15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

APPA Sayangkan Kasus Kekerasan Anak di Bawah Umur yang Terjadi di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 May 2023 19:00

APPA Sayangkan Kasus Kekerasan Anak di Bawah Umur yang Terjadi di Bojonegoro Ilustrasi kekerasan. (Foto: .net)

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Aliansi Perlindungan Perempuan dan Anak (APPA) sayangkan kasus kekerasan seksual terhadap anak yang beberapa bulan ini masih terjadi di Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan data yang dimiliki blokBojonegoro sepanjang 2023 ini, sudah terdapat sekitar 3 kasus kekerasan seksual dengan korban anak di bawah umur. Pertama yang terjadi pada bulan Januari yakni, seorang ayah tiri yang mencabuli anaknya yang berusia 14 tahun hingga hamil.

Kemudian, pada bulan Februari terdapat seorang paman yang mencabuli keponakannya sendiri yang berusia 12 tahun, bahkan hal tersebut dilakukan selama dua kali. Sementara, terakhir pada (22/5) lalu, seorang pria berusia 55 tahun di Kecamatan Baureno diduga mencabuli anak yang masih duduk dibangku Taman Kanak-kanak (TK).

Melihat hal tersebut, Koordinator APPA, Nafidatul Himah mengungkapkan, dengan banyaknya kasus kekerasan di Bojonegoro, berarti Kota Migas (sebutan lain Bojonegoro) memang sudah darurat kekerasan anak. Entah itu pencabulan atau kekerasan seksual yang lain.

"Tapi memang yang terbanyak kelihatan kasusnya kekerasan seksual," ungkap Hima kepada blokBojonegoro.com, Rabu (24/5/2023).

Perempuan aktivis itu berharap, agar orang tua lebih memperhatikan buah hatinya. Pasalnya, kasus kekerasan seksual ini pelakunya tidak hanya orang jauh, melainkan orang terdekat seperti, tetangga bahkan kerabat dan keluarga sendiri.

"Kasus kekerasan seksual Ini pelakunya tidak hanya orang jauh tapi kadang orang terdekat baik itu keluarga sendiri maupun tetangga," ujar Ima sapaan karibnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Bojonegoro, Heru Sugiarto disinggung terkait penanganan kekerasan seksual yang terjadi di Kecamatan Baureno mengungkapkan, pihaknya akan melakukan penjangkauan wilayah terlebih dahulu terhadap korban.

"Ya dilakukan penjangkauan wilayah dulu pada korban, kasus pencabulan menjadi ranah kepolisian kita mendampingi anak sebagai korban agar hak-hak nya terpenuhi dan pendampingan psikologi serta tumbuh kembang nya dalam koordinasi kepolisian," terang Heru. [riz/ito]

 

Tag : Kasus, kekerasan, anak, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat