15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kulineran di Bojonegoro, Rasakan Sensasi Makan Bakso Kuah Air Kelapa Muda

blokbojonegoro.com | Friday, 03 November 2023 13:00

Kulineran di Bojonegoro, Rasakan Sensasi Makan Bakso Kuah Air Kelapa Muda Tampilan Bakso Kelapa Muda saat hendak disantap pelanggan (Foto : Rizki Nur Diansyah)

Reporter : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Bagi pecinta kuliner wajib mencicipi kuliner unik di Kabupaten Bojonegoro ini, yakni Bakso Kelapa Muda. Di tempat tersebut anda dapat merasakan sensasi makan bakso dengan menggunakan kuah dari kelapa muda.

Berlokasi di Desa Klampok, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Selain menggunakan kuah air kelapa muda, bakso tersebut juga tak menggunakan wadah mangkok secara umumnya, melainkan menggunakan batok kelapa muda, sehingga perpaduan kaldu bakso dan air kelapa menjadi satu dalam se mangkok bakso tersebut.

Selain itu, di warung bakso yang berjarak sekitar 7,4 kilometer dari jantung Kota Bojonegoro itu, pembeli juga bisa makan bakso sambil langsung makan daging kelapa mudanya.

"Banyak pembeli yang makan bakso sambil makan daging kelapanya. Tapi juga ada yang baksonya sudah habis daging kelapanya baru dimakan," ujar pemilik Warung Bakso Kelapa Muda, Lilik, Jum'at (3/11/2023).

Ide membuat kuliner unik itu muncul saat dia mengikuti rapat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Klampok yang akan membuat pujasera khusus bagi warga setempat. Ia kemudian mencoba cari menu yang tidak lazimnya. Akhirnya setelah mencari banyak referensi, ketemu ide membuat bakso kelapa muda tersebut.

"Kalau pembeli banyak yang dari luar desa, karena penasaran. Mulai dari Kabupaten Tuban, Cepu, maupun dari luar Desa Klampok," ujar pria yang memulai usahanya pada 22 Agustus 2023.

Harga seporsi bakso kelapa muda ini, anda hanya perlu merogoh Rp20 ribu. Sedangkan untuk bakso biasa dibandrol dengan harga Rp8 ribu. Saat kondisi ramai, sehari ia bisa menjual hingga 25 porsi bakso kelapa muda. Sedangkan untuk hari-hari biasanya rata-rata 15 porsi bakso kelapa muda perhari.

"Pengunjung sebagian besar tahu dari medsos. Kalau bukanya sendiri dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam," pungkasnya.

Sementara salah seorang pengunjung Nurcahyo asal Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro mengaku membeli bakso ini karena ajakan teman yang tahu dari media sosial. Setelah merasakan bakso kelapa muda ini menurutnya rasanya nikmat. Bumbu bakso dan perpaduan antara kelapa kelapa muda cukup terasa.

"Bumbu kuah baksonya yang dari air kelapa muda terasa nikmat. Jika dibanding rasanya, dengan harga Rp20 ribu perporsi tergolong tidak mahal," pungkasnya.

Selain menikmati bakso kelapa muda, pengunjung juga disuguhkan suasana pedesaan yang asri. Sebab, di sekeliling puja sera tersebut masih hamparan sawah. Selain bakso, di tempat itu juga terdapat pilihan menu lain seperti mie ayam, aneka penyetan dan beberapa jenis minuman. [riz/mu]

Tag : kuliner bojonegoro, bakso kuah air kelapa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat