20:00 . Jelang Pemilu, 749 Calon PPK Ikuti Tes CAT   |   19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |   16:00 . BMKG Juanda: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang   |   15:00 . BPBD Jatim Beberkan Potensi Daerah Rawan Bencana, Termasuk Bojonegoro   |   13:00 . Jalan Darurat Jembatan Kedungjati Kembali Dibuka   |   12:00 . Bupati Bojonegoro Bersama Sekretaris Utama BMKG Tandatangani MoU Mitigasi Bencana   |  
Tue, 06 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kenali 4 Jenis Cedera yang Bisa Terjadi Gara-Gara Keseringan Main Ponsel

blokbojonegoro.com | Wednesday, 03 August 2022 07:00

Kenali 4 Jenis Cedera yang Bisa Terjadi Gara-Gara Keseringan Main Ponsel

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Hayo, siapa di antara Anda yang keseringan main ponsel sampai suka pegal jari-jarinya? Hati-hati, lho, karena durasi penggunaan ponsel yang terlalu panjang ternyata bisa memicu cedera pada beberapa bagian tubuh.

Dilansir dari Cleveland Clinic, ahli bedah ortopedi Peter J. Evans, MD, PhD mengatakan bahwa penggunaan ponsel terus-menerus dapat menyebabkan berbagai masalah sendi.

Lalu, jenis cedera sendi apa yang mungkin terjadi terkait dengan penggunaan ponsel? Ini dia:

1. Cedera jari kelingking

Menurut Dr. Evans, ada sedikit risiko bahwa menopang ponsel dengan jari kelingking dapat menekan saraf di jari. Seiring waktu, Anda bisa mengalami rasa sakit, mati rasa atau kesemutan.

“Tetapi kesemutan atau mati rasa di kelingking Anda juga bisa menandakan kondisi yang lebih serius yang disebut cubital tunnel syndrome. Kondisi ini disebut juga dengan smartphone elbow,” kata Dr. Evans.

2. Cedera pada siku

Cubital tunnel syndrome atau smartphone elbow adalah cedera traksi/kompresi kumulatif pada saraf ulnaris Anda, salah satu saraf utama di lengan, yang terjadi ketika Anda terlalu sering menekuk siku melebihi 90 derajat.

Mengangkat telepon Anda saat berbicara atau mengirim SMS dapat menyebabkan atau memperburuk sindrom ini karena itu dinamakan “smartphone elbow.” Tetapi duduk di kursi rendah dan melenturkan siku secara berlebihan, atau meletakkannya di lengan kursi saat Anda mengetik, atau tidur dengan tangan terlipat, sama buruknya, demikian catat Dr. Evans.

Gejala cedera siku gara-gara ponsel meliputi mati rasa atau kesemutan di sisi kelingking tangan, jari manis dan jari kelingking, serta melemahnya kekuatan genggam Anda.

3. Cedera pada jempol

Cedera pada jempol akibat terlalu sering chat di ponsel merupakan cedera akibat gerakan berulang.

"Sambungan ibu jari Anda tidak dibuat untuk mengirim pesan teks dan mengusap layar sepanjang hari," kata Dr. Evans.

Sehingga, penggunaan berlebihan dapat memperburuk kondisi yang mendasarinya, seperti radang sendi, atau menyebabkan masalah baru pada tendon ibu jari.

4. Cedera leher

Cedera leher adalah cedera berulang lainnya yang disebabkan oleh posisi membungkuk sambil menatap ponsel.

“Kepala Anda beratnya sekitar 10 hingga 12 pon. Saat Anda melihat ke bawah, Anda menambah beban pada otot leher Anda. Tekanan tambahan ini dapat menyebabkan nyeri otot dan kejang,” kata Dr. Evans

Bagaimana, apakah salah satu cedera di atas pernah Anda alami? Jika ya, maka itu adalah sinyal bahwa Anda harus beristirahat dari ponsel.

*Sumber: suara.com

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan, Keseringan Main Ponsel



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat