.

"Majlis Hukum dan HAM PD. Muhammadiyah Bojonegoro mampu mengembangkan kerja sama dengan pemerintah. Dan berbagai lembaga, untuk kepentingan penegakkan hukum dan hak asasi manusia, termasuk dalam pemberantasan korupsi," ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya merasa bersyukur Majlis Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro di isi oleh kader Muhammadiyah yang memiliki ilmu hukum, yang menyebar dari berbagai profesi hukum. Mulai hakim, panitera, advokat, dosen, birokrat hukum dan praktisi hukum lainnya yang kapasitas dan integritasnya sangat diakui oleh publik.

Dengan harapan bisa mewujudkan
di internal Muhammadiyah termasuk melakukan pembinaan dan pelatihan hukum dan HAM bagi para pimpinan persyarikatan, AMM, sekolah-sekolah, dan AUM lainnya.

"Agar mampu bertindak sesuai kaidah hukum sehingga produk-produk yang di keluarkan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Dan majlis hukum dan HAM harus mengawal marwah Muhammadiyah bila di ganggu oleh eksternal Muhammadiyah, untuk di selesaikan secara hukum," paparnya.

Di eksternal, Muhammadiyah
Sendiri segera melakukan  kerjasama dengan lembaga sosial dalam peningkatan kesadaran hukum dan HAM di masyarakat. Termasuk melakukan bimbingan penyuluhan hukum dan HAM, serta melakukan advokasi masalah hukum dan hak asasi manusia khususnya kaum dhuafa.

"Lebih dari itu melakukan kerjasama dengan Lembaga HAM dan Pemkab Bojonegoro Bagian Hukum, Perguruan Tinggi, Kejaksaan dan Kepolisian," tambahnya.

Sementara itu Ketua Majlis Hukum  dan Hak Asasi Manusia (HAM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro, Moch Chosim, menambahkan jika kader Muhammadiyah yang bertugas penegakan supremasi hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Detik ini memproklamasikan diri menjadi tentara dan pejuang Muhammadiyah di bidang hukum, dengan mewujudkan LBH Muhammadiyah Bojonegoro.

"Bagi dhuafa hukum dan yatim piatu hukum,  serta membentuk tim advokat Majlis Hukum dan HAM PD. Muhammadiyah Bojonegoro agar bisa membantu warga yang punya persoalan hukum di lembaga-lembaga hukum negara seperti Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan," harap Mantan Kabag Hukum Pemkab Bojonegoro. [Liz]  

Berikut Susunan Anggota Pimpinan Majlis Hukum dan HAM PD. Muhammadiyah Bojonegoro Tahun 2022-2027

KETUA
H. MOH. KHOSIM SH. MM
Wakil Ketua
H.EDI SUBROTO, SH.
Sekretaris
SAMPURNO, SH. MH.
Wakil Sekretris                                               
AHMAD GUNAWAN, SSTP. MM
Bidang non litigasi, perundang-undangan dan sosialisasi hukum
NUR SAMSI, SH. MH.
Dr. H. ASROFI, SH. MH.
Dr. H. FAIQ, MH.
Bidang pendidikan Hukum,HAM, Demokrasi
Syamsul Alim, SH.
Ahmad Imam Fathoni, S.Pdi.
M.Irvan Nur Rofik, SH.

Tag : lbh, hukum, ham, bojonegoro, pdm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat