07:00 . Sambut Hari Bhayangkara, Polsek Kapas Gotong Royong dan Bantu Masjid   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |  
Sat, 15 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pentingnya Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Media Sosial, Psikolog: Wajib Ikut Alur Kesukaan Anak

blokbojonegoro.com | Thursday, 15 September 2022 07:00

Pentingnya Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Media Sosial, Psikolog: Wajib Ikut Alur Kesukaan Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Tidak bisa dipungkiri media sosial, khususnya Instagram saat ini hampir semua dipenuhi oleh generasi muda. Di media sosial, seorang anak dapat dengan mudah melihat berbagai hal, bahkan sesuatu yang negatif. Untuk itu, sangat penting mengontrol penggunaan media sosial anak, khususnya yang di bawah umur.

Dalam hal ini, psikolog mengatakan peran orang tua sangat penting untuk melakukan pengawasan terhadap anak di media sosial. Orang tua harus bisa mengawasi penggunaan media sosial anak agar terhindar dari berbagai hal negatif yang ada.

Psikolog Klinis Anak dan Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. mengatakan, pada dasarnya untuk menjaga penggunaan media sosial kepada anak, orang tua harus bisa komunikasi dengan anak.

Menurutnya, dengan mengikuti hal-hal yang anak suka di media sosial dapat membantu menciptakan lingkungan dunia maya yang sehat. Selain itu, anak juga dinilai akan lebih terbuka kepada orang tua.

“Remaja itu enggak suka dikontrol, jadi orang tua lebih pengawasan tapi berjalan bersama juga. Jadi orang tua bisa follow hal yang anaknya ikuti di media sosial, terus bisa dijadikan bahan komunikasi bersama anak,” tutur Vera.

Tidak hanya itu, Vera menambahkan, pola pikir orang tua juga penting untuk diubah. Pasalnya, jika mendengar media sosial, saat ini yang tergambar pada hal-hal negatif. Padahal, media sosial dapat menjadi sarana anak untuk melakukan berbagai hal positif

“Kita sebagai orang tua mau mindset-nya harus diubah tentang media sosial, banyak yang mikir negatifnya, padahal itu juga bisa dijadikan hal positif. Nah kita sebagai orang tua fokus pada manfaat positif tersebut kepada anak," terangnya.

Di kesempatan yang sama, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga mengatakan, anak berhak mendapatkan berbagai informasi dengan pemanfaatan gawai yang ada. Hanya saja, menurutnya orang tua harus membantu memilah hal yang baik diterima dan tidak untuk anak.

“Mendapat informasi adalah hak anak yang harus dipenuhi orang dewasa. Namun, penting juga dijelaskan konsekuensi yang ada di media sosial. Untuk itu, pemanfaatan gawai harus dipantau agar anak siap mental menggunakannya termasuk memilah mana yang baik dan tidak,” ucap Bintang dalam sambutannya secara virtual pada Peluncuran Kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital, Selasa (13/9/2022).

Meski demikian, nyatanya pengawasan orang tua juga saat ini masih terbatas. Melihat adanya permasalahan tersebut, Instagram ciptakan fitur yang membantu orang tua untuk melakukan pengawasan kepada anak-anaknya

Head of Instagram Policy Programs Asia Pacific, Tara Bedi mengatakan, pihaknya melihat betapa pentingnya sebuah pengawasan orang tua dalam media sosial. Ia mengatakan, pihaknya akan terus menciptakan berbagai fitur yang membantu penggunaan media sosial secara sehat bagi orang tua dan anak.

“Kami terus meluncurkan fitur-fitur keamanan agar pengguna bisa membangun pengalaman yang positif. Kami berharap ini bisa membantu perjalanan mereka sebagai orang tua dari generasi yang aktif memakai media sosial,” jelas Tara.

Di fitur terbaru nantinya, akun anak dan orang tua bisa terhubung satu sama lain. Orang tua dapat melihat berbagai aktivitas anak, termasuk siapa yang diblokir olehnya.

Namun, semua fitur ini dilakukan berdasarkan persetujuan kedua belah pihak. Untuk itu, para orang tua tetap diminta berkomunikasi dan meminta persetujuan anak menggunakan fitur tersebut.

*Sumber: suara.com

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News  

 

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat