12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemkab Bojonegoro Gelar Bimtek Peningkatan SDM TI Bagi OPD

blokbojonegoro.com | Thursday, 23 December 2021 19:00

Pemkab Bojonegoro Gelar Bimtek Peningkatan SDM TI Bagi OPD

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar bimbingan teknis peningkatan SDM Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bagi seluruh OPD yang ada di lingkup Pemkab Bojonegoro, Kamis (23/12/2021).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro, Nur Sujito, menjelaskan acara ini dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan kapabilitas SDM teknologi informasi dan komunikasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Materi bimtek meliputi penggunaan sertifikat elektronik, dan peningkatan kesadaran akan pentingnya keamanan informasi. Serta peningkatan kemampuan troubleshooting jaringan dalam penyelenggaraan Sistem pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Juga mengingat Kabupaten Bojonegoro sudah dinobatkan sebagai smart city dan smart government," papar Nur Sujito.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, menyampaikan bahwa Pemkab sudah melakukan koordinasikan dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), yang merupakan lembaga pemerintah Republik Indonesia, untuk keamanan siber secara efektif dan efisien. "Semoga pada tahun depan, 2022 OPD yang ada di lingkup Pemkab Bojonegoro sudah bisa menggunakan e-signature," tegas Bupati Anna.

Perlu diketahui, e-signature sendiri merupakan e-signature atau electronic signature yang merupakan tanda tangan elektronik yang digunakan sebagai bukti keaslian dari identitas seseorang yang mengirimkan dokumen atau pesan. Tanda tangan elektronik ini juga digunakan untuk memastikan bahwa isi dari dokumen yang dikirim tidak ada perubahan setelah dikirim.

"Penerima pesan yang dibubuhi tanda tangan digital dapat mengecek apakah pesan yang ia terima benar-benar datang dari pengirim yang sesungguhnya. Dan apakah pesan tersebut telah diubah setelah ditandatangani, baik secara sengaja atau tidak," imbuh Bupati Anna.

Fungsi utama dari electronic signature ini juga agar dapat memberikan kekuatan hukum yang sah di dalam transaksi yang bentuknya elektronik, maupun dokumen elektronik. Sesuai dengan Pasal 11 Undang-Undang ITE tentang Informasi serta transaksi elektronik atau teknologi informasi secara umum.

Dengan harapan semua OPD mampu terhubung dan teraplikasi dengan baik, sebab sudah mendeklarasikan Bojonegoro 1 data. Untuk itu, petugas operator juga perlu melakukan update data setiap hari. Baik pada masing-masing dinas, untuk kepala dinas, sekretaris dinas dan kepala bidang. 

"Tahun 2021 yang sudah dilaksanakan, tahun 2022 harus tetap dilaksanakan. Dan yang belum dilaksanakan maka harus dilaksanakan. Jika kerjasama ini berjalan baik maka Pemkab Bojonegoro menuju smart government semakin baik,” pungkasnya. [liz/ito]

 

Tag : Bimtek, pemkab, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat