12:00 . Lapangan Gas JTB Mulai Fase Operasi, PEPC Pastikan Kontraktor Patuhi Aspek Keselamatan Kerja   |   10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |   09:00 . Manasik ke 16, KBIHU Attanwir Bekali Calon Jemaah Haji   |   08:00 . Ikitazq, Tas Anyaman Asli Bojonegoro, Harga Terjangkau Tembus Pasar Nasional   |   18:00 . Rangkaian HAB Kemenag, Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Bareng Kemenag   |   14:00 . Polres Bojonegoro Bakal Gelar Operasi Pekan Depan, Ini Sasarannya!   |   12:00 . Berjalan Alot, Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kabupaten di Bojonegoro Makan Waktu 5 Hari   |   11:00 . Operasi Keselamatan 2024, Kapolres: Patuhi Aturan Lalu Lintas   |  
Mon, 04 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berkat Terobosannya, APDI Jatim Nobatkan Bupati Anna Sebagai Ibu Desa

blokbojonegoro.com | Thursday, 11 August 2022 13:00

Berkat Terobosannya, APDI Jatim Nobatkan Bupati Anna Sebagai Ibu Desa

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah mendapatkan penobatan sebagai "Ibu Desa" dari Asosiasi Pegiat Desa Indonesia (APDI) Provinsi Jatim. Hal ini disampaikan Ketua APDI Provinsi Jatim, Miftakhul Munit pada acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Mandiri Tenaga Pendamping Profesional Kabupaten Bojonegoro. (Kamis, 11/8/2022), di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro.

Di depan ratusan Tenaga Pendamping Profesional KabKabupaten Bojonegoro, Miftakhul Munir menyampaikan, keberpihakan program dan kebijakan Bupati Bojonegoro terkait dengan desa sungguh luar biasa. Tidak ditemukan di Kabupaten lain, terbukti bahwa Indeks Desa Mandiri (IDM) Kabupaten Bojonegoro dua tahun berturut-turut terbanyak Nasional (tahun 2021-2022). Hal tersebut tidak lepas dari program Bupati Bojonegoro yang pro Desa.

"Ada beberapa indeks penilaian dalam IDM Bojonegoro, diantaranya indeks ketahanan ekonomi, program terkait dengan Bumdes, akses pasar, permodalan. Kemudian indeks ketahanan lingkungan terkait BKKD (Bantuan Keuangan Khusus Desa) dengan pembangunan jalan. Sehingga menunjukkan bagaimana indeks ketahanan lingkungan," papar Miftakhul Munir. 

Lebih lanjut indeks ketahanan sosial, terkait bagiamana seluruh masyarakat Bojonegoro yang tercover asuransi kesehatan (universal health coverage). Kemudian indeks ketahanan pangan dengan adanya program BPNT Daerah dan rantang kasihmoe. Terlebih program-program sinergitas antara Pusat dan Provinsi di bidang pendidikan seperti program beasiswa RPL Desa.

"Di mana domainnya diperuntukkan bagi Kepala Desa beserta perangkatnya, pegiat Desa dan pengelola Bumdes, disamping program beasiswa 2 sarjana setiap Desa dan beasiswa scientist. Ini sesuatu yang sungguh luar biasa, karena baru Kabupaten Bojonegoro satu-satunya yang melakukan secara masif di tingkat Nasional," terangnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'wanah mengatakan, Pemkab Bojonegoro merasa terbantu dengan adanya pendamping desa. Baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, maupun lokal Desa. Termasuk kebijakan-kebijakan Pemkab di bidang infrastruktur, sosial, keagamaan, hari ini berjalan dengan baik. 

"Pendamping Desa memberikan spirit tersendiri terhadap Pemkab dan Desa. Bagaimana tata kelola Desa, keuangan, serta kebijakan-kebijakan yang lain," sambung Bupati Anna.

Lanjut Bupati, Program sinergitas antara Kementrian Desa PDTT dengan Pemkab Bojonegoro terkait Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Pemkab juga telah memberikan kuota bagi tenaga pendamping desa untuk meneruskan pendidikan ke jenjang Sarjana.

"Sementara ini baru Sarjana, mudah-mudahan di tahun berikutnya nanti ada kebijakan dari Kemendes PDTT untuk program Magister," harap Bupati Anna. [liz/ito] 

 

 

 

 

 

Tag : Apdi, jatim, Bupati, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat