21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |   11:00 . Pengguna Jalan Dihimbau Pilih Jalur Alternatif   |   10:00 . Jalan Nasional Bojonegoro-Babat Terendam Banjir, Macet Mengular   |   09:00 . Kolaborasi Stakeholder, Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemenkes   |   21:00 . Malam Ini Debit Air Waduk Pacal dan Bengawan Solo Meningkat   |   20:00 . Inisiasi Pengembangan Vinglish Melalui Riset   |   19:00 . Live : Bojonegoro Fashion Street and Veggie   |   18:00 . Pahlawan Perjuangan di Bojonegoro, Abadi Dalam Nama Jalan dan Fasum   |   17:00 . Aneka Olahan Jambu dan Mawar Desa Kalangan Juga Dipamerkan di Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie   |  
Sun, 27 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

7 Tips Sehat Merayakan Hari Raya Idulfitri Bersama Keluarga

blokbojonegoro.com | Tuesday, 03 May 2022 07:00

7 Tips Sehat Merayakan Hari Raya Idulfitri Bersama Keluarga

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Hari Raya Idulfitri menjadi momen kemenangan umat Muslim di seluruh dunia setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan.

Di tengah pandemi, momen merayakan Hari Raya Idulfitri perlu tetap dilakukan secara sehat dan aman, agar tidak tertular Covid-19 dan penyakit lainnya.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Tjandra Yoga Aditama, memberikan 7 tips sehat merayakan Hari Raya Idulfitri. Apa saja?

1. Pakai Masker

Saat menjalankan salat Idulfitri, akan baik kalau tetap menggunakan masker. Salat sebaiknya dilakukan di lapangan terbuka, dan kalau di dalam masjid akan baik kalau jendela dan pintu dibuka lebar-kebar agar ventilasi terjaga baik.

2. Jangan lupa istirahat

Sesudah menghabiskan waktu lama di perjalanan mudik, jangan melupakan istirahat meski sedang merayakan Idulfitri.

"Jangan begitu tiba langsung jalan-jalan, kan akan masih ada beberapa hari di kampung halaman, istirahat agar segar dulu dan baru beraktivitas," tuturnya.

3. Makan secukupnya

Prof Tjandra mengingatkan masyarakat untuk tidak balas dendam dan makan berlebihan di Hari Lebaran dan hari-hari sesudahnya.

"Ingat, apapun yang berlebihan maka tentu tidak baik akibatnya. Salah satu panduannya adalah bahwa ½ piring makanan kita diisi dengan sayuran dan buah, ¼ piring diisi nasi atau sejenisnya (jagung, gandum) serta ¼ lainnya kita isi dengan protein," terangnya.

4. Tetap prokes saat wisata

Untuk yang ingin berwisata di hari libur panjang, Prof Tjandra mengatakan perlu antisipasi penuhnya destinasi wisata dan pusat perbelanjaan.

"Untuk ini akan baik kalau mungkin memilih waktu yang tidak sedang puncak-puncaknya penuh, juga tetap tetap memakai masker, rajin mencuci tangan serta sedapat mungkin menjaga jarak di dalam kerumunan," katanya lagi.

5. Aplikasi PeduliLindungi

Prof Tjandra juga mengingatkan pengelola objek wisata dan pusat perbelanjaan untuk harus memastikan aplikasi PeduliLindungi benar-benar dilaksanakan di setiap pintu masuk.

6. Hindari begadang

Walaupun sudah 2 tahun tidak mudik, maka tetap lakukan aktivitas dengan seimbang. Jangan lelah berlebihan, apalagi kalau membawa anak-anak.

"Waktu tidur juga harus tetap terjaga baik, misalnya jangan jadi begadang berkepanjangan karena sudah lama tidak ketemu teman dan kerabat," terangnya.

7. Jangan lupa minum obat rutin

Bagi pengidap penyakit kronis, jangan lupa obatnya dimakan sesuai aturan. Di sisi lain, kalau selama di kampung halaman ada keluhan kesehatan maka segera konsultasi ke petugas kesehatan terdekat.

"Ingat, para pemudik akan menjalani “arus balik” yang bukan tidak mungkin akan padat dan melelahkan pula, yang membutuhkan fisik yang baik," tutupnya.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat