19:00 . Kapolsek: Jenazah Masih Diperiksa, Akan Dimakamkan Besok   |   18:00 . Hampir Sepekan Tidak Keluar, Pemuda Sebatang Kara ini Ditemukan Meninggal Dunia   |   14:00 . Inilah 6 Dapil di Bojonegoro   |   12:00 . Gerbong Mutasi Bergulir, Dua Kabag dan Satu Kasat Diganti   |   11:00 . 2.472 Jamaah Tahlil di Bojonegoro Sudah Terima Bansos Keagamaan   |   10:00 . Lho...!!! Baru Awal Tahun Ratusan Istri Gugat Cerai   |   09:00 . Momentum 1 Abad NU, MUI Bojonegoro: Ikon Utuhnya NKRI   |   08:00 . JTB Dikembangkan Pertamina EP Cepu Resmi Salurkan Energi Jatim dan Jateng   |   07:00 . 5 Cara Mengatasi Perasaan Insecure agar Lebih Percaya Diri   |   20:00 . Munajat di Makam Syaikhona Kholil Bangkalan   |   19:00 . Ijazahan Manaqib Jawahirul Ma'ani   |   18:00 . Manaqib Taman Sholaya Ziarah dan Ijazahan Jawahirul Ma'ani   |   14:00 . Menteri ESDM: Penerimaan Negara dari Lapangan Gas JTB Rp23,1 Triliun   |   13:00 . Wapres Sampaikan 4 Strategi Tingkatkan Pemanfaatan Migas di Era Transisi Energi   |   12:00 . Tekan Tombol Sirine, Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Lapangan Gas JTB   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kasus Dugaan Korupsi APDes

Hari Ini, Kades Deling Ditetapkan sebagai Tersangka

blokbojonegoro.com | Thursday, 29 December 2022 14:00

Hari Ini, Kades Deling Ditetapkan sebagai Tersangka

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Kasus dugaan korupsi Anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro menemui titik terang. Hari ini (29/12/2022), Kepala Desa (Kades) Deling, NH kini ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus tersebut.

Tampak, sejak pukul 09.00 WIB NH datang ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro untuk melakukan pemeriksaan. Kemudian, hingga pukul 13.30 WIB Kades Perempuan tersebut keluar menggunakan rompi tahanan Kejari, dan selanjutnya dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Bojonegoro untuk dilakukan penahanan.

Kepala Kejari (Kajari) Bojonegoro, Badrut Tamam mengungkapkan, usai dilakukan pemeriksaan terhadap belasan saksi, dan kini Kades Deling telah ditetapkan sebagai tersangka. Dan kini tersangka ditahan di Lapas Bojonegoro selama 20 hari.

“Hari ini tim penyidik telah memeriksa saksi, kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Kemudian kami tahan selama 20 hari di Lapas,” ungkap Kajari.

Lebih lanjut, tersangka ditetapkan karena telah menyelewengkan dana APBDes kuranglebih Rp.3 Milyar rupiah dari sebanyak 16 kegiatan. Sementara dari hasil penghituhan oleh Inspektorat, akibatnya kerugian negara mencapai kurang lebih Rp400 Juta.

“Dari 16 kegiatan tersebut tersangka melakukan bersama dengan beberapa pihak lainnya, dan tersangka melakukan manipulasi dengan cara merekayasa Surat Pertanggungjawaban (SPJ) diakhir kegiatan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya kasus tersebut dilaporkan pada Januari 2022. bedasarkan data yang dihimpun dugaan penyalahgunaan pengelolaan keuangan untuk pengerjaan pembangunan fisik Desa Deling yang bersumber dari APBDes 2021 senilai kurang lebih Rp3 Miliar.

Pengerjaan pembangunan fisik itu diantaranya untuk pembangunan fisik berupa MCK dari program Open Defecation Free (ODF), Jalan rigid paving, hingga jembatan. Bantuan pembangunan itu dilakukan sejak Januari 2021.

Pembangunan melalui tiga pos anggaran yakni dari Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD), dari Dana Desa (DD) dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKP Cipta Karya. [riz/ito]

Tag : dugaan, korupsi, kades, deling



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more