16:00 . Dewan Pengupahan Rencanakan Kenaikan UMK 2023 Sebesar 3,4 Persen   |   13:00 . Desainer Yustin Mariani Bangga Rancangannya Tampil di BNFF   |   20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |   09:00 . Teknologi Informasi dan Komunikasi Berkembang, Jurnalis Harus Adaptasi dengan Tantangan   |  
Tue, 29 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siklus Menstruasi Normal dan Tidak Normal, Ketahui Tandanya

blokbojonegoro.com | Tuesday, 11 January 2022 07:00

Siklus Menstruasi Normal dan Tidak Normal, Ketahui Tandanya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Siklus menstruasi tidak selalu berjalan seperti jarum jam, ada yang normal dan ada yang tidak normal. Beberapa wanita mendapatkan menstruasi tepat pada jadwal setiap 28 hari, namun wanita lainnya dibiarkan menebak-nebak. Berikut ini siklus menstruasi normal dan tidak normal yang penting untuk diketahui.

Untul lebih jelasnya, berikut ini penjelasan siklus menstruasi normal dan tidak normal yang penting untuk diketahui yang dilansir dari berbagai sumber.

Periode Normal

Periode menstruasi tidak sama untuk setiap wanita. Dan periode seorang wanita dapat berubah sepanjang hidupnya. Waktu, durasi, dan aliran menstruasi dapat sangat bervariasi, dan mungkin sulit untuk menentukan apa yang normal dan tidak normal.

Adapun beberapa fakta tentang periode menstruasi normal yaitu seperti berikut ini:

- Periode menstruasi pertama seorang gadis muda atau pubertas biasanya terjadi antara usia 11 dan 14 tahun.
- Anak perempuan yang baru mulai haid sering mengalami haid yang tidak teratur dan haid yang berfluktuasi dengan aliran yang ringan, sedang, atau deras.
- Periode seorang gadis muda cenderung terjadi 21 hingga 45 hari dan berlangsung 4 hingga 7 hari.
- Seiring bertambahnya usia anak perempuan, rata-rata periode menstruasi terjadi setiap 28 hari, berkisar antara 21 hingga 35 hari, dan berlangsung 3 hingga 5 hari.
- Biasanya, wanita kehilangan sekitar 30 mL hingga 45 mL (sekitar 2 hingga 3 sendok makan) darah selama satu periode.
- Biasanya, seiring bertambahnya usia wanita, menstruasi mereka semakin jarang terjadi sampai mereka berhenti sama sekali, yang disebut menopause.

Periode Abnormal

Mengingat fluktuasi menstruasi yang biasa atau sesekali, berikut adalah beberapa tanda bahwa menstruasi mungkin tidak normal atau abnormal:

- Keluar darah lebih dari 7 hari itu tidak normal.
- Siklus menstruasi yang berlangsung 90 hari atau lebih pada seorang wanita yang tidak menerima pengobatan hormonal adalah tidak normal.
- Menoragia didefinisikan sebagai kehilangan darah lebih dari 80 mL per periode menstruasi, sekitar 5,5 sendok makan atau sekitar sepertiga cangkir. Ini tidak normal.

Secara umum, menoragia ditandai dengan menstruasi yang berat dan berkepanjangan—lebih dari satu atau dua hari perdarahan yang lebih berat dari rata-rata. Namun, dengan ketersediaan pembalut dan tampon penyerap super, pengukuran kehilangan darah menjadi tidak tepat.

Dalam istilah praktis, perdarahan menstruasi menoragia sangat berat sehingga membutuhkan lebih dari satu pembalut atau tampon setiap satu hingga dua jam, sering kali menodai pakaian dalam dan pakaian tidur, dan mungkin termasuk gumpalan darah yang keluar dengan diameter setebal satu inci.

Demikian informasi mengenai siklus menstruasi normal dan tidak normal yang penting diketahui para perempuan. Semoga informasi ini bermanfaat.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat