18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bibit Buah-Buahan Murah Meriah Ada di Agro Supala

blokbojonegoro.com | Friday, 27 October 2023 15:00

Bibit Buah-Buahan Murah Meriah Ada di Agro Supala

Kontributor: Sahdan

blokBojonegoro.com - Suliyonon, seorang penduduk Dusun Kricak, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayan, Kabupaten Bojonegoro, telah dengan penuh kesabaran dan ketekunan memulai usaha dalam pembibitan buah-buahan. Bojonegoro, yang terkenal sebagai Kota penghasil Minyak, kini juga mencuri perhatian sebagai daerah penghasil pangan. Di selatan Bojonegoro, berbatasan dengan Kabupaten Nganjuk, terdapat Agro Supala, satu-satunya tempat pembibitan buah-buahan di Kecamatan Temayang.

Nama "Agro Supala" bukanlah kebetulan semata. Suliyonon berharap bahwa Agro Supala akan menghasilkan buah-buahan yang melimpah sesuai dengan arti dari "Supala" itu sendiri, yang dalam pemahaman Suliyonon mengandung makna keberuntungan dan penghasilan buah yang melimpah. Sejak tahun 2020, di Desa Kedungsumber, Agro Supala telah menghasilkan beragam bibit buah-buahan.

Kabupaten yang dikenal dengan panasnya cuaca, Bojonegoro, kini memproduksi puluhan ribu macam bibit buah-buahan, termasuk alpukat, jambu, mangga, dan bahkan bibit kopi. Harga jual bibit bervariasi tergantung jenis dan ukuran, dengan harga eceran alpukat sekitar Rp 20.000 untuk bibit setinggi 60-70 cm, sementara jambu dan mangga dengan ukuran yang sama dijual sekitar Rp 15.000. Dalam satu tahun terakhir, tersedia sekitar 15 ribu bibit alpukat.

Menurut Suliyonon, bibit alpukat mendominasi produksi saat ini dengan jumlah belasan ribu bibit. Untuk kegiatan pembibitan ini, sekitar setengah hektar lahan telah digunakan. Mimpi memiliki kebun buah-buahan kini telah mulai terwujud, dengan setiap sudut rumah tertanam pohon buah-buahan seperti alpukat, kopi, kelengkeng, jambu, dan mangga.

Meskipun musim kemarau yang panjang, semangat Suliyonon untuk merawat bibit buah-buahan tidak pudar. Ia dengan tekun menyiram dan merawat bibit-bibit tersebut sepanjang hari, siang, malam, dan pagi. Suliyonon berkomitmen untuk menjual bibit-bibit tersebut setiap tahun, berapapun jumlahnya, demi mewujudkan cita-cita memiliki kebun buah yang subur. [sah/lis]

 

Tag : Buah, harga, ekonomi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat