13:00 . Warga Mulai Antusias Daftar Pantarlih   |   12:00 . Bekerja 38 Hari, Inilah Jadwal Pembentukan Pantarlih   |   11:00 . Puskesmas Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan untuk Syarat Pantarlih   |   07:00 . 19 Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi   |   23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pria Ini Terima Beasiswa 4 Kampus Luar Negeri dari Tari

blokbojonegoro.com | Sunday, 24 July 2022 17:00

Pria Ini Terima Beasiswa 4 Kampus Luar Negeri dari Tari Sumber foto: indozone.id

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Berkat keahliannya menari, Joko Sudibyo, yang sejak kecil menggeluti dunia tari mendapat beasiswa Erasmus yang mengharuskannya kuliah di 4 Universitas di Eropa. Dia kini hidup di London, Inggris dan menempuh pendidikan di Universitas of Rowhampton jurusan Arts. Selain di universitas ini ada tiga kampus lain di beda negara yakni University of Szeged (Hungaria), NTNU-Norges Teknisk-Naturvitenskapelige (Norwegia) Universitet dan Université Clermont Auvergne (Prancis).

Diolah dari data yang ada dalam www.indozone.id,  Joko mulai belajar seni tari sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD) di bawah bimbingan Sanggar Tari Sekar Puri. Ketika kelas 3 SD dia rutin melakoni pertunjukan tari pagelaran Sendratari di panggung terbuka Ramayana Ballet Candi Prambanan. 

Setelah dikenal dengan kepiawaiannya dalam seni tari, Joko pun kerap berkeliling dunia bahkan puluhan negara telah disambanginya. 

“Kalau negaranya sudah tak ingat lagi, tapi seberapa sering, sekitar 25 kali,” ujarnya sebagaimana dikutip pada kanal Z Creators. 

Di antara negara yang dikunjungi Joko adalah Portugal, Taiwan, Rusia dan berbagai negara lainnya. 

Pria enam bersaudara ini mengaku terinspirasi dari Sang Ayah yang menggeluti seni tari wayang keliling. Usai lulus SMP, Joko menimba ilmu untuk mengembangkan kemampuan tarinya dengan bersekolah di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Yogyakarta baru kemudian mendaftarkan kuliah diInstitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. 

Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dimiliki, usai lulus kuliah, Joko pergi ke Myanmar dan di sana dia berprofesi sebagai guru. Setelah sekitar 5 tahun, dia pun menjabat sebagai kepala sekolah selama sekitar 3 tahun. Kemudian, Joko kembali ke Tanah Air dan mencari beasiswa ke luar negeri. Akhirnya, dia mendapat kesempatan kuliah di empat negara yakni Eropa, Hungaria, Norwegia, Prancis dan Inggris berkat beasiswa Erasmus melalui program Choreomundus. 

Pengalaman Joko ini jelas mematahkan persepsi masyarakat yang banyak menganggap penari hanya bisa aktif di dunia hiburan. Terbukti, Joko bisa eksis baik di dunia hiburan, pelestarian budaya dan juga akademik. [lis]

 

 

Tag : Joko, tari, Sudibyo, beasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more