10:00 . Selidiki Penyebab Kematian Remaja di Bojonegoro, Polisi Periksa 5 Saksi   |   08:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Dihukum Dorong Motor   |   07:00 . Tersebar Diduga CCTV Detik-detik Remaja di Bojonegoro Dikejar 4 Motor Sebelum Meninggal   |   22:00 . Kisah Inspiratif Pembatik Gen Z Asal Temayang, Berdayakan Tetangga Melalui Usaha Rintisannya   |   21:00 . Ya Allah, Balita di Bojonegoro Meninggal Terlindas Truk   |   20:00 . Sebelum Dimakamkan, Jenazah Remaja yang Ditemukan Meninggal di Bojonegoro Diautopsi   |   19:00 . Kronologi Meninggalnya Remaja di Bojonegoro, Korban Dikejar dan Tabrak Pembatas Jalan, Polisi Terus Selidiki   |   18:00 . Setyo Wahono Adik Mensesneg Nyatakan Siap Maju Calon Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Remaja di Bojonegoro Ditemukan Meninggal, Dikeroyok atau Kecelakaan?   |   16:00 . Bagaimana Pertanian Ekologis Ramah Lingkungan Mengubah Nasib Petani di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Satu Keluarga Hasilkan Cuan dari Olahan Tanaman Sekitar Rumah, Bisnis Makin Berkembang Berkat KUR   |   14:00 . Kisah Milenial Asal Bojonegoro Gunakan Satu Aplikasi Untuk Segala Kebutuhan   |   13:00 . Bayar Uang Kuliah Hingga Beli Pulsa, Belanja Bisa Lewat Fitur BRImo   |   12:00 . Bukan Suami Istri, Penghuni Kos Nakal Pondok Pinang Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Sun, 14 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Olah Limbah Pria Asal Trucuk Hasilkan Karya Miniatur Kendaraan Beromzet Fantastis

blokbojonegoro.com | Thursday, 30 December 2021 20:00

Olah Limbah Pria Asal Trucuk Hasilkan Karya Miniatur Kendaraan Beromzet Fantastis

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Di tangan kreatif Yudianto, limbah bisa menghasilkan karya memukau. Pasalnya potongan-potongan kayu tersebut dirangkai menjadi miniatur bus dan truk yang mirip dengan aslinya, peminatnya pun dari berbagai kalangan masyarakat baik di Bojonegoro hingga luar daerah.

Di dalam ruang produksi sederhana, segala macam peralatan serta perlengkapan untuk membuat miniatur bus dan truk tersedia. Bahkan seluruh proses produksi dikerjakan secara manual dengan peralatan dan perlengkapan seadanya, ia bahkan memanfaatkan setiap potongan limbah.

Mulai dari kursi, lampu, pintu, kemudi supir hingga jendela begitu persis bak aslinya. Semula, ia juga nampak kesulitan mendapatkan karyawan karena proses pengerjaan yang rumit. Namun kini dibantu satu orang tetangga untuk menyelesaikan pemesanan miniatur.

"Produksinya rumit dan presisi, harus detail antara ukuran serta perbandingan harus pas. Jadi tidak banyak yang bisa mengerjakan dan Alhamdulillah pemesanan sekarang berjalan lancar dibantu tetangga," tutur Yudianto.

Rumah produksi yang berada di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Yudi bercerita peminatnya tak hanya dari Bojonegoro namun berbagai kota.

Menariknya, penjualan tak hanya melalui offline namun juga mengandalkan online. Mulai dari harga Rp. 125.000 hingga Rp. 1.500.000 tergantung kerumitan pada proses pengerjaan.

Terkait omzet yang diperoleh setiap bulannya atau sebelum pandemi berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 8.000.000. "Namun, sejak pandemi Covid-19 mengalami penurun sekitar Rp. 5.000.000 per bulannya," cerita pria asal Trucuk.

Yudi berharap, usaha yang telah ia lakoni ini mendapat perhatian dari pemerintah. Termasuk berupa perlengkapan maupun peralatan sebagai penunjang proses produksi.

"Harapan kami terutama terhadap Pemerintah agar tetap memperhatikan pelaku UMKM di Bojonegoro. Termasuk memberikan dukungan agar terus berkembang," harapnya. [liz/ito]

Tag : kerajinan, miniatur, banjarsari, trucuk, umkm, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat