20:00 . Laga Perdana Liga 2, Persibo Bojonegoro Taklukan Gresik United 2-1   |   19:00 . Live : Sanggrahan Bersholawat   |   18:00 . Alhamdulillah...! Groundbreaking Masjid Attanwir Resmi Dilakukan   |   17:00 . Undangan di Groundbreaking Masjid Attanwir   |   16:00 . Ribuan Santri Sambut Undangan Groundbreaking Masjid Attanwir    |   15:00 . Tari Thengul Bojonegoro Buka Liga 2 Indonesia   |   14:00 . IDFoS Indonesia Gelar Rembug Jejaring Usaha Ayam Petelur   |   10:00 . MI Bahrul Ulum 1 Bulu Tampilkan Kreasi dari Daur Ulang Sampah jadi Kostum Unik   |   08:00 . Sanggrahan Bersholawat Bersama Ust. Ridwan Asyfi - Fatihah Indonesia   |   15:00 . Negara Tidak Boleh Mengurangi atau Merampas Hak Asasi Warganya   |   22:00 . Pemred bB dan bT Raih Juara Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas - KKKS Jabanusa   |   19:00 . Jadi Nominasi Juara, Karya Pemred bB Dipajang di Malam Penganugerahan Lomba Karya Jurnalistik   |   18:00 . Galang Dukungan, Bacabup Setyo Wahono bersama PCNU Bojonegoro Konsolidasi dengan MWC NU   |   17:00 . Selama Agustus 2024, SKK Migas – KKKS Realisasikan Pengeboran 107 Sumur   |   16:00 . Tergabung di Grup 3, Berikut Jadwal Persibo Bojonegoro di Liga 2 2024/25   |  
Sun, 08 September 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Komitmen Wujudkan Jatim Anti Perundungan, Peserta MPLS SMK Negeri 1 Bojonegoro Buat Poster

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 July 2024 09:00

Komitmen Wujudkan Jatim Anti Perundungan, Peserta MPLS SMK Negeri 1 Bojonegoro Buat Poster


Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Tahun pelajaran 2024-2025 diawali dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mulai dari sekolah tingkat dasar hingga tingkat atas. Pada kesempatan ini pula, segenap elemen pendidikan berkomitmen kuat untuk mewujudkan Jawa Timur Anti Perundungan.

Seperti yang dapat dilihat pada MPLS di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bojonegoro ini misalnya. Sejumlah perwakilan siswa mengikuti apel MPLS secara daring di aula sekolah setempat bersama Kepala Sekolah dan staf pendidik, Kasi SMA, Kasi SMK, serta  Pengawas.

Setiap peserta tampak mengikuti apel dengan khidmat melalui jaringan zoom meeting bersama Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai. Mereka juga membawa poster yang bertema tolak kekerasan, serentak menggaungkaun kampanye anti bullying.

"Pada MPLS, anak-anak memasuki sekolah pertama kali dengan membawa poster yang dibuat sendiri dengan kertas ukuran A4. Anak-anak bebas menentukan desain, mengangkat poster dengan tema anti kekerasan," ujar Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Wilayah Bojonegoro-Tuban, Hidayat Rahman saat dikonfimasi blokBojonegoro.com usai giat apel MPLS di Surabaya, Senin (15/7/2024).

Dengan adanya gerakan serentak tolak kekerasan, perundungan, serta bullying di segenap lapisan pendidikan yang juga mendapatkan Rekor Muri ini, pihaknya berharap agar kondusifitas dan atmosfer kualitas pendidikan khususnya di Bojonegoro dan Tuban semakin lebih baik.

"Kami berkomitmen untuk mewujudkan Jawa Timur Anti Perundungan," tegas Kacab Pendidikan yang dikenal ramah senyum itu.

Hal senada juga dipaparkan oleh Roedi Agus Setiyono Kepala SMK Negeri 1 Bojonegoro. Pihaknya juga mengajak semua elemen di lingkungan sekolah, termasuk wali murid, untuk berkomitmen mewujudkan Jawa Timur Anti Perundungan.

"Anak-anak bersama, termasuk orang tua kita hadirkan untuk terus mewujudkan Jawa Timur Anti Perundungan. Ada juga prosesi penyerahan acara penyerahan anak oleh orang tua pada sekolah, sekolah menerima, serta pengucapan Ikrar Siswa," ungkap Roedi Agus Setiyono.

Lebih dari itu, pihak SMK Negeri 1 Bojonegoro juga memberikan bantuan kepada anak kurang mampu yang diterima lewat jalur afirmasi. Tercatat setidaknya 10 anak mendapat bantuan 2 stel seragam gratis, putih abu-abu dan seragam Pramuka.

"MPLS ini, kita juga bekerjasama dengan Polres Bojonegoro yaitu Satreskoba dan Satlantas untuk memberi bimbingan kepada anak-anak, ada juga JMP (Jaksa Masuk Sekolah) dari Kejaksaan. Yang tak kalah penting, pada saat pra MPLS kita melaksanakan screening kesahatan yang kedua kali, dengan tujuan kita mengetahui rekam medik anak supaya sekolah tahu anak ini sehat atau sakit," beber Kepala Sekolah berkumis yang dikenal akrab kepada para siswa itu. [feb/mu]

 

Tag : mpls, smkn 1 bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat