20:00 . Farel Prayoga Goyangkan Istana Merdeka Dalam Perayaan HUT ke-77 RI   |   19:00 . Grebek Tumpeng Rombyong Mliwis Putih, dari Warga untuk Generasi Muda   |   18:00 . Upacara HUT RI ke-77, Kajari: Pakai Adat Madura Karena Saya Asli Madura   |   17:00 . Ketua DPRD Bojonegoro Kenakan Baju Adat Nias Saat Upacara HUT Kemerdekaan   |   16:00 . PPPM Birrul Walidain: Perayaan HUT RI Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia   |   15:00 . Inilah Nama-nama Penerima Penghargaan HUT Kemerdekaan RI di Bojonegoro   |   13:00 . HUT Kemerdekaan RI, Buah Lokal Bojonegoro Dipamerkan di Gedung Grahadi   |   12:00 . 15 Pemain Lolos Seleksi Persibo, Hanya Empat Pemain Lokal   |   09:00 . Mengisi Kemerdekaan   |   09:00 . 262 WBP Dapat Remisi Kemerdekaan, 2 Langsung Bebas   |   22:00 . Semarak Kemerdekaan, KKN-T Unigoro Adakan Pemeran UMKM   |   21:00 . Malam HUT RI KE-77 PonPes Al Mubarok Gelar Malam Tirakatan   |   20:00 . Penuh Tantangan, Jambore Cabang XII Bojonegoro Berakhir Membanggakan   |   17:00 . Macet, Buka dan Tutup Jalan Nasional   |   16:00 . Proyek JTB Berhasil Lakukan Proses Gas-In   |  
Thu, 18 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Olah Lele Jadi Abon Bercita Rasa Lezat, Omzet Menggiurkan

blokbojonegoro.com | Monday, 27 September 2021 16:00

Olah Lele Jadi Abon Bercita Rasa Lezat, Omzet Menggiurkan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Ikan lele biasanya identik dengan cara digoreng, dibakar atau dibumbui santan. Namun tidak bagi Moch. Addin Arfiansyah, justru ia mengolahnya menjadi abon yang memiliki cita rasa lebih gurih dan lezat.

Pria asal Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro justru memiliki ide kreatif dalam mengolah ikan lele. Bermula dari pemanfaatan lele jumbo yang kurang laku di pasaran, ia lalu berinisiatif membuat inovasi varian olahan produk. Terutama yang tahan lama serta proses pengolahannya tidak terlalu rumit.

"Awal mulanya tahun 2016, berbekal pengalaman pembuatan abon sapi dan abon ayam. Ternyata abon lele justru lebih banyak peminatnya," ungkap Addin.

Ikan lele yang akan ia produksi, setiap harinya diperoleh dari pembudidaya lele serta tengkulak di pasar. Mulanya mengolah 5 kilogram lele menjadi 20 bungkus abon hingga kini dibantu sebanyak 4 orang untuk produksi. "Semakin berkembang dan Alhamdulillah per bulan bisa produksi abon sebanyak 25 hingga 30 kilogram ikan lele," ucapnya.

Proses pembuatan abon lele, menurut Addin tampak sederhana. Lele segar hasil panen dibersihkan dan dibuang bagian kepalanya. Lalu dikukus kurang lebih 30 menit, setelah dagingnya matang lalu di dinginkan dan dipisah duri-durinya.

Lalu digonggso campur bumbu, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe hingga gula dan garam. Setelah digonggso, digoreng dengan minyak lalu dispiner. "Tampilan abon lele berbeda dengan abon sapi. Tekstur dagingnya lebih lembut dan rasanya gurih. Abon lele kemudian dikemas dalam alumunium foil agar awet dan tahan lama," paparnya.

Harga abon lele produksi miliknya ia jual seharga Rp. 25.000 per pack. Dengan varian abon lele original dan pedas. Lanjut, untuk meningkatkan kualitas produksi, Addin juga tergabung dalam komunitas UMKM/IKM di Bojonegoro serta memanfaatkan media sosial maupun e-commerce.

"5 tahun berproses, pengiriman abon lele home made sudah merambah ke Jawa Tengah, Jawa Barat bahkan luar Jawa. Dengan omzet per bulan mencapai Rp 10 juta," imbuh pria asal Ngrowo.

Sebagai pelaku UMKM/IKM, Addin sapaan akrabnya juga berharap, terutama pengolah abon ikan lele di Bojonegoro. "Semoga kedepan produksi ini berkembang dan makin diminati masyarakat, bahkan pemasaran hingga seluruh Indonesia," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : ikan, lele, olahan, bojonegoro, ngrowo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat