15:00 . Kerjasama Perhutani dan Kimia Farma Surabaya Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum   |   14:00 . PDM Bojonegoro Tetapkan 10 Dzulhijjah Jatuh 9 Juli 2022   |   12:00 . Satpol PP Jatim Beri Pelatihan Satgas Linmas Wilayah Bakorwil Bojonegoro   |   08:00 . PBNU Tetapkan Awal Dzulhijjah 1 Juli 2022   |   07:00 . Stres Selama Kehamilan Pengaruhi Jenis Kelamin Anak, Ini   |   17:00 . Kunjungi Donggala, Mendag Zulkifli Hasan: Pastikan Fokusnya Bukan Hanya Pulau Jawa   |   16:00 . Penentuan Idul Adha, LFNU Bojonegoro Menunggu Hasil Istbat   |   15:00 . Bojonegoro Siap Jika Ditunjuk Sebagai Pemilik Aset Jembatan Glendeng   |   14:00 . Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Bersiap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar   |   13:00 . Perpusgatda dan Dunia Imajinasi Ajak Anak-Anak Bermain Sambil Belajar   |   09:00 . Per Juli Beli Pertalite Lewat MyPertamina, Daerah Kamu Salah Satunya?   |   08:00 . Bupati Bojonegoro Bersedia Terima Aset Jembatan Glendeng, Bupati Tuban Absen Rapat   |   07:00 . Alergi pada Anak, Ini Cara Memperkuat Barrier Tubuhnya   |   20:00 . Kontingen Bojonegoro Tambah Tiga Medali   |   19:00 . Mendag Zulhas Bertemu Dubes Amerika Serikat, Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi di Kawasan Indo-Pasifik   |  
Thu, 30 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Efektif Mengobati Kencing Batu, Ini Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

blokbojonegoro.com | Thursday, 05 May 2022 07:00

Efektif Mengobati Kencing Batu, Ini Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan Ilustrasi: health.detik.com

 

Reporter: --

blokbojonegoro.com - Kumis kucing tanaman herbal yang populer di tanah air. Ini manfaat kumis kucing untuk kesehatan, salah satunya mengobati kencing batu. 

Para penggemar obat-obatan herbal pasti sudah tidak asing dengan kumis kucing. Maklum saja, kumis kucing banyak digunakan dalam dunia pengobatan alami sejak zaman dahulu. 

Menariknya, kumis kucing memiliki bunga yang cantik. Sehingga, tidak jarang tanaman ini sengaja ditanam untuk menghiasi pekarangan rumah. 

Kumis kucing memiliki mahkota bunga bertumpuk dengan benang sari yang panjang. Biasanya, benang sari kumis kucing berwarna putih bak kumis seekor kucing. 

Mengutip dari buku berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Volume 2 karya Setiawan Dalimartha, kumis kucing mengandung minyak asiri, sapofonin, garam kalium, mioinositolm sinensetin, orthosiphonin glikosida, dan saponin. 

Melansir buku berjudul The Miracle of Herb karya dr. Prapto Utami, Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz, kumis kucing juga mengandung flavonoid yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Kandungan tersebutlah yang membuat kumis kucing jadi obat herbal yang mampu menumpas sejumlah penyakit. 

Manfaat kumis kucing 

Tanaman kumis kucing sudah populer di dunia pengobatan sejak dahulu kala. Dari seluruh tanaman, daun dan bunga kumis kucing yang banyak digunakan sebagai obat herbal. 

Berikut khasiat kumis kucing sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui. 

1. Obat asam urat 

Sudah bukan rahasia bila kumis kucing kerap dijadikan obat herbal asam urat. Kumis kucing mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kerja enzim xantin oksidase. 

Sekedar info, enzim xantin oksidase merupakan enzim yang berperan dalam produksi asam urat. 

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dwieka Agustin Muflihat dari Fakultas MIPA IPB pada tahun 2008 menunjukkan kumis kucing mampu menghambat aktivitas enzim xantin oksidase lebih dari 50%. 

Hal inilah yang membuat kumis kucing bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

2. Obat diabetes 

Kumis kucing yang dikombinasikan dengan daun sambiloto berkhasiat menurunkan kadar gula darah. 

Untuk membuat ramuan herbal ini cukup mudah, Anda siapkan daun kumis kucing, dun sambiloto, brotowali, dan air. Anda cuci dan rebus seluruh bahan tersebut sampai mendidih. 

Anda bisa minum obat herbal tersebut dua kali sehari dengan takaran satu gelas. 

3. Obat penurun tekanan darah tinggi

Anda penderita tekanan darah tinggi alias hipertensi? Jangan buru-buru mengonsumsi obat dokter saat darah tinggi Anda kumat. 

Anda bisa mengonsumsi obat herbal kumis kucing untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Kumis kucing mengandung flavonoid yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Selain itu flavonoid juga mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh serta memperbaiki mood. 

4. Obat kencing batu

Kumis kucing memiliki sifat diuretik yang artinya peluruh kencing. Hal inilah yang membuat kumis kucing dipercaya bisa mengobati penyakit kencing batu. 

Membuat obat herbal kumis kucing untuk obat kencing batu cukup mudah. Anda siapkan daun kumis kucing dan air. Anda rebus daun kumis kucing kemudian minum tiga kali sehari.

5. Infeksi kandung kemih 

Untuk para penderita infeksi kandung kemih, kumis kucing bisa jadi solusi. Asal tahu saja, daun kumis kucing memiliki sifat diuretik yang artinya peluruh kencing. 

Daun kumis kucing muda memiliki sifat diuretik lebih kuat dibandingkan daun kumis kucing tua.    

Meski memiliki banyak manfaat untuk pengobatan, konsumsi kumis kucing secara berlebihan berbahaya untuk kesehatan. 

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 2 menyebutkan konsumsi kumis kucing berlebihan berisiko mengalami kerusakan hati dan keracunan.

Anda sebaiknya mengonsumsi kumis kucing sewajarnya dan sesuai takaran yang disarankan. Maka, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli pengobatan herbal sebelum mengonsumsi kumis kucing sebagai obat herbal. [lis]

Sumber: kontan.co.id

Tag : Kesehatan, kumis, kucing



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat