15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mbah Toyib Voice Over Asal Ngraho, Kagumi Bimoky Sebagai Insipirasi Berkarya

blokbojonegoro.com | Monday, 21 March 2022 19:00

Mbah Toyib Voice Over Asal Ngraho, Kagumi Bimoky Sebagai Insipirasi Berkarya

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bermula saat mengikuti workshop broadcasting yang diselenggarakan oleh dunia imajinasi. Bersama pemateri Dhika Safrina penyiar radio Bass Fm dan Lia Yunita penyiar radio Malowopati Fm, Moh Mutoyib atau akrab disapa Mbah Toyib, asal Desa Mojorejo, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro mulai tertarik menyelami dunia Voice Over Talent (VOT) secara profesional sejak tahun 2021.

"Mulanya mengikuti workshop, selain itu juga punya hobi di bidang sastra dan aktif mengikuti di beberapa konten YouTube. Yang erat kaitannya dengan audio visual," cerita Mbah Toyib. 

Baginya, menjadi VOT tak hanya sekadar membaca skrip tetapi menjadikan naskah tersebut memiliki nyawa. Supaya isi pesan yang disampaikan mudah dipahami oleh para komunikan, serta membuat konten tersebut tampak menarik lengkap audio visual. 

"Tekniknya setiap hari harus berlatih membaca naskah 3 bahasa. Indonesia, Inggris dan Arab. Serta memadukan keserasian narasi," tegas Pria asal Ngraho. 

Rupanya menyelami profesi sebagai VOT atau pengisi suara tak serta merta lancar. Mbah Toyib, bahkan juga menemukan beberapa kendala. Di antaranya pelafalan dan pemilihan kosakata yang sulit dipahami. 

"Belibet kadang saat bertemu kosakata yang pengucapannya susah. Harus pro aktif dan terus berlatih supaya lancar," imbuhnya. 

Usia tak menjadi penghalang untuk terus berkarya dan menghasilkan karya. Itulah yang pantas disematkan pada diri Mutoyib alias Mbah Toyib. 

Pasalnya, untuk menjadi seorang VO profesional. Mbah Toyib telah melalui berbagai hal yakni aktif mengikuti kelas VO online maupun offline, hingga challenge VO di Instagram dan Tiktok untuk menunjang kualitas skill dan ilmunya.

"Pernah mengisi suara untuk sebuah produk yakni kopi pak RM, Rumah Makan Kebon Asri dan Kampung Tumo hingga SAR Majlis Tafsir Al-Qur'an,". 

Berhubung, Mbah Toyib juga memiliki kegemaran di dunia sastra. Menariknya saat Hari Ulang Tahun Kabupaten Bojonegoro ke-344 tiba, tepat tahun 2021 lalu. Ia juga pernah pernah membuat narasi atau menerjemahkan isi video, VO ini menggambarkan kondisi Kabupaten Bojonegoro. 

"Secara pribadi ini merupakan ungkapan rasa cinta terhadap Kota Kelahiran Bojonegoro, secara khusus VO ini menggambarkan kondisi Bojonegoro saat ini," ungkap dia. 

VOT yang menjadi inspirasi bagi Mbah Toyib dalam berkarya adalah Bimo Kusumo Yudho atau lebih dikenal Bimoky. Serta komunitas Voice Over Dubber Announcer Indonesia (KVDAI).

"Karena di dalamnya sudah banyak ditemui para penyiar profesional, Arif budiman penyiar RRI, Anita Marta hingga Micheal V Rantuwene. Inspiratif ilmunya bisa kita tularkan untuk terus berlatih menjadi VO profesional," tuturnya. 

VOT asal Bojonegoro, yang akrab disapa Mbah Toyib berharap, meski dikatakan awal dalam menajajaki dunia VOT. Nantinya bisa menjadi VOT yang tetap membumi, haus ilmu dan ingin terus belajar dari profesional supaya lebih dihargai. 

"Harapannya ada pihak terkait di Bojonegoro, yang merangkul dan memberdayakan kami. Dunia VO ini masih belum begitu banyak peminatnya, sedangkan lahannya sangat banyak untuk keperluan publikasi," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : VO, voice, over, kreatif



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat