09:00 . Polres Bojonegoro Gencarkan Sosialisasi Operasi Zebra Semeru 2022   |   07:00 . Tanya Dokter Jiwa: Dok, Benarkah Depresi Terjadi karena Kurang Ibadah?   |   18:00 . Ada Kebocoran dan Perbaikan Saluran, PDAM Buka Dropping Air Bersih   |   17:00 . Ibadah Apa yang Dianjurkan Rasulullah di Malam Jumat?   |   16:00 . SKK Migas Akan Kembali Menggelar Konvensi Hulu Migas   |   15:00 . Pasutri Curanmor yang Tertangkap di Balen, Divonis Dua Tahun Penjara   |   13:00 . PT Pertamina EP Sukowati Field Meraih Penganugerahan Piala PSBE dari Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM   |   12:00 . Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Kunker di Lapas IIA Bojonegoro   |   09:00 . Disperinaker; 1.625 Tenaga Kerja Masih Aktif Bekerja di Proyek JTB   |   08:00 . Harga Tembakau Rajang Kering Tinggi, Petani Sumringah   |   07:00 . 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku   |   19:00 . Prgoram Pengembangan Masyarakat Selesai, EMCL Gandeng PC GP Ansor Serahkan ke Desa   |   18:00 . Diserahkan ke Dinsos Jatim, Bayi Mungil Diberi Nama Hilya Qonita   |   16:00 . Usai Telur dan Cabai, Kini Harga Daging Ayam Kompak Turun   |   15:00 . Pemuda Asal Temayang Sukses Lestarikan Batik Tulis   |  
Fri, 07 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pria Ini Terima Beasiswa 4 Kampus Luar Negeri dari Tari

blokbojonegoro.com | Sunday, 24 July 2022 17:00

Pria Ini Terima Beasiswa 4 Kampus Luar Negeri dari Tari Sumber foto: indozone.id

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Berkat keahliannya menari, Joko Sudibyo, yang sejak kecil menggeluti dunia tari mendapat beasiswa Erasmus yang mengharuskannya kuliah di 4 Universitas di Eropa. Dia kini hidup di London, Inggris dan menempuh pendidikan di Universitas of Rowhampton jurusan Arts. Selain di universitas ini ada tiga kampus lain di beda negara yakni University of Szeged (Hungaria), NTNU-Norges Teknisk-Naturvitenskapelige (Norwegia) Universitet dan Université Clermont Auvergne (Prancis).

Diolah dari data yang ada dalam www.indozone.id,  Joko mulai belajar seni tari sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD) di bawah bimbingan Sanggar Tari Sekar Puri. Ketika kelas 3 SD dia rutin melakoni pertunjukan tari pagelaran Sendratari di panggung terbuka Ramayana Ballet Candi Prambanan. 

Setelah dikenal dengan kepiawaiannya dalam seni tari, Joko pun kerap berkeliling dunia bahkan puluhan negara telah disambanginya. 

“Kalau negaranya sudah tak ingat lagi, tapi seberapa sering, sekitar 25 kali,” ujarnya sebagaimana dikutip pada kanal Z Creators. 

Di antara negara yang dikunjungi Joko adalah Portugal, Taiwan, Rusia dan berbagai negara lainnya. 

Pria enam bersaudara ini mengaku terinspirasi dari Sang Ayah yang menggeluti seni tari wayang keliling. Usai lulus SMP, Joko menimba ilmu untuk mengembangkan kemampuan tarinya dengan bersekolah di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Yogyakarta baru kemudian mendaftarkan kuliah diInstitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. 

Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dimiliki, usai lulus kuliah, Joko pergi ke Myanmar dan di sana dia berprofesi sebagai guru. Setelah sekitar 5 tahun, dia pun menjabat sebagai kepala sekolah selama sekitar 3 tahun. Kemudian, Joko kembali ke Tanah Air dan mencari beasiswa ke luar negeri. Akhirnya, dia mendapat kesempatan kuliah di empat negara yakni Eropa, Hungaria, Norwegia, Prancis dan Inggris berkat beasiswa Erasmus melalui program Choreomundus. 

Pengalaman Joko ini jelas mematahkan persepsi masyarakat yang banyak menganggap penari hanya bisa aktif di dunia hiburan. Terbukti, Joko bisa eksis baik di dunia hiburan, pelestarian budaya dan juga akademik. [lis]

 

 

Tag : Joko, tari, Sudibyo, beasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat