18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos

blokbojonegoro.com | Tuesday, 06 December 2022 18:00

Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak  Bermedsos

 

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Berbagai cara dilakukan oleh penipu untuk melancarkan aksinya, terlebih dengan berkembangnya teknologi saat ini. Seperti yang akhir-akhir ini terjadi, dunia maya digegerkan dengan adanya modus penipuan lewat ekspedisi kurir paket yang berujung bisa melenyapkan saldo rekening.

Seperti yang diposting oleh instagram dengan username @bojonegoromatoh_ postingan tersebut menampilkan sebuah chating di aplikasi whatsapp yang mengaku kurir yang hendak mengirimkan paketnya, dengan melampirkan dokumen aplikasi yang menampilkan resi paket tersebut.

Namun,saat dibuka dan diinstal, ternyata aplikasi tersebut justru meretas dan menguras Mobile Banking orang yang menginstal aplikasi.

“Ini modus kejahatan siber yang baru. Pelaku pura-pura dari jasa ekspedisi lalu mengirimkan file dengan ekstensi APK. Kalau tidak jeli dan hanya melihat judul file, bakal terkecoh pingin nge-klik dan unduh file nya. Perhatikan dulu ekstensinya apa. File dengan ekstensi APK adalah aplikasi yang berjalan untuk OS android,” tulis postingan dengan 1600 like tersebut.

Lebih lanjut, dalam kasus ini, sejumlah korban terlanjur mengunduh file dan tanpa sepengetahuan dari korban, saldo di aplikasi M-Banking tiba-tiba ludes. Dan korban mengaku, tidak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun dan mengisi user Id maupun password pada situs lain.

“Diduga file yang dikirimkan oleh pelaku dan diunduh oleh korban tersebut adalah exploit yang berjalan di latar belakang untuk mengambil data korban (seperti aplikasi perbankan yang dibuka oleh korban lalu mengintip user ID dan password), atau istilah dalam dunia hacking disebut SNIFFING,” lanjut postingan yang mendapatkan 76 komentar netizen itu.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bojonegoro, AKP Girindra Wardhana Akbar Ramdhani mengungkapkan, hingga kini belum ada warga masyarakat khususnya Bojonegoro yang melaporkan kejadian serupa ke Polres Bojonegoro.

“Tidak ada,” ujarnya singkat kepada blokBojonegoro.com, Selasa (6/12/2022).

Pihaknya juga menghimbau, kepada masyarakat Bojonegoro agar lebih hati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos) baik Whatsapp ataupun yang lain, serta jangan mudah tergiur dengan iming-iming atau pancingan seperti chat tersebut.

“Kami mengimbau, agar lebih hati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial baik whatsapp dan yang lain-lain. Jangan mudah percaya dengan iming-iming atau pancingan seperti chat tersebut,” pungkasnya. [riz/lis]

 

Tag : Medsos, penipuan, digital



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat