11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pria Ini Terima Beasiswa 4 Kampus Luar Negeri dari Tari

blokbojonegoro.com | Sunday, 24 July 2022 17:00

Pria Ini Terima Beasiswa 4 Kampus Luar Negeri dari Tari Sumber foto: indozone.id

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Berkat keahliannya menari, Joko Sudibyo, yang sejak kecil menggeluti dunia tari mendapat beasiswa Erasmus yang mengharuskannya kuliah di 4 Universitas di Eropa. Dia kini hidup di London, Inggris dan menempuh pendidikan di Universitas of Rowhampton jurusan Arts. Selain di universitas ini ada tiga kampus lain di beda negara yakni University of Szeged (Hungaria), NTNU-Norges Teknisk-Naturvitenskapelige (Norwegia) Universitet dan Université Clermont Auvergne (Prancis).

Diolah dari data yang ada dalam www.indozone.id,  Joko mulai belajar seni tari sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD) di bawah bimbingan Sanggar Tari Sekar Puri. Ketika kelas 3 SD dia rutin melakoni pertunjukan tari pagelaran Sendratari di panggung terbuka Ramayana Ballet Candi Prambanan. 

Setelah dikenal dengan kepiawaiannya dalam seni tari, Joko pun kerap berkeliling dunia bahkan puluhan negara telah disambanginya. 

“Kalau negaranya sudah tak ingat lagi, tapi seberapa sering, sekitar 25 kali,” ujarnya sebagaimana dikutip pada kanal Z Creators. 

Di antara negara yang dikunjungi Joko adalah Portugal, Taiwan, Rusia dan berbagai negara lainnya. 

Pria enam bersaudara ini mengaku terinspirasi dari Sang Ayah yang menggeluti seni tari wayang keliling. Usai lulus SMP, Joko menimba ilmu untuk mengembangkan kemampuan tarinya dengan bersekolah di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Yogyakarta baru kemudian mendaftarkan kuliah diInstitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. 

Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dimiliki, usai lulus kuliah, Joko pergi ke Myanmar dan di sana dia berprofesi sebagai guru. Setelah sekitar 5 tahun, dia pun menjabat sebagai kepala sekolah selama sekitar 3 tahun. Kemudian, Joko kembali ke Tanah Air dan mencari beasiswa ke luar negeri. Akhirnya, dia mendapat kesempatan kuliah di empat negara yakni Eropa, Hungaria, Norwegia, Prancis dan Inggris berkat beasiswa Erasmus melalui program Choreomundus. 

Pengalaman Joko ini jelas mematahkan persepsi masyarakat yang banyak menganggap penari hanya bisa aktif di dunia hiburan. Terbukti, Joko bisa eksis baik di dunia hiburan, pelestarian budaya dan juga akademik. [lis]

 

 

Tag : Joko, tari, Sudibyo, beasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat