17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   15:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   13:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   12:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   12:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   07:00 . Kisah Pemilik Usaha Nasi Pecel Pincuk Daun Jati, Usahanya Moncer Berkat KUR BRI   |   06:00 . Remaja di Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik saat Bersihkan Ranting Pohon   |   17:00 . Setyo Wahono Disebut Angin Segar bagi Dunia Usaha dan Investasi Bojonegoro   |   15:00 . Demokrat Bojonegoro Bakal Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   14:00 . Wahono-Nurul Diisukan Berpasangan, Pengamat Politik: Peluang Besar untuk Menang   |   12:00 . Banggar DPRD Bojonegoro Sempat Tolak Pengadaan Mobil Siaga: Desa Belum Mampu Kelola BKK   |  
Sat, 20 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Cara Mengobati Biduran dengan Bahan Alami

blokbojonegoro.com | Monday, 12 September 2022 07:00

4 Cara Mengobati Biduran dengan Bahan Alami

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Biduran adalah jenis penyakit kulit yang bisa sangat mengganggu dan sangat membuat tidak nyaman. Jika kamu terkena biduran, jangan panik dulu. Kamu bisa menggunakan beberapa cara mengobati biduran seperti berikut ini.

Sebelum membahas cara mengobati biduran, mari simak terlebih dulu pengertian biduran, penyebab dan beberapa gejalanya.

Pengertian, Gejala, dan Penyebab

Menurut American College of Allergy, Asthma & Immunology, biduran merupakan masalah kulit yang dikenal juga dengan nama urtikaria. Penyakit ini memiliki beberapa gejala berupa benjolan kemerahan, yang mana benjelon kemerahan ini jika ditekan akan berubah warna jadi putih.

Penyebab biduran ini umumnya disebabkan oleh beberapa hal. Adapun beberapa penyebabnyab sebagai berikut:

- efek samping obat
- alergi makanan tertentu
- udara yang terlalu dingin atau panas
- gigitan serangga
- kena getah tanaman
- paparan sinar matahari
- transfusi darah

Selain beberapa penyebab di atas, biduran bisa juga disebabkan oleh beberapa hal seperti: penyakit hepatiri, infeksi virus dan bakteri, alergi tanaman dan serbuk sarinya, serta alergi bulu binatang.

Cara Mengobati Biduran

Kalau kamu tidak ingin pakai obat-obatan kimia untuk mengobati biduran, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami beberapa bahan alami seperti berikut ini.

1. Hindari produk yang dapat picu alergi

Cara alami yang juga bisa kamu lakukan untuk obati biduran yaitu menghindari produk yang dapat memicu alergi. Jika tetap menggunakannya, itu bisa membuat biduran semakin parah.

Pastikan juga kamu menggunakan sabun khusus kulit sensitif, bebas pewangi, dan tidak mengandung bahan kimia. Oleskan juga lotion khusus kulit sensitif usai mandi.

2. Kompres dingin

Melansir dari Healthline, kompres dingin bisa jadi cara alami untuk mengobati biduran. Adapun caranya yaitu siapkan es batu dibungkus handuk, kemudian oleskan pada aera terdampak sekitar 10 menit.

3. Tubuh dalam kondisi dingin

Cara obati biduran tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia yaitu pastikan agar tubuh kamu dalam kondisi dingin. Pasalnya, suhu tubuh yang gerah atau panas dapat memperparah gejala biduran.

Oleh karena itu, pastikan agar suhu ruangan selalu dingin. Selain itu, pastikan juga agar  meminimalisir duduk lama-lama di luar ruangan yang  terpapar sinar matahari langsung.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat alami. Lidah buaya ini memiliki kandungan anti peradangan dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Kamu bisa mengoleakan lidah buaya pada bagian yang terkena biduran.

Demikian 4 cara mengobati biduran dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu coba. Jika setelah menggunakan beberapa cara di atas biduran masih belum sembuh, sebaiknya segera  konsultasikan ke dokter agar lekas mendapatkan penanganan yang tepat.

*Sumber: suara.com

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News  

 

 

Tag : cara mengobati biduran, biduran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat