11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bukan Sekadar Rempah, Ini Ragam Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

blokbojonegoro.com | Thursday, 13 January 2022 07:00

Bukan Sekadar Rempah, Ini Ragam Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kunyit sering digunakan sebagai bahan utama jamu atau bumbu dapur. Ini salah satunya karena kunyit dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga otak seseorang.

Kunyit sering digunakan di India selama ribuan tahun, karena  dianggap sebagai rempah-rempah atau ramuan obat sehat. Secara sains, khasiat kunyit diklaim mengandung senyawa yang baik untuk khasiat obat.

Senyawa ini disebut dengan kurkuminoid, serta efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Ada empat manfaat dari kunyit yang perlu Anda ketahui. Simak ulasannya yang dilansir dari Healthline.

Memiliki Senyawa Anti-Inflamasi

Ada kabar baik bagi Anda yang suka minum jamu kunyit. Ya, kunyit memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi, di mana kandungan ini dapat mengobati penyakit di tubuh seseorang. Antara lain penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, dan penyakit alzheimer.

Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Dalam Tubuh

Alasan utama kenapa kunyit disebut baik untuk kesehatan, karena kunyit memiliki antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Kandungan ini juga dilakukan lewat penelitian pada hewan, di mana kunyit dapat memblokir radikal bebas.

Mampu Mengobati Radang Sendi

Arthritis adalah masalah umum yang terjadi di negara-negara barat. Mengingat kunyit memiliki senyawa anti inflamasi yang kuat, kunyit dianggap mampu mengobati radang sendi. Banyak penelitian menunjukkan, dalam beberapa kasus kunyit lebih efektif mengobati radang sendi dibanding obat anti-inflamasi.

Dapat Mengobati Depresi

Kunyit memiliki manfaat untuk melawan depresi. Dalam uji coba lewat 60 orang dengan depresi, satu kelompok mengonsumsi Prozac, kelompok kedua mengonsumsi 1 gram kunyit, dan kelompok ketiga mengonsumsi Prozac dan kunyit.

Setelah enam minggu, kunyit disebut menghasilkan perbaikan yang serupa dengan Prozac. Dari penelitian ini, kunyit dikatakan sama efektifnya dengan obat antidepresan.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, khasiat kunyit



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat