15:00 . Jalur Zonasi Ditutup, Jumlah Pendaftar Sekolah Ini Masih Kurang dari Pagu   |   14:00 . Mayat Warga Ngawi Ditemukan Mengapung di Bengawan Solo Bojonegoro   |   12:00 . Bulan Puasa, Okupansi Hotel di Bojonegoro Rendah   |   10:00 . Siaga 1, TMA Bengawan Solo di Bojonegoro Terus Meningkat   |   08:00 . 123,8 juta Warga Indonesia Diprediksi akan Mudik Lebaran Tahun Ini   |   19:00 . Puluhan Ribu Warga Bojonegoro Diperkirakan Akan Mudik, Ini Persiapan Dishub   |   18:00 . UDD PMI Pastikan Stok Darah di Bojonegoro Aman Selama Dua Pekan Mendatang   |   15:00 . Peminat PPDB SMPN Jalur Afirmasi Tahun Ini Cukup Banyak   |   14:00 . PPDB Jalur Zonasi, SMP Negeri 1 Bojonegoro Kelebihan Kuota   |   13:00 . Update Terbaru, 69 Desa dan 16 Kecamatan Terdampak Tol Ngaroban   |   08:00 . Ini 5 Manfaat Puasa Ramadan bagi Kesehatan Tubuh   |   20:00 . Program Mudik Bareng, Pemprov Jatim Sediakan 2 Bus Tujuan Bojonegoro   |   19:00 . Setahun Dijabat Plt, Camat Trucuk Ditetapkan Menjadi Kepala Dinas Kominfo   |   18:00 . Jelang Lebaran, Pesanan Ukiran Kaligrafi Pak Tris Meningkat   |   17:00 . AMSI Gelar Workshop Sosialisasikan Indikator Kepercayaan Publik untuk Anggotanya   |  
Sun, 02 April 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos

blokbojonegoro.com | Tuesday, 06 December 2022 18:00

Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak  Bermedsos

 

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Berbagai cara dilakukan oleh penipu untuk melancarkan aksinya, terlebih dengan berkembangnya teknologi saat ini. Seperti yang akhir-akhir ini terjadi, dunia maya digegerkan dengan adanya modus penipuan lewat ekspedisi kurir paket yang berujung bisa melenyapkan saldo rekening.

Seperti yang diposting oleh instagram dengan username @bojonegoromatoh_ postingan tersebut menampilkan sebuah chating di aplikasi whatsapp yang mengaku kurir yang hendak mengirimkan paketnya, dengan melampirkan dokumen aplikasi yang menampilkan resi paket tersebut.

Namun,saat dibuka dan diinstal, ternyata aplikasi tersebut justru meretas dan menguras Mobile Banking orang yang menginstal aplikasi.

“Ini modus kejahatan siber yang baru. Pelaku pura-pura dari jasa ekspedisi lalu mengirimkan file dengan ekstensi APK. Kalau tidak jeli dan hanya melihat judul file, bakal terkecoh pingin nge-klik dan unduh file nya. Perhatikan dulu ekstensinya apa. File dengan ekstensi APK adalah aplikasi yang berjalan untuk OS android,” tulis postingan dengan 1600 like tersebut.

Lebih lanjut, dalam kasus ini, sejumlah korban terlanjur mengunduh file dan tanpa sepengetahuan dari korban, saldo di aplikasi M-Banking tiba-tiba ludes. Dan korban mengaku, tidak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun dan mengisi user Id maupun password pada situs lain.

“Diduga file yang dikirimkan oleh pelaku dan diunduh oleh korban tersebut adalah exploit yang berjalan di latar belakang untuk mengambil data korban (seperti aplikasi perbankan yang dibuka oleh korban lalu mengintip user ID dan password), atau istilah dalam dunia hacking disebut SNIFFING,” lanjut postingan yang mendapatkan 76 komentar netizen itu.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bojonegoro, AKP Girindra Wardhana Akbar Ramdhani mengungkapkan, hingga kini belum ada warga masyarakat khususnya Bojonegoro yang melaporkan kejadian serupa ke Polres Bojonegoro.

“Tidak ada,” ujarnya singkat kepada blokBojonegoro.com, Selasa (6/12/2022).

Pihaknya juga menghimbau, kepada masyarakat Bojonegoro agar lebih hati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos) baik Whatsapp ataupun yang lain, serta jangan mudah tergiur dengan iming-iming atau pancingan seperti chat tersebut.

“Kami mengimbau, agar lebih hati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial baik whatsapp dan yang lain-lain. Jangan mudah percaya dengan iming-iming atau pancingan seperti chat tersebut,” pungkasnya. [riz/lis]

 

Tag : Medsos, penipuan, digital



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more