22:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Posyandu Remaja, Upaya Libatkan Generasi Muda Tangani Stunting

blokbojonegoro.com | Sunday, 21 November 2021 19:00

Posyandu Remaja, Upaya Libatkan Generasi Muda Tangani Stunting Pelibatan remaja dalam penanganan stunting. (Foto: dokumentasi Fatayat NU untuk blokBojonegoro.com)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokbojonegoro.com - Kader Posyandu Remaja Desa Panjunan menampilkan kreatifitas dan keahliannya di bidang pelayanan kesehatan remaja dalam simulasi pelaksanaan Posyandu Remaja (posrem) yang diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama PC Fatayat NU Bojonegoro di Balai Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu, Minggu (21/11/2021)

Kegiatan ini diawali dengan aktifitas fisik, yakni senam bersama dengan instruktur Bapak Serma Sugi Hartono (TNI AD Koramil Kec Kalitidu) di halaman balai desa setempat. Ilmu tentang kedisiplinan didapatkan oleh para remaja dalam pelatihan baris berbaris dan gerakan senam militer yang diterapkan oleh pria berbadan kekar ini.

Hal ini selaras dengan apa yang ditekankan oleh AlMaliki Ukay S.Subqy Selaku perwakilan dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bahwa kedisiplinan yang diterapkan sejak usia remaja, akan mencetak karakter remaja lebih mandiri dan profesional.

Kegiatan simulasi posrem dipantau oleh Kepala Desa Panjunan, Ibu Hj. Suhariyati dan dipandu oleh Ibu 

Erliana wijayanti, Amd.Keb (bidan Desa Panjunan). Wanita berkacamata ini dengan sigap mengarahkan kader Posrem dan memberikan penyuluhan terkait materi seputar bahaya anemia terhadap remaja

Sejalan dengan hal tersebut, Ibu Rismawati,S.KM, perwakilan dari Dinas Kesehatan, juga menyampaikan penyuluhan tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat dimulai sejak masa remaja. "Sebagai calon orang tua, remaja harus mempersiapkan diri dengan pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan diri, agar nanti bisa menjadi pelopor kesehatan untuk keluarga ketika sudah berumah tangga nanti," tutur perempuan yang aktif sebagai Koordinator Daerah di Yayasan Kesehatan Perempuan (YKI) Kabupaten Bojonegoro itu.

Sementara itu para remaja dengan aktif dan responsif mengikuti materi selanjutnya yang disampaikan oleh dr. Bayu Linuwih, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (Kabid PPA) dan Bapak Rohmat Effendi, Advokasi P3A Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro terkait pencegahan pernikahan anak dan pencegahan kekerasan terhadap anak.

" Pernikahan anak erat kaitannya dengan stunting, karena jika organ reproduksi belum siap untuk dibuahi akan bisa menyebabkan keturunan mengalami stunting, karenanya pencegahan stunting bisa diawali dengan mencegah perkawinan anak," tutur dokter yang humoris ini.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan bantuan sarana dan prasarana posyandu remaja kepada kader posrem, dengan harapan pelaksanaan Posrem ini bisa semakin terarah dan maksimal untuk keberlanjutan program.

"Alhamdulillah berkat support dari semua pihak baik Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan, Dinas P3AKB, Komisi C, pihak kecamatan maupun pihak Desa, juga support dari mitra kami yakni EMCL selaku perusahaan internasional terbesar di kabupaten Bojonegoro, program penanganan stunting melalui Posyandu remaja ini dapat terealisasi dengan baik, semoga ke depan Fatayat NU bisa Istiqomah dalam berkhidmat dan memberi manfaat untuk ummat," ungkap Dr. Hj. Ifa Khoiria Ningrum selaku Ketua PC Fatayat NU Bojonegoro. [lis]

 

Tag : Posyandu, stunting, remaja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more