07:00 . Dokter Ungkap 9 Tumbuhan yang Bantu Luruhkan Batu Ginjal, Gampang Ditemukan di Rumah!   |   16:00 . Porsadin Ke-5 Tingkat Kabupaten Resmi Dibuka   |   15:00 . Harga Jual Umbi Porang di Bojonegoro Anjlok, Begini Siasat Petani   |   12:00 . Pemuda Bojonegoro Manfaatkan Zebra Cross Mastrip Bak Citayam Fashion Week   |   10:00 . Antisipasi Kekeringan, BPBD Bojonegoro Siap Dropping Air Bersih   |   07:00 . Bolehkah Puasa Asyura tanpa Puasa Tasu'a   |   10:00 . Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia Kunjungi Kampung Samin Margomulyo   |   09:00 . Pecah Sembilan┬áPeserta Meriahkan Ngelenyer Dance HUT Kemerdekaan RI   |   08:00 . Kunjungi Lapangan Gas JTB, Pangdam V/Brawijaya Ajak Masyarakat Dukung Industri Hulu Migas   |   07:00 . Makan Sambil Main Gadget Berpotensi Merusak Pola Makan Anak   |   06:00 . Pemkab Bojonegoro Selenggarakan Program Sunset Policy, Ayo Segera Manfaatkan...!   |   19:00 . Kompak Naik, Harga Emas Antam Tembus Harga Rp1 Juta   |   18:00 . Dharmaningtyas: Pak Jokowi, Mohon Beri Perhatian Pada Pendidikan Nasional   |   16:00 . EMCL Menyerahkan Bantuan Kursi Roda untuk Masyarakat Melalui Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro   |   12:00 . 7 Desa di Bojonegoro Peroleh BKK Jatim Puspa dari Jawa Timur   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mbah Toyib Voice Over Asal Ngraho, Kagumi Bimoky Sebagai Insipirasi Berkarya

blokbojonegoro.com | Monday, 21 March 2022 19:00

Mbah Toyib Voice Over Asal Ngraho, Kagumi Bimoky Sebagai Insipirasi Berkarya

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bermula saat mengikuti workshop broadcasting yang diselenggarakan oleh dunia imajinasi. Bersama pemateri Dhika Safrina penyiar radio Bass Fm dan Lia Yunita penyiar radio Malowopati Fm, Moh Mutoyib atau akrab disapa Mbah Toyib, asal Desa Mojorejo, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro mulai tertarik menyelami dunia Voice Over Talent (VOT) secara profesional sejak tahun 2021.

"Mulanya mengikuti workshop, selain itu juga punya hobi di bidang sastra dan aktif mengikuti di beberapa konten YouTube. Yang erat kaitannya dengan audio visual," cerita Mbah Toyib. 

Baginya, menjadi VOT tak hanya sekadar membaca skrip tetapi menjadikan naskah tersebut memiliki nyawa. Supaya isi pesan yang disampaikan mudah dipahami oleh para komunikan, serta membuat konten tersebut tampak menarik lengkap audio visual. 

"Tekniknya setiap hari harus berlatih membaca naskah 3 bahasa. Indonesia, Inggris dan Arab. Serta memadukan keserasian narasi," tegas Pria asal Ngraho. 

Rupanya menyelami profesi sebagai VOT atau pengisi suara tak serta merta lancar. Mbah Toyib, bahkan juga menemukan beberapa kendala. Di antaranya pelafalan dan pemilihan kosakata yang sulit dipahami. 

"Belibet kadang saat bertemu kosakata yang pengucapannya susah. Harus pro aktif dan terus berlatih supaya lancar," imbuhnya. 

Usia tak menjadi penghalang untuk terus berkarya dan menghasilkan karya. Itulah yang pantas disematkan pada diri Mutoyib alias Mbah Toyib. 

Pasalnya, untuk menjadi seorang VO profesional. Mbah Toyib telah melalui berbagai hal yakni aktif mengikuti kelas VO online maupun offline, hingga challenge VO di Instagram dan Tiktok untuk menunjang kualitas skill dan ilmunya.

"Pernah mengisi suara untuk sebuah produk yakni kopi pak RM, Rumah Makan Kebon Asri dan Kampung Tumo hingga SAR Majlis Tafsir Al-Qur'an,". 

Berhubung, Mbah Toyib juga memiliki kegemaran di dunia sastra. Menariknya saat Hari Ulang Tahun Kabupaten Bojonegoro ke-344 tiba, tepat tahun 2021 lalu. Ia juga pernah pernah membuat narasi atau menerjemahkan isi video, VO ini menggambarkan kondisi Kabupaten Bojonegoro. 

"Secara pribadi ini merupakan ungkapan rasa cinta terhadap Kota Kelahiran Bojonegoro, secara khusus VO ini menggambarkan kondisi Bojonegoro saat ini," ungkap dia. 

VOT yang menjadi inspirasi bagi Mbah Toyib dalam berkarya adalah Bimo Kusumo Yudho atau lebih dikenal Bimoky. Serta komunitas Voice Over Dubber Announcer Indonesia (KVDAI).

"Karena di dalamnya sudah banyak ditemui para penyiar profesional, Arif budiman penyiar RRI, Anita Marta hingga Micheal V Rantuwene. Inspiratif ilmunya bisa kita tularkan untuk terus berlatih menjadi VO profesional," tuturnya. 

VOT asal Bojonegoro, yang akrab disapa Mbah Toyib berharap, meski dikatakan awal dalam menajajaki dunia VOT. Nantinya bisa menjadi VOT yang tetap membumi, haus ilmu dan ingin terus belajar dari profesional supaya lebih dihargai. 

"Harapannya ada pihak terkait di Bojonegoro, yang merangkul dan memberdayakan kami. Dunia VO ini masih belum begitu banyak peminatnya, sedangkan lahannya sangat banyak untuk keperluan publikasi," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : VO, voice, over, kreatif



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat