09:00 . Persentase Pelunasan BIPIH 2024 Jatim Capai 75,49 Persen   |   08:00 . Perpanjangan Pelunasan BIPIH Tahap I Sisa 2 Hari, 350 CJH Bojonegoro Belum Lunas   |   17:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Ular Sanca 3,5 Meter Makan Kucing   |   16:00 . ODGJ di Bojonegoro Ngamuk di Jalan Veteran, Sejumlah Orang Dipukul Pakai Kayu   |   14:00 . KPPN Bojonegoro Sebut Realisasi Pendapatan Negara Masih Defisit, Begini Rinciannya   |   12:00 . Total Anak yang Divaksin Polio di Bojonegoro Capai 27,7 Persen   |   11:00 . Dorong Terwujudnya Peningkatan Pelayanan Publik Lewat Orientasi PPPK Angkatan I-IX   |   10:00 . Kapolres Bojonegoro: Sebelum Dikeroyok Korban Sempat Acungkan Gear Motor   |   09:00 . Lengkap! Pengakuan Saksi, Orang Tua, dan Polisi Soal Pengeroyokan Pelajar di Bojonegoro   |   08:00 . Pj Adriyanto Pimpin Apel Peringatan HUT Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran   |   20:00 . PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG   |   19:00 . 5 Desa/Kelurahan di Kecamatan Bojonegoro Rekap Hasil Penghitungan Perolehan Suara   |   18:00 . Enam Pelaku Pengeroyokan Pelajar SMA di Bojonegoro Masih Buronan   |   17:00 . Caleg di Bojonegoro Perebutkan 50 Kursi Legislatif   |   16:00 . UDD PMI Bojonegoro Kuatkan Kapasitas Koordinator Donor Darah   |  
Wed, 21 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas

blokbojonegoro.com | Friday, 02 December 2022 18:00

Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas

 

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) harus sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis).

Untuk itu komitmen kuat dari pimpinan, mewujudkan budaya kerja anti korupsi. Serta memahami dan melaksanakan kegiatan sesuai ketentuan, peraturan perundang-undangan yang menjadi acuan penting.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah lewat virtual menyampaikan, agar pengelolaan dana bos harus mengedepankan integritas dan akuntabilitas.

Dana bos tidak boleh digunakan diluar peruntukannya, penanggung jawab dana BOS di masing-masing lembaga sekolah harus selalu mengikuti prosedur dan juknis yang berlaku. 

"Dana bos bukan untuk pengelolanya, melainkan untuk peningkatan operasional. Jika menemukan penggunaan diluar regulasi, tolak dan jangan takut," ungkap Bupati Anna. 

Namun, apabila menemukan penyimpangan segera lapor. Bupati juga berharap, dengan pembelajaran dan sistem yang semakin baik. "Ayo, mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya tanpa ada unsur penyimpangan, kesengajaan ataupun niat," pesan Bupati Anna. 

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bojonegoro Badrut Tamam menyampaikan, Nabi Muhammad SAW pernah memberikan sebuah nasihat kepada salah seorang sahabat yang mulia yaitu Abu Dzarr. Beliau bersabda, "Katakan yang benar sekalipun itu pahit." (HR. Imam Baihaqi, Ibnu Hibban, no. 2041).

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh unsur agar mendalami bahwa kebiasaan belum tentu benar. Tetapi yang harus diubah ialah membiasakan kebenaran. Selain itu, ada tiga langkah membangun budaya anti korupsi guna mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang bersih bebas dari KKN. 

"Pertama, komitmen kuat pada pimpinan tertinggi. Kedua, perubahan pola pikir dan mewujudkan budaya kerja yang anti korupsi. Dan ketiga, memahami dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan," sambung Kajari. 

Kajari, juga membuka kesempatan kepada insan dunia pendidikan untuk konsultasi gratis terkait permasalahan hukum di Kejari Bojonegoro, salah satunya melalui satu pintu. Selain itu, Kejari Bojonegoro sampai saat ini sudah mendapat predikat WBK menuju WBBM.

“Jika ingin membangun sekolah, misal ada kendala. Kejari memberikan penerangan konsultasi hukum secara gratis. Ada bagiannya melalui PTSP, nanti dari PTSP akan diarahkan mau konsultasi tentang apa. Baik itu masalah perdata maupun tindak pidana berkaitan korupsi," terangnya.  

Kajari meminta agar dunia pendidikan mengedepankan budaya anti korupsi. Khususnya dalam pengelolaan dana bos harus berkomitmen menerapkan budaya anti korupsi. "Dengan cara menjauhkan diri dari potensi penyelewengan, serta menjaga diri untuk selalu dalam mindset taat prosedur dan taat regulasi," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Pengelolaan, dana, bos



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat