21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

APPA Sayangkan Kasus Kekerasan Anak di Bawah Umur yang Terjadi di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 May 2023 19:00

APPA Sayangkan Kasus Kekerasan Anak di Bawah Umur yang Terjadi di Bojonegoro Ilustrasi kekerasan. (Foto: .net)

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Aliansi Perlindungan Perempuan dan Anak (APPA) sayangkan kasus kekerasan seksual terhadap anak yang beberapa bulan ini masih terjadi di Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan data yang dimiliki blokBojonegoro sepanjang 2023 ini, sudah terdapat sekitar 3 kasus kekerasan seksual dengan korban anak di bawah umur. Pertama yang terjadi pada bulan Januari yakni, seorang ayah tiri yang mencabuli anaknya yang berusia 14 tahun hingga hamil.

Kemudian, pada bulan Februari terdapat seorang paman yang mencabuli keponakannya sendiri yang berusia 12 tahun, bahkan hal tersebut dilakukan selama dua kali. Sementara, terakhir pada (22/5) lalu, seorang pria berusia 55 tahun di Kecamatan Baureno diduga mencabuli anak yang masih duduk dibangku Taman Kanak-kanak (TK).

Melihat hal tersebut, Koordinator APPA, Nafidatul Himah mengungkapkan, dengan banyaknya kasus kekerasan di Bojonegoro, berarti Kota Migas (sebutan lain Bojonegoro) memang sudah darurat kekerasan anak. Entah itu pencabulan atau kekerasan seksual yang lain.

"Tapi memang yang terbanyak kelihatan kasusnya kekerasan seksual," ungkap Hima kepada blokBojonegoro.com, Rabu (24/5/2023).

Perempuan aktivis itu berharap, agar orang tua lebih memperhatikan buah hatinya. Pasalnya, kasus kekerasan seksual ini pelakunya tidak hanya orang jauh, melainkan orang terdekat seperti, tetangga bahkan kerabat dan keluarga sendiri.

"Kasus kekerasan seksual Ini pelakunya tidak hanya orang jauh tapi kadang orang terdekat baik itu keluarga sendiri maupun tetangga," ujar Ima sapaan karibnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Bojonegoro, Heru Sugiarto disinggung terkait penanganan kekerasan seksual yang terjadi di Kecamatan Baureno mengungkapkan, pihaknya akan melakukan penjangkauan wilayah terlebih dahulu terhadap korban.

"Ya dilakukan penjangkauan wilayah dulu pada korban, kasus pencabulan menjadi ranah kepolisian kita mendampingi anak sebagai korban agar hak-hak nya terpenuhi dan pendampingan psikologi serta tumbuh kembang nya dalam koordinasi kepolisian," terang Heru. [riz/ito]

 

Tag : Kasus, kekerasan, anak, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat