13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tak Lelah Edukasi Pentingnya Vaksinasi Covid-19

blokbojonegoro.com | Monday, 25 October 2021 08:00

Tak Lelah Edukasi Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Reporter: M. Yazid
 
blokBojonegoro.com - Semangat anggota TNI-Polri bersama tenaga kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 terus dilakukan. Hal itu ditunjukan Babinsa, Babinkamtibmas, tenaga kesehatan dan pemerintah desa Karangdinoyo Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya vaksinasi Covid-19.
 
Cuaca panas seakan tidak dirasakan, Babinsa, Serda Pasiyanto dan Babinkamtibmas, Bripka Achmad Wahyudin, dengan mengenakan baju institusi kebanggaannya masing-masing mendatangi warga secara langsung. Mereka juga mengajak Tenaga Kesehatan (Nakes) setempat M. Kharis Shodiq, S.Kep,Ns dan Kasi Kesra Desa Karangdinoyo Sardianto Tirto.
 
Kondisi jalan yang 'ngeleyer' menambah semangat pelayan masyarakat menyambangi warga satu persatu. Tidak hanya masuk rumah warga, mereka tidak segan memberhentikan warga atau pejalan kaki yang melintas supaya tahu pentingnya vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.
 
"Memberikan pemahaman mengenai miss informasi program vaksinasi yang telah dicanangkan oleh Pemerintah agar tercipta herd immunity kepada warga yang belum bersedia mengikuti vaksinasi," kata Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo Bripka Achmad Wahyudin, Sabtu (23/10/2021), disela-sela kegiatan.
 
 
Menurutnya, kegiatan ini rutin dilakukan karena komitmen bersama gugus desa suksesnya program vaksinasi nasional yang telah dicanangkan oleh Pemerintah yang saat ini tingkat prosentase keikutsertaan warga masih belum mencapai target pembentukan herd immunity.
 
"Selain komitmen mensukseskan vaksinasi, dalam kegiatan tersebut juga untuk memberikan informasi yang benar mengenai vaksinasi yang selama ini beredar di masyarkat banyak terjadi miss informasi, sehingga mengakibatkan masyarakat untuk enggan ikut vaksin. Sekaligus protokol kesehatan Covid-19," terang Yudi.
 
Capaian keikutsertaan di Desa Karangdinoyo sesuai dengan data dari PKM Mejuwet masih tinggi dibandingkan desa lain di wilayah kerja PKM Mejuwet. Dalam kegiatan sosialiasi pemahaman vaksinasi tersebut juga bakti sosial dengan memberikan sembako kepada warga kurang mampu, sebagai bentuk meringankan warga yang saat ini masih terkena dampak covid 19.
 
"Tak hanya edukasi kesehatan, kami juga melaksanakan kegiatan sosial dengan memberikan sembako kepada warga kurang mampu," imbuhnya.
 
Nakes Desa Karangdinoyo M. Kharis Shodiq menambahkan, edukasi yang diberikan kepada warga yaitu mengenai vaksin yang selama ini salah dipahami oleh warga. Pasalnya mereka meyakini setelah disuntikkan vaksin akan mengalami sakit yang lebih parah atau akan terkena covid-19.
 
Bahkan setelah divaksin akan mengakibatkan gangguan kesehatan yang fatal bahkan mengalami kematian. "Sehingga perlu sosialisasi intensif dengan mendatangi warga langsung. Saat memberikan edukasi, kami banyak menemukan miss informasi mengenai vaksin yang selama ini dipahami salah oleh warga," imbuh Pak Mantri yang akrap disapa sebagai Pak Mantri Kharis.
 
 
Selain banyak menemukan miss informasi di masyarakat Desa Karangdinoyo, Pak Mantri juga memberikan pemahaman saat ini gejala - gejala atau comorbid penyakit bawaan banyak mengalami perubahan. Seiring bertambahnya penelitian mengenai dampaknya yang ditimbulkan terhadap penyakit comorbid seusai disuntikkan vaksin covid 19 kepada masyarakat yang memiliki riwayat sakit.
 
"Sekarang ini banyak comorbid penyakit mengalami perubahan terhadap reaksi setelah disuntikkan vaksin, seiring dilakukan penelitian - penelitian dengan catatan tetap rutin konsultasi ke dokter yang selama ini dipakai memeriksakan diri terlebih dahulu," pungkasnya disela-sela kegiatan.
 
Tampak saat kegiatan mengingatkan warga untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sekaligus perilaku hidup bersih sehat ditengah pandemi Covid-19, mulai memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Edukasi yang dilaksanakan secara humanis, mendapat respon baik dari para warga didatanginya. (zid)
 
 

Tag : edukasi vaksin, vaksinasi, vaksin, covid 19



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat