15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Nizam, Bibit Atlet Bulutangkis dari Kepohbaru

blokbojonegoro.com | Wednesday, 13 September 2023 16:00

Nizam, Bibit Atlet Bulutangkis dari Kepohbaru

Pengirim: Slamet Widodo, S.Pd.*

blokbojonegoro.com - Tak ada kesuksesan dan prestasi yang didapat secara instan. Karena, semuanya butuh proses, latihan rutin dan kerja keras. Hal itulah yang dirasakan Muhammad Nizam Azhar.

Siswa kelas VIII B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Bojonegoro ini memiliki cita-cita sebagai atlet bulu tangkis dan berhasil membawa pulang banyak piala.

Walaupun 'Cah Ndeso' yang tinggal di Desa Cengkir, Kecamatan Kepohbaru ini, namun prestasinya tak kalah dengan anak kota.

Nizam, panggilan akrabnya, mengidolakan Anthony Sinisuka Ginting. Saat ini ia tergabung dalam PB Babat Putra Club.

Tubuhnya mungil. Tinggi badannya 139 cm dan beratnya 39 kg. Namun tak menghalangi obsesinya untuk meraih juara.

Putra kedua dari pasangan Mad Lazim dan Yeny Aulya Rachma guru MI Islamiyah Sumberharjo ini, pada 16 Oktober nanti, usianya genap 13 tahun. 

Usianya tergolong masih belia, namun sudah mampu mengoleksi banyak piala. Piala yang berhasil diboyong pulang di antaranya:

1. Juara 2 tunggal pemula putra Kejurkab Lamongan 2023.

2. Juara 1 tunggal putra MTs se Bojonegoro 2023.

3. Juara 3 tunggal putra SMP/MTs Lamongan, Gresik, Bojonegoro di Glagah Lamongan, 2023.

4. Juara 2 tunggal putra se wilayah timur Bojonegoro, di Talun 2023.

5. Juara 3 ganda putra wilayah timur Bojonegoro, 2023.

Kesuksesan yang diraih Nizam tentunya tak lepas dari dukungan penuh dari kedua orang tuanya. Mereka mengarahkan putranya untuk menjadi atlet bulu tangkis, tentunya mereka memiliki harapan dan cita-cita tinggi.

“Untuk menyalurkan kegiatan yang positif. Selain itu untuk memanfaatkan usia anak dengan baik dan menumbuhkan kedisiplinan,” tutur Pak Lazim, guru Bahasa Inggris MTs Negeri 3 Bojonegoro ini.

Selain dukungan dari orang tua, lanjut Pak Lazim, tentunya juga hasil kerja keras, latihan disiplin yang dilakoni Nizam. “Hal itu juga tak lepas dari bimbingan Pak Di dan Pak Mamat, sebagai pelatih,” jelasnya.

Nizam menjalani tujuh kali latihan dalam seminggu di Gedung Garuda Babat. Yakni pukul 15.00 sampai pukul 17.00 di Babat. Kemudian pukul 18.00 sampai pukul 21.00 di Baureno.  

Untuk menambah pengalaman bertanding dan mengasah skill, ia sering mengikuti turnamen di luar kota. Di antaranya turnamen Bupati Cup Tulungagung, Piala Kapolda Jatim, Piala Kajati Jatim, Platinum Cup Malang, Bupati Cup Mojokerto dan masih banyak lagi. 

Memiliki banyak prestasi, tak membuat Nizam tinggi hati. Ia tetap anak yang sederhana dan ramah kepada teman-temannya.

Saat ditanya, bagaimana perasaanmu memiliki segudang prestasi?

“Tentunya bangga. Bisa mengharumkan nama club dan nama madrasah saya yang letaknya di desa,” terangnya.

Nizam menceritakan pengalaman bertanding yang paling berkesan. Yakni saat bertanding di final

P Porseni tingkat MTs 2023. Kebetulan lawannya teman satu club. “Tapi saya menang,” tuturnya sambil tersenyum.

Ada juga, lanjut Nizam, pengalaman pahit saat melawan atlet dari Club Sony Dwi Kuncoro pada turnamen SIRNAS A, Surabaya 2023. “Saya kalah,” kata pemilik motto 'Usaha Tak Akan Mengkhianati Hasil' ini.

Namun, dari kekalahan itu, ia bisa mengambil pelajaran, harus memperbanyak latihan dan power. Bukti bahwa Nizam memang seorang pejuang. [lis]

 *) Guru Matematika MTs Negeri 3 Bojonegoro

 

Tag : Atlet, bulutangkis, kecil



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat