18:00 . Secara Resmi Bupati Anna Serahkan 28 Unit Kendaraan Dinas Camat   |   16:00 . Dewan Pengupahan Rencanakan Kenaikan UMK 2023 Sebesar 3,4 Persen   |   13:00 . Desainer Yustin Mariani Bangga Rancangannya Tampil di BNFF   |   20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Balen Jelajahi Makam Walisongo Pakai Motor Butut

blokbojonegoro.com | Thursday, 18 August 2022 12:00

Warga Balen Jelajahi Makam Walisongo Pakai Motor Butut

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Seorang pria asal warga Desa Bulaklo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Mukhlasin memenuhi nadzarnya yang berkeinginan untuk keliling Walisongo dari ujung timur Kota Surabaya hingga ujung barat yakni makam Sunan Gunung Jati di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Sebelumnya, saat kakinya sakit, Mukhlasin bernadzar bahwa jika kakinya sudah sembuh, akan berziarah ke Walisongo dengan menggunakan motor merk L2 G tahun 1974, ia mengawali perjalanannya dari Kota Surabaya, yakni di Makam Sunan Ampel, Kamis (11/8/2022) lalu.

“Saya mengawali perjalanan pada pagi hari, dan pertama ziarah ke makam Sunan Ampel, selanjutnya berjalan ke barat menuju Kabupaten Gresik di Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri,” ujarnya saat dihubungi blokBojonegoro.com.

Kemudian, usai dari kedua makam wali yang berada di Kabupaten Gresik, dirinya langsung melanjutkan ke Kabupaten Lamongan, menuju ke Makam Sunan Drajat. Tak sampai disitu, ia langsung melanjutkan perjalanan ke makam Syekh Ibrahim Asmoroqondi dan bermalam di situ.

Esok hari Jumat (12/8/2022), Mukhlasin melanjutkan perjalanan ke makam Sunan Bonang di Tuban, selanjutnya dia berjalan sejauh kurang lebih 160 kilometer ke Kabupaten Kudus menuju makam Sunan Kudus. Kemudian, ia langsung menuju ke Kabupaten Cirebon yakni di makam Sunan Gunung Jati.

“Alhamdulillah dari Surabaya hingga Cirebon sudah terpenuhi, memang itu janji saya ketika kaki saya sudah sembuh, akan berziarah ke Walisongo menggunakan motor,” ungkapnya.

Tak berhenti disitu, dirinya melanjutkan perjalanan ke Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2022, dirinya juga mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 di Tugu Monumen Nasional (Monas) di Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Mukhlasin mengaku, ketika di DKI Jakarta dirinya juga ingin bertemu dengan Baim Wong dan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. Namun, kedua usahanya tersebut gagal. Padahal ia sudah berusaha mendatangi Kantor Mensos dan Rumah Baim Wong, tetapi hasilnya nihil, tidak bisa berjumpa dengan kedua orang tersebut.

“Saya sudah menyerah untuk berusaha menemui kedua orang tersebut, dan akhirnya saya memutuskan untuk kembali pulang,” katanya dengan nada letih.

Dirinya mengaku, pada (17/8/2022) malam, ia baru sampai Polsek Pemanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, dan ia beristirahat di tempat tersebut, guna melanjutkan perjalanan pulang pada esok pagi.

Sementara, disinggung mengenai bekal, ia mengaku tidak membawa bekal berupa makanan atau barang lainnya. Tetapi, ia hanya membawa uang saku sebesar Rp2,8 Juta, untuk keperluan selama perjalanan, baik untuk kebutuhan motor ataupun makan.

“Saat ini, uang saku saya masih tersisa Rp1,2 Juta, untuk melanjutkan perjalanan pulang ke kampung halaman,” pungkasnya. [riz/mu]

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

 

Tag : ziarah wali songo, perjalanan ke wali songo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat