15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia Kunjungi Kampung Samin Margomulyo

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 August 2022 10:00

Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia Kunjungi Kampung Samin Margomulyo

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Adat Budaya mayarakat Samin memang sudah terkenal luas di kalangan masyarakat, baik civitas akademika dosen dan mahasiswa bahkan para petinggi negara. Oleh karena itu tak perlu heran jika datang ke kampung Samin yang berada di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro.

Bahkan, konon banyak sekali tamu berdatangan dari luar kota dan mampir ke kampung Samin ini. Termasuk pula kedatangan para Mahasiswa Universitas Indonesia dari Fakultas Arsitektur, dan tengah bermalam hingga dua Minggu di kampung Samin.

"Kedatangan kami ke sini memang sengaja untuk mengenal dan lebih dekat dengan warga masyarakat yang ada di kampung Samin. Selama 2 minggu melakukan penelitian terhadap bangunan rumah adat Samin, dimana notabennya jenis bangunan rumahnya di sini semua sangat sederhana," jelas Rafly, Ketua Rombongan Mahasiswa Universitas Indonesia Fakultas Arsitektur.

Meski sederhana tetapi bangunan tersebut nampak terlihat apik nan megah. Termasuk kerukunan warga masyarakat Samin. Selanjutnya, selain melakukan penelitian tentang rumah adat masyarakat, para Mahasiswa Universitas Indonesia juga melakukan penelitian terkait cara pembangunan rumah adat Samin.

"Kami melihat disini untuk proses pembangunan rumah di desa Samin ini sangat sederhana. Bahkan peralatan juga sangat sederhana, namun dengan gotong royong warga masyarakat Samin semua bisa terselesaikan sesuai dengan kebutuhan," tambahnya.

Atas nama perwakilan rombongan Mahasiswa Universitas Indonesia, pihaknya sangat berterima kasih kepada seluruh warga masyarakat Samin yang berada di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro.

"Khususnya keluarga sesepuh Samin yaitu Mas Bambang putra dari Mbah Harjo Kardi, Sesepuh Desa Samin yang telah sabar dan menerima kami semua disini dengan baik," imbuh Rafly.

Sementara itu, Tuan Rumah, Bambang Sutrisno mengatakan, sangat berterima kasih kepada teman-teman Mahasiswa dari Fakultas Arsitektur, Universitas Indonesia yang telah berkenan mampir ke Kampung Samin.

"Semoga apa yang diharapkan dari teman-teman Mahasiswa ini bisa terpenuhi, dan saya selaku tuan rumah juga meminta maaf jika kami ada salah kata dalam bertutur kata," pungkasnya. [liz/mu]

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia, Universitas Indonesia , kampung samin, masyarakat samin bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat