12:00 . Lapangan Gas JTB Mulai Fase Operasi, PEPC Pastikan Kontraktor Patuhi Aspek Keselamatan Kerja   |   10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |   09:00 . Manasik ke 16, KBIHU Attanwir Bekali Calon Jemaah Haji   |   08:00 . Ikitazq, Tas Anyaman Asli Bojonegoro, Harga Terjangkau Tembus Pasar Nasional   |   18:00 . Rangkaian HAB Kemenag, Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Bareng Kemenag   |   14:00 . Polres Bojonegoro Bakal Gelar Operasi Pekan Depan, Ini Sasarannya!   |   12:00 . Berjalan Alot, Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kabupaten di Bojonegoro Makan Waktu 5 Hari   |   11:00 . Operasi Keselamatan 2024, Kapolres: Patuhi Aturan Lalu Lintas   |  
Mon, 04 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Keindahan Puthuk Kreweng Bawa Desa Mojodelik Jadi Desa BRILian 2021

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 October 2023 16:00

Keindahan Puthuk Kreweng Bawa Desa Mojodelik Jadi Desa BRILian 2021

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Objek wisata alam buatan yang dikelola oleh LMDH Wono Langgeng dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bumi Rahayu yang dikenal dengan sebutan Puthuk Kreweng secara geografis terletak di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.

Dahulu Puthuk Kreweng merupakan kawasan tanjakan yang sering dijadikan area trek bermain motor trail oleh para crosser.

Atas inisiasi Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu, dia menghibahkan gajinya sebagai Kepala Desa selama satu periode dan uang pribadi, dibangunlah wahana wisata Puthuk Kreweng.

Dalam proses pembangunannya, destinasi Wisata Puthuk Kreweng mengalami berbagai kesulitan. Salah satunya yaitu longsor beberapa kali, karena tekstur tanah yang gembur setelah terkena hujan dan air sungai yang meluap.

"Untuk mengatasinya, pengelola melakukan bronjong di area wisata sebagai langkah represif. Selain itu, dengan dukungan dari masyarakat dan berbagai pihak," ungkap Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu.

Lalu melakukan usaha preventif jangka panjang dengan cara menanam pohon Mojo, Trembesi dan berbagai tanaman hias. Dengan harapan tidak terjadi longsor lagi di masa mendatang, khususnya ketika musim hujan tiba.

Usai diresmikan tahun 2021 lalu, pihak wana wisata makin gencar dan aktif mempromosikan melalui sosial media. Seperti instagram, facebook dan YouTube, dengan harapan wisata alam buatan ini dikenal luas oleh masyarakat tak hanya sekitar Bojonegoro.

"Di wisata ini, juga menyediakan beragam fasilitas penunjang untuk menarik minat pengunjung. Diantaranya sirkuit trail dan off-road, ATV, flying fox, kereta anak-anak, pendopo pertemuan, semayan ngafe, gazebo untuk istirahat dan taman bunga hingga kolam renang," ucapnya.

Bahkan, dari berbagai kelompok masyarakat dan partisipasi dari ibu-ibu rumah tangga juga mulai membuat olahan kuliner rica-rica, kerajinan topeng ganong yang diinisiasi oleh para pemuda desa.

Keberhasilan membangun wisata Puthuk Kreweng menempatkan Desa Mojodelik di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sebagai satu dari 15 pemenang Program Desa BRILian 2021 Batch 2. Selain menjadi ikon wisata, Puthuk Kreweng menjadi penggerak ekonomi bagi warga Desa Mojodelik.

"Ada beberapa kriteria penunjang yang dilalui Desa Mojodelik. Diantaranya mengunggah administrasi manajemen dan kelembagaan, baik dari pihak BUMDes maupun Pemerintah Desa (Pemdes) berupa inovasi, lalu digitalisasi dan presentasi dari Kepala Desa," ujar Kades wanita asal Mojodelik.

Program Desa BRIlian ini merupakan sebuah program bagi desa binaan BRI yang memiliki seluruh atau kombinasi dari empat aspek utama. Mulai dari BUMDes aktif sebagai penggerak ekonomi desa, digitalisasi yang terimplementasi di desa yang menggunakan produk BRI (brilink, web pasar hingga stroberi).

"Selanjutnya, berupa aspek inovasi sebagai desa kreatif yang memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial desa. Terakhir adalah sustainability sebagai desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui sektor usaha unggulan," imbuh Yuntik.

Terpisah, Kepala Unit BRI Gayam, Feriez Andika Lutviandi menambahkan dengan adanya Desa BRILian ini akan semakin banyak desa-desa yang bergabung ke Desa BRILian binaan BRI. Sehingga akan semakin banyak pula kesempatan desa-desa yang dapat diberikan pemberdayaan, literasi keuangan dan bisnis, maupun digitalisasi.

"Seperti halnya Desa Mojodelik yang tanggap, tangguh dan berinovasi serta dapat menjadi contoh sekaligus menginspirasi desa lainnya. Dengan harapan bisa maju serta memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," tutup Feriez. [liz/lis]

 

 

Tag : Desa, wahana, wisata



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat