16:00 . Dewan Pengupahan Rencanakan Kenaikan UMK 2023 Sebesar 3,4 Persen   |   13:00 . Desainer Yustin Mariani Bangga Rancangannya Tampil di BNFF   |   20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |   09:00 . Teknologi Informasi dan Komunikasi Berkembang, Jurnalis Harus Adaptasi dengan Tantangan   |  
Tue, 29 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bukan Sekadar Rempah, Ini Ragam Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

blokbojonegoro.com | Thursday, 13 January 2022 07:00

Bukan Sekadar Rempah, Ini Ragam Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kunyit sering digunakan sebagai bahan utama jamu atau bumbu dapur. Ini salah satunya karena kunyit dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga otak seseorang.

Kunyit sering digunakan di India selama ribuan tahun, karena  dianggap sebagai rempah-rempah atau ramuan obat sehat. Secara sains, khasiat kunyit diklaim mengandung senyawa yang baik untuk khasiat obat.

Senyawa ini disebut dengan kurkuminoid, serta efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Ada empat manfaat dari kunyit yang perlu Anda ketahui. Simak ulasannya yang dilansir dari Healthline.

Memiliki Senyawa Anti-Inflamasi

Ada kabar baik bagi Anda yang suka minum jamu kunyit. Ya, kunyit memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi, di mana kandungan ini dapat mengobati penyakit di tubuh seseorang. Antara lain penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, dan penyakit alzheimer.

Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Dalam Tubuh

Alasan utama kenapa kunyit disebut baik untuk kesehatan, karena kunyit memiliki antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Kandungan ini juga dilakukan lewat penelitian pada hewan, di mana kunyit dapat memblokir radikal bebas.

Mampu Mengobati Radang Sendi

Arthritis adalah masalah umum yang terjadi di negara-negara barat. Mengingat kunyit memiliki senyawa anti inflamasi yang kuat, kunyit dianggap mampu mengobati radang sendi. Banyak penelitian menunjukkan, dalam beberapa kasus kunyit lebih efektif mengobati radang sendi dibanding obat anti-inflamasi.

Dapat Mengobati Depresi

Kunyit memiliki manfaat untuk melawan depresi. Dalam uji coba lewat 60 orang dengan depresi, satu kelompok mengonsumsi Prozac, kelompok kedua mengonsumsi 1 gram kunyit, dan kelompok ketiga mengonsumsi Prozac dan kunyit.

Setelah enam minggu, kunyit disebut menghasilkan perbaikan yang serupa dengan Prozac. Dari penelitian ini, kunyit dikatakan sama efektifnya dengan obat antidepresan.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, khasiat kunyit



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat