22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |   19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |  
Tue, 27 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemkab Gelontorkan Rp276 Juta untuk Perajin Tahu dan Tempe di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 30 August 2021 13:00

Pemkab Gelontorkan Rp276 Juta untuk Perajin Tahu dan Tempe di Bojonegoro

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sebelumnya para perajin tahu dan tempe di Kabupaten Bojonegoro, mengeluhkan tingginya harga kedelai import untuk bahan baku produksi tahu dan tempe, yang semakin meningkat tajam di sejumlah pasaran.

Berkenaan dengan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro berusaha menjawab semua keluh kesah para perajin tahu tempe. Diantaranya, bekerjasama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PT. Asri Dharma Sejahtera (ADS).

Dana sebanyak Rp. 276.000.000 atau sebesar 2,5% digelontorkan untuk sejumlah pelaku industri tahu dan tempe di Kabupaten Bojonegoro. Untuk terus hadir menjaga stabilitas pertumbuhan dan pemulihan perekonomian bagi masyarakat.

Seperti yang diungkapkan oleh, Direktur PT. ADS, Lulu M Syahril Majidi, bahwasanya Pemkab sebagai pemilik PT ADS berupaya menjaga asset/potensi Daerahnya. Salah satunya yaitu industri rumahan. Bahkan kita tahu harga kedelai sedang tidak stabil dan dampaknya sangat terasa bagi pengrajin tahu dan tempe.

"Semoga melalui program CSR yang ada di PT. ADS, dapat meringankan biaya produksi bagi perajin tahu tempe di Bojonegoro," tegasnya.

Terpisah, Ketua Paguyuban Perajin Tahu, Pranyoto mengatakan, semenjak adanya keluhan terkait naiknya harga kedelai impor di pasaran. Terutama bagi sejumlah produsen tahu dan tempe, kini Pemkab Bojonegoro telah merealisasikan adanya bantuan tersebut melalui dana CSR milik BUMD. "Sudah dilakukan pendataan secara bertahap terutama bagi perajin tahu dan tempe di Bojonegoro, sebesar Rp 2.400.000," ucap Pranyoto.

Hal senada juga disampaikan oleh Bu Mur, perajin tahu asal Kelurahan Ledokkulon,  realisasi bantuan bagi para perajin tahu dan tempe ini nantinya bisa bermanfaat bagi para produsen makanan pokok. "Agar tetap eksis dan berproduksi di tengah pasaran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Meski di tengah Pandemi Covid-19," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan harga dari Dinas Perdagangan Bojonegoro, per (30/08/2021) untuk bahan pokok penting jenis kedelai impor di pasaran mencapai Rp 11.000/kilogram, sedangkan kedelai lokal mencapai Rp 14.000/kilogram.[liz/ito]

Tag : dana, csr, bumd, ads, bojonegoro, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat