19:00 . Mendag Zulhas: Dorong Produk UKM Indonesia Tembus Pasar Timur Tengah   |   18:00 . Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Turnamen Sablon Cup III Kembali Digelar   |   17:00 . HUT AMPI Ke-44, Pengurus DPD AMPI Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   16:00 . Begini Cara Mendaftar MyPertamina dengan Ponsel   |   10:00 . Puskesmas Tanggapi Curhatan Warga di Instagram Terkait Penanganan Sang Kakek   |   09:00 . Ruwatan Massal di Bojonegoro Kembali Digelar, Ini Jadwalnya   |   08:00 . 74 Polisi di Bojonegoro Naik Pangkat   |   07:00 . Menabung Saja Tidak Cukup, Ini Tips Ajarkan Anak Kelola Uang dengan Tepat   |   06:00 . Berani Bermimpi dan Gigih Menjemput Masa Depan   |   22:00 . Mendag Zulhas: Perjanjian Indonesia–UAE CEPA Ditandatangani, Upaya Tingkatkan Ekspor   |   21:00 . Roadshow, PMI Bojonegoro Lakukan Pembinaan dan Orientasi Pengurus Kecamatan   |   20:00 . Gubernur Lantik Komite Komunikasi Digital (KKD) Jatim   |   19:00 . Perangi Hoaks, Gubernur Jatim Lantik Komite Komunikasi Digital   |   18:00 . Program Agrosilvopastura, PEPC Inisiasi Kesadaran Kolektif Masyarakat Lestarikan Lingkungan   |   12:00 . Momen Hari Bhayangkara, Bupati Anna Ucapkan Selamat Kepada Pejuang Indonesia   |  
Sat, 02 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ridwan Asmaka Seniman Muda Bojonegoro Pegiat Pantomim dan Literasi Anak

blokbojonegoro.com | Monday, 14 March 2022 18:00

Ridwan Asmaka Seniman Muda Bojonegoro Pegiat Pantomim dan Literasi Anak

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Agung Ridwan Asmaka (27) Pemuda asal Ngroworejo, Bojonegoro, selain dikenal sebagai seniman, juga dikenal sebagai pegiat literasi anak. Hal inilah terbukti dari beragam segudang aktivitas dan pengalaman yang ia miliki. 

Mulanya terjun di dunia seni pantomim sejak bulan Oktober 2018. Berawal dari ajakan seorang kawan untuk pentas pantomim di malam pantomim 2018. "Awalnya ikut malam pantomim yang diadakan oleh Mas Takim Kok Gito-gito. Ternyata sampai sekarang makin ketagihan," ungkap Pemuda asal Ngroworejo.

Sosok Agung Ridwan tak asing di mata seniman Bojonegoro. Pasalnya ia mudah ditemui saat car free day (CFD) Alun-Alun Bojonegoro, sembari tersenyum dan kerap membacakan dongeng kepada para pengunjung CDF. 

"Aktif di dunia pantomim cukup menyenangkan, karena bisa menambah hubungan persaudaraan. Bisa bermain sama anak-anak dan mengajarkan pantomim," ucapnya. 

Pemuda yang memiliki hobi main game online ini bercerita, setiap bulannya ia bahkan kerap berkeliling Kota untuk menghibur anak-anak. Bahkan jadwal road show Bulan ini sendiri ada beberapa Kota Jawa Timur dan Jawa Tengah yang menantinya. Di antaranya Bojonegoro, Tuban, Gresik dan Cepu hingga Pasuruan. 

"Ada tarif yang sudah saya sepakati. Apabila tidak kuat kuat membayar dengan tarif yang ditentukan, boleh memberi semampunya. Yang kurang bisa menjadi sedekah," imbuh Ridwan Asmaka. 

Selan aktif pada dunia seni pantomim, Agung juga aktif menggerakkan dunia literasi anak. Terbukti dari sederet aktivitas yang ia dirikan, diantaranya inisiator perpustakaan keliling menggunakan becak yang berbayar kan sampah/Perpus Gatda, Les Basa atau Bayar sampah. Serta inisiator dunia imajinasi hingga pelatih ekstra pantomim di berbagai sekolah. 

"Kalau ekstrakurikuler pantomim diselingi mendongeng juga, selain itu juga menjual wayang karya mbah joni. Dan bekerjasama dengan sekolah untuk pengembangan dunia literasi dan seni," ujar pemuda yang memiliki hobi travelling. 

Dari sederet pengalaman selama menjajaki dunia seni dan literasi di Bojonegoro. Menariknya, Agung juga pernah diundang di berbagai program acara stasiun televisi swasta Nasional sebagai narasumber. 

Bahkan Agung juga pernah menjadi Runner Up Pemuda Pelopor Tingkat Jawa Timur 2020, dan Juara 7 Festival Literasi Indonesia dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional 2020.

"Harapannya bermunculan kawula muda maupun anak-anak yang menjadi pantomimer, dan pegiat literasi dengan keunikan yang dimiliki. Terutama untuk menebar bahagia dan kebermanfaatan," harap Alumnus IKIP PGRI Bojonegoro. [liz/ito]

 

Tag : Pantomim, Bojonegoro, Agung, cfd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat