12:00 . Tokoh-tokoh Nasional Asal Bojonegoro Jadi Pemateri di Kajian Sor Keres   |   10:00 . Ya Allah, Baru Lahir Bayi Perempuan Ditinggal di Bawah Pohon di Desa Sumberarum   |   08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |   14:00 . 10 Model Cilik Meriahkan CFD, Pamerkan Tenun dan Lurik   |   13:00 . Ini 5 Wisata Air Terjun di Bojonegoro untuk Liburan   |   09:00 . Lebih Dekat Melihat Masjid Agung Jawa Tengah   |   09:00 . Live Pelantikan Bersama PRNU dan LAZIZNU Ranting Se Wakil Cabang Kanor   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dokter Ungkap 9 Tumbuhan yang Bantu Luruhkan Batu Ginjal, Gampang Ditemukan di Rumah!

blokbojonegoro.com | Monday, 08 August 2022 07:00

Dokter Ungkap 9 Tumbuhan yang Bantu Luruhkan Batu Ginjal, Gampang Ditemukan di Rumah!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Penyakit batu ginjal hingga saat ini masih menjadi masalah bagi beberapa orang. Penyakit akibat adanya endapan yang berasal dari zat kimia dalam urine di ginjal ini kerap dialami oleh beberapa orang.

Batu ginjal sendiri memiliki ukuran yang berbeda-beda. Biasanya, jika ukuran batu ginjal tersebut kecil dapat dilakukan perawatan dari rumah. Namun, jika batu ginjal berukuran besar, diperlukan penanganan dari dokter.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi batu ginjal yaitu meluruhkannya. Rupanya, hal ini sendiri dapat dilakukan dengan zat-zat alami. Dalam video yang diunggah Dokter sekaligus Konten Kreator, dr. Ema Surya Pertiwi di kanal youtubenya, berikut terdapat beberapa zat alami yang dapat meluruhkan batu ginjal.

Air

Air menjadi salah zat yang dapat membuat batu ginjal luruh. Seperti yang diketahui, ginjal berfungsi menjaga keseimabngan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Dengan mengonsumsi air akan membantu meningkatkan aliran urine dalam tubuh sehingga mencegah munculnya batu ginjal pada seseorang.

Banyaknya air yang dikonsumsi pada seseorang ini sendiri juga tergantung dengan kebutuhan orang tersebut. Hal ini sendiri juga dipengaruhi berat badan, aktivitas, serta suhu udara.

Rosella

Rosella mengandung bahan aktif seperti fenolik acid, hibiskus acid, hiroksisitri acid, dan anto cyanins yang berguna dapat melindungi kerusakan serta munculnya batu dalam ginjal.

Tidak hanya itu, rosella juga bermanfaat untuk mencegah infeksi bakteri di saluran kencing, bahkan menurunkan tekanan darah tinggi. Zat yang satu ini dapat dikonsumsi dalam teh atau es tanpa gula sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal

Jeruk nipis (citrus)

jeruk nipis atau citrus mengandung asam sitrat yang membantu meluruhkan batu ginjal. Hal ini karena jeruk nipis menghambat pembentukan kalsium oksalat dan fosfat, mencegah bakteri saluran kencing, serta meningkatkan urine dalam tubuh.

Cara mengonsumsinya dapat menyeduhnya dalam satu cangkir diminum dua kali sehari untuk meluruhkan batu ginjal.

Tempuyung

Tumbuhan yang satu ini kaya akan kandungan yang bermanfaat baik bagi ginjal. Tempuyung dipercaya dapat menghambat pembentukan kalsium oksalat dan fosfat dan meluruhkan batu ginjal. Tidak hanya itu, tempuyung juga digunakan untuk menurunkan kadar asam urat serta membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.

Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing memiliki kandungan yang dapat meningkatkan eksresi kalsium dan asam urat dalam urin. Kumis kucing sendiri juga mengurangi nyeri ketika batu ginjal keluar. Beberapa manfaat lainnya yaitu menurunkan kadar gula darah, mencegah infeksi, serta meningkatkan aliran urine dalam tubuh.

Cara mengonsumsinya sendiri biasanya tanaman ini dibuat dengan teh atau dalam bentuk obat seperti kapsul.

Meniran hijau

Rupanya, meniran hijau dapat membantu meluruhkan batu ginjal dalam tubuh. Tanaman yang satu ini juga kaya akan tanin dan saponin yang menghambat pembentukan kalsium oksalat dan urine yang mencegah terbentuknya batu ginjal.

Tidak hanya itu, meniran hijau juga membantu menurunkan gula darah serta mencegah infeksi bakteri dalam tubuh.

Delima

Delima dipercaya dapat mencegah pembentukan batu kalsium oksalat dalam tubuh. Buah yang satu ini juga berguna bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan tekanan darah dan kolesterol. Delima juga membantu mencegah infeksi bakteri dalam tubuh.

Ketimun

Siapa yang menyukai timun? Rupanya sayuran yang satu ini kaya akan garam potasium dan flavonoid yang berguna untuk mencegah pembentukan batu ginjal dalam tubuh. Ketimun juga berguna untuk memperbaiki fungsi ginjal, membuat tekanan darah stabil, hingga menurunkan kadar BUN, asam urat, serta serum kreatinin.

Daun Kelor

Daun kelor dipercaya mengandung zat-zat yang berguna untuk mengecilkan batu ginjal. Tumbuhan yang satu ini juga mencegah adanya kerusakan pada ginjal serta infeksi bakteri. Tidak hanya bermanfaat untuk ginjal, daun kelor juga berguna untuk menurunkan kadar gula darah, tekanan darah, hingga mencegah infeksi bakteri.

*Sumber: suara.com

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan, batu ginjal, mengobati batu ginjal, herbal



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat