22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kabupaten Bojonegoro Terima Kunjungan Tim Verlap Jatim, Optimis Meraih Swasti Saba Wistara

blokbojonegoro.com | Wednesday, 14 September 2022 15:00

Kabupaten Bojonegoro Terima Kunjungan Tim Verlap Jatim, Optimis Meraih Swasti Saba Wistara Penerimaan Tim Verlap Jatim di Lantai 6 Gedung Pemkab Bojonegoro. (Foto: FKS untuk blokBojonegoro.com)


Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menerima kunjungan lapangan Tim Pembina dan Tim Verifikator Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Provinsi Jawa Timur, Selasa (13/9/2022) di ruang Creative Room, Lantai 6 Gedung Pemkab Bojonegoro. Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Pemkab Bojonegoro, Tim Verifikator KKS Provinsi Jawa Timur, Asisten I dan II Setda, Forum Kabupaten Sehat (FKS), dan Kepala OPD terkait.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro Nurul Azizah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bojonegoro sudah luar biasa, terdapat beberapa peningkatan dalam rangka mensukseskan menjadi Kabupaten Sehat. Hal tersebut sejalan dengan program prioritas Pemkab Bojonegoro.

"Kabupaten Bojoneogoro di tahun 2021 telah ditetapkan sebagai Kabupaten ODF. Karena telah menyelesaian pembuatan jamban baik dari masyarakat sendiri sebagai gerakan memperbaiki hidup secara sehat maupun adanya dukungan dari Pemkab," ujar Nurul Azizah.

Kehadiran Tim Verlap KKS kali ini, kata Nurul, ini adalah untuk menilai 9 tatanan. Mulai dari kehidupan masyarakat, pemukiman dan rumah, pasar rakyat, sekolah/madrasah sehat, pariwisata sehat, transportasi tertib, lalin, jalan sehat, perkantoran sehat, perlindungan sosial dan pencegahan penanganan bencana.

Sekda Nurul juga menjelaskan, bahwa sembilan tatanan tersebut sudah masuk dalam 17 Program Prioritas Ibu Bupati Bojonegoro yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Bertahap untuk meningkatkan semua infrastruktur sebagai sarana menuju Kabupaten Sehat, dengan capaian seluruh infrastruktur jalan-jalan yang dahulu belum baik, saat ini sudah kita rasakan baik (nglenyer).

Program Ibu Bupati Anna adalah untuk mensejahterakan masyarakat yang dimulai dari pemukiman sehat, transportasi lancar, pembangunan sanitasi, Program Petani Mandiri (KPM), Kartu Pedagang Produktif (KPP). Sehingga angka kemiskinan endingnya  secara bertahap berkurang dan kemakmuran meningkat.

"Selanjutnya untuk mendukung IPM, yang saat ini 69,04 terdapat kenaikan 0,55 menjadi 69,59 dimana merupakan ranking 5 tingkat Jawa Timur. Hal tersebut didukung adanya 3 jenis beasiswa pendidikan dari Pemkab. Dan jika dibandingkan dengan kabupaten lain, postur APBD Kab. Bojonegoro tertinggi nomor 2 di Jawa Timur sekitar 7 triliun. Bojonegoro juga satu-satunya peraih UHC 99,01 di tahun 2021. Tahun depan juga akan dilaksanakan kerjasama dengan RSPAD Gatot Subroto untuk pelayanan DSA dan di Talok Residence akan menjadi RS Onkologi untuk penanganan kanker," ulasnya.

Sekda Nurul berharap semua capaian Kabupaten Sehat yang telah disuguhkan oleh Pemkab Bojonegoro, nantinya setelah dilaksanakan verifikasi oleh Tim KSS, hasilnya tidak jauh berbeda.

"Karena yang disuguhkan adalah benar-benar hasil di lapangan yang dituangkan dalam format administrasi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Verlap KKS Provinsi Jatim, Ahmat mengatakan secara garis umum dengan melihat dokumen dan paparan yang merupakan penilaian mandiri dan telah disampaikan oleh Pemkab Bojonegoro, jika merujuk konsep Kemendagri yaitu ada prasyarat dan nilai tatanan.

"Dari sisi prasyarat untuk menjadi Swasti Saba Wistara telah memenuhi karena 100% sudah ODF. Namun sisi lain konsep baru untuk kategori Padapa nilai 71-80, Wiwerda nilai 81-90, dan Wistara 91-100. Jika ingin mencapai Wiwerda maka nilai masing-masing tatanan minimal 91. Itu sebagai gambaran jika ingin lompat ke Wistara. Verlap provinsi ini adalah batu loncatan untuk memacu peningkatan menuju verlap tingkat nasional di tahun 2023. Kita masih punya kesempatan untuk memperbaiki angka-angka itu sampai akhir Mei 2023," kata Ahmat menerangkan.

Selepas penerimaan tim verlap KKS di Pemkab Bojonegoro tersebut, sesuai jadwal Tim I melakukan verlap ke lokus Sekretariat FKS, dan Pasar Banjarjo. Selanjutnya, rombongan melakukan verlap ke lokus SMAN 1 Padangan, Terminal Padangan, dan Rumah Tua Padangan. Di akhir kegiatan, dilakukan evaluasi di pendapa kantor Kecamatan Padangan.

"Kunjungan tim hari ini merupakan pembinaan. Ada beberapa catatan dari hasil evaluasi, harapannya setelah ini bisa dilengkapi, waktunya juga masih panjang. Sehingga pada saat penilaian di tahun 2023 mendatang bisa mendapatkan nilai yang maksimal," kata Ahmat, saat menyampaikan hasil evaluasi di Pendapa Kecamatan Padangan. [feb/ito]


Kunjungan Tim Verlap di Terminal Padangan. (Foto: FKS untuk blokBojonegoro.com)

Tag : fks, bojonegoro, Swasti Saba Wistara, verlap, jatim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat