13:00 . SATGAS KESEHATAN ATTANWIR Laksanakan Khitan   |   12:00 . 100 Anak Ikuti Khitanan Massal IKAMI ATTANWIR   |   11:00 . Dokter Spesialis Kesehatan jiwa RSUD Bojonegorp Bagi Tips Hidup Sehat Jauh dari Narkoba   |   10:00 . Cerita Utami Nasabah BRI Bojonegoro, Terlanjur Jatuh Hati Pilihkan Tabungan Masa Depan Anak Lewat BRI Junio   |   09:00 . KUR BRI Bojonegoro Dorong Kemajuan Klaster Petani Melon   |   08:00 . Harapkan Kerjasama Yang Baik, 18 Pantarlih Desa Tanjungharjo Dilantik   |   07:00 . 280 Kades Diperiksa Dugaan Korupsi Mobil Siaga: Kerugian Negara Terkumpul Rp3,1 Miliar   |   22:30 . 100 Anak Besok Pagi Ikuti Khitanan Massal   |   22:00 . Berjubel di Stand Bazar Alumni Attanwir   |   21:30 . Ribuan Pengunjung Padati Fesban   |   21:00 . Berikut 20 Pemain Persibo Bojonegoro yang Akan Diboyong Lawan Persebaya   |   20:30 . Meriahnya Festival Banjari IKAMI ATTANWIR   |   20:00 . Kontingen Bojonegoro Sabet Belasan Medali di Kejurprov IBC MMA Jatim   |   19:00 . BRI Makin Digandrungi Nasabah Millenial dan Gen Z   |   15:00 . Ketiga Kalinya, Kepala Bappeda Bojonegoro Diperiksa Dugaan Korupsi Mobil Siaga   |  
Tue, 25 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

MI Islamiyah Kepoh Gelar Munaqosah Tahfidz Juz 30 dan 100 Hadits Metode Yahqi

blokbojonegoro.com | Friday, 17 May 2024 07:00

MI Islamiyah Kepoh Gelar Munaqosah Tahfidz Juz 30 dan 100 Hadits Metode Yahqi

Oleh: Lailatul Nurul Hidayah

blokBojonegoro.com - Sebanyak 36 siswa kelas V MI Islamiyah Kepoh, Kepohbaru mengikuti munaqosah tahfidz juz 30 dan 100 hadits dengan metode Yahqi. Kegiatan yang menjadi program akhir tahun ini dilaksanakan di masjid besar Baitur Rahim desa Kepoh, Kecamatan Kepohbaru. 

Beradasarkan jadwal yang dirilis lembaga, kegiatan munaqosah tahfiz juz 30 tersebut berlangsung selama dua hari. Dimulai pada Rabu (15/5/2024) dan berakhir pada Kamis (16/5/2024). Sementara itu, munaqosah tahfiz 100 hadits beserta arti dan rawinya akan dilaksanakan pada Senin (20/5/20224) mendatang.

Kagiatan yang dibuka langsung oleh Kepala MII Kepoh ini dihadiri seluruh dewan guru, trainer metode Yahqi dan orang tua/wali. 

Pak Sumardi, Kepala MII Kepoh saat ditemui di kantornya mengatakan, tujuan diadakan munaqosah ini adalah untuk mengukur perolehan siswa dalam menghafal Al-Qur’an.

“Sejauh mana siswa dapat menghafal al-Qur’an juz 30, dan melafalkannya secara tartil dengan metode Yahqi,” tuturnya.

Selian itu, lanjut pria asal desa Jegreg, Modo, Lamongan ini, tahfidz merupakan salah satu program unggulan di madrasah yang ia pimpin.

“Juga untuk mengukur capaian anak sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh madrasah,” jelasnya.

Pada saat sambutan upacara pembukaan, Pak Mardi menjelaskan bahwa hafalan al-Qur’an merupakan anugerah dari Allah Swt. yang dititipkan di hati orang-orang pilihan.

“Karena itu, kita sebagai muslim-muslimah patut bersyukur atas titipan itu. Dan kita sebagai orang tua atau guru juga harus selalu men-support dan memberikan kesempatan anak-anak untuk selalu muroja’ah di rumah,” pesannya.

Sementara itu, Ustazah Nurul Fitria Zuliana, triner metode Yahqi kabupaten Bojonegoro, pembimbing siswa tahfidz ini berharap agar seluruh peserta bisa memperoleh hafalan sesuai target yang telah ditetapkan.

“Semoga semua peserta dapat mencapai tujuan munaqosah tersebut dengan baik,” tutur Ustazah Lina. 

Munaqosah dimulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang. Sebanyak 36 peserta dibagi menjadi 6 kelompok dengan rincian 3 kelompok putra dan 3 kelompok putri. Masing-masing kelompok beranggotakan 6 anak. Mereka mengikuti munaqosah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan selama dua hari.

Peserta munaqosah diuji langsung oleh Ustazah Lina, Orang tua/wali dan dewan guru. 

Usai mengikuti munaqosah, sebagai bentuk takzim dan ungkapan terima kasih anak-anak diberi kesempatan sungkem kepada orang tua/wali. Tak pelak, tangis haru pun pecah. [mu]

 

Tag : Tahfidz, siswa madrasah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat