14:00 . PEPC Sinergi dengan Perhutani Tingkatkan Kualitas Pertanian di Bojonegoro   |   12:00 . Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno Outing Jurnalistik di Mojokerto   |   10:00 . EMCL dan UMKM Bojonegoro Raih Penghargaan Tertinggi di Ajang Bina Mitra UMKM Award 2024   |   22:00 . Cetak Pemuda Enterpreneur, Dinpora Bojonegoro Gelar Workshop Wirausaha Muda   |   18:00 . Gebyar Seni 2 Malam Meriahkan Wisuda Purna Siswa di Madrasah ini   |   15:00 . Madin AN-NUUR Sarangan Sabet Juara Umum PORSADIN Kanor   |   12:00 . Diduga Sengaja Dibakar Orang, Hutan di Bojonegoro Terbakar   |   09:00 . Pajak; Penggerak Mutu Pendidikan Nasional   |   06:00 . Daulat Budaya Nusantara Awali Perjalanan Budaya di Bojonegoro   |   15:00 . Sayyid Zulfikar Menggema di Haul Pendiri Ponpes Attanwir   |   13:00 . Hore!!! Polres Bojonegoro Dapat Hibah Lagi Rp7,2 Miliar dari Pemkab   |   11:00 . Ratusan Alumni Ikuti Halaqoh Pengusaha Attanwir   |   22:00 . Temu Alumni, IKAMI ATTANWIR Hadirkan Pengusaha Muda   |   21:00 . Puncak Haul ke 32, Dihadiri Gus Muwafiq dan Sayyid Zulfikar   |   20:00 . HUT Bhayangkara ke-78, Polsek Padangan Bagikan Sembako dan Tanam Pohon Serentak   |  
Wed, 03 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kisah Startup Lokal, Beramal Lewat Usaha Ojek Online Hingga Bersihkan 100 Toilet Masjid Sukarela

blokbojonegoro.com | Wednesday, 22 May 2024 22:00

Kisah Startup Lokal, Beramal Lewat Usaha Ojek Online Hingga Bersihkan 100 Toilet Masjid Sukarela


Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Belajar dari Koko Teyo pemuda asal Bojonegoro, bahwa bisnis digital ternyata tidak melulu butuh kecanggihan teknologi. Dengan memanfaatkan aplikasi gratis yang sudah ada seperti WhatsApp, bisnis digital bisa dilakukan dengan melihat peluang dan karakteristik warga.

Siang itu di tengah terik matahari yang panas, dan suasana hiruk pikuk Kota Bojonegoro. Rupanya membuat sebagian warga yang berlalu lalang dengan pekerjaan nampak sibuk, tak jarang mereka memesan makanan untuk bekal istirahat siang menggunakan jasa ojek online lokal yang diinisiasi oleh Pemuda asal Bojonegoro.

Koko Teyo sendiri merupakan salah satu pemilik jasa ojek online yang cukup terkenal di Bojonegoro, yaitu Mbleber. Mbleber berati beterbangan atau yen digusah, lungane barengan siji dadi katon pating bleber.

Uniknya, sebagai ojek online, Mbleber tak menggunakan aplikasi khusus untuk menghubungkan antara konsumen dan kurir. Mbleber sendiri menggunakan aplikasi percakapan yang banyak digunakan oleh jutaan warga di Indonesia, yakni WhatsApp.

"Karena tidak semua orang bisa mengakses aplikasi digital, kemudian berinovasi gimana supaya menjangkau semua kalangan. Caranya mudah admin Mbleber akan meneruskan kepada grup WhatsApp yang berisi puluhan kurir," ungkap Koko Teyo.

Sistem kerja Mbleber Nusantara sangat sederhana. Saat ada konsumen ingin memesan makanan/pemesanan lainnya, seperti antar jemput, antar barang. Konsumen cukup mengirim pesan ke admin Mbleber Nusantara melalui akun WhatsApp.

Kemudian pesan tersebut berformat nama pemesan beserta detail pesanan, lengkap dengan keinginan konsumen. Lokasi diisi dengan titik koordinat Google Maps. "Bagi kurir yang bersedia menerima pesanan tersebut, mereka akan menerima pesanan konsumen. Baik untuk jasa pengantaran orang/barang/makanan dengan tarif terjangkau," ujarnya.

Selain melayani antar jemput dan pemesanan makanan, pengiriman barang. Usaha ojek online dengan kearifan lokal ini juga merambah hingga jasa pembersihan rumah, kamar mandi, kos dan perkantoran.

"Kami juga menerima jasa membersihkan 100 toilet masjid-masjid yang ada di desa-desa secara sukarela. Dengan harapan selain menekan angka pengangguran lewat bisnis kearifan lokal, juga bisa bermanfaat bagi orang sekeliling," harapnya. [liz/mu]

 

Tag : ojek online



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat