18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kapolres Sumbawa, AKBP Henry Novika Chandra, SIK., MH

Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa

blokbojonegoro.com | Friday, 02 December 2022 13:00

Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa

 

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Keinginan mengabdikan diri untuk nusa dan bangsa sudah tertanam sejak kecil pada diri AKBP Henry Novika Candra. Hal itu ditunjukan dengan semangatnya belajar di bangku sekolah di Kabupaten Bojonegoro yang berjarak 22 kilometer dan harus ia tempuh sekitar 30 menit setiap harinya selama enam tahun.

Pasalnya setelah lulus dari bangku SD Negeri Ngantru, Kecamatan Ngasem, Henry memilih bersekolah di SMP Negeri 2 Bojonegoro dan melanjutkan ke SMA Negeri 1 Bojonegoro. Masih teringat dalam memorinya, ditahun 90an atau sekitar 1992, kendaraan masih minim dan infrastruktur belum memadahi seperti sekarang ini. "Namun saya harus semangat sekolah, untuk meraih cita-cita," kenang Henry melalui sambungan telepon.

Diceritakan, dahulu tidak banyak anak-anak desa yang sekolah di Kota, tidak seperti saat ini. Sekarang mayoritas anak desa sekolah di Kota Bojonegoro dengan pilihan-pilihan sekolah favorit yang diinginkan. "Sekarang sekolah-sekolah sudah lengkap sarana prasarana dan fasilitas penunjang lainnya," tuturnya.

Menurutnya keinginan masuk menjadi anggota Polri, ia mendaftar AKABRI (dahulu gabungan TNI-POLRI), setelah lulus SMA. "Karena ingin mengabdikan diri kepada Nusa dan Bangsa dan Negara," terang anggota polisi yang kini berpangkat melati dua di pundaknya itu.

Sehingga lanjut Henry, pertama kali berdinas di Polda Sumatra Selatan, tepatnya menjadi Pama Polres Musi Banyuasin pada tahun 2003. Pasalnya tekad mengabdikan diri untuk NKRI, ia selalu siap ditempatkan dimana saja. "Hampir 19 tahun menjadi anggota anggota Polri mulai 2003 sampai 2022 sekarang ini, belum pernah berdinas di pulau Jawa," ungkapnya sambil tertawa kecil.

Selama berdinas di luar pulau Jawa, berbagai jabatan diamanahkan kepadanya, mulai menjadi Kapolsek, Kasatlantas, Kabag Ops, Waka Polres, Koorpspripim Polda dan sekarang menjabat Kapolres Sumbawa Polda NTB diembannya penuh semangat. Meskipun pria kelahiran asli Kabupaten Bojonegoro, selama 19 tahun selalu berpindah tugas di wilayah Polda Sumatera Selatan, Polda Kalimantan Selatan dan Polda Nusa Tenggara Barat.

"Ada juga keinginan untuk bertugas di pulau Jawa biar dekat dengan orang tua dan keluarga, tetapi sebagai seorang Bhayangkara yang tangguh harus siap ditempatkan di mana saja, di mana bumi dipijak langit dijunjung, seperti rumput yang harus bisa tumbuh dimana pun. Tidak harus sempurna tapi berikanlah yang terbaik," pungkas Henry. [zid/lis]

 

Biodata Diri :

- Nama : AKBP Henry Novika Candra, S.I.K., M.H

- TTL : Bojonegoro, 12 Maret 1980

Riwayat Pendidikan :

- SD Negeri Ngantru Ngasem Bojonegoro 1992

- SMP Negeri 2 Bojonegoro 1995

- SMA Negeri 1 Bojonegoro 1998

- Universitas Lambungmangkurat 2013

Pendidikan Kepolisian :

- AKPOL 2002

- PTIK 2009

- SESPIMEN 2019

Riwayat Pangkat Kepolisian :

- IPDA 2002

- IPTU 2006

- AKP 2009

- Kompol 2014

- AKBP 2020

Pendidikan Kejuruan :

- DIKJUR LAN PAIDIK LAKA LANTAS 2003

- JUR LAN PAREG IDENTRANMOR 2011

Tanda Kehormatan :

- Satyalancana Dwidya Asistha 2004

- Satyalancana Dharma Nusa 2005

- Satyalancana Pengabidan 8 tahun 2013

Riwayat Jabatan :

- PAMA Polres Banyuasin Polda Sumsel

- Kanit Laka Poltabes Palembang Polda Sumsel

- Kapolsek Sungaililin Polres Banyuasin Polda Sumsel

- Kanit Sidikmas Subdikyasa Ditlantas Poda Sumsel

- Kanit Induk 4 Sat PJR Ditlantas Polda Sumsel

- PAMAPTIK

- PAMA Polda Kalsel

- Kapolsek Pulau Laut Timur Polres Kota Baru Polda Kalsel

- Kapolsek Kelumpung HuluPolres Kota Baru Polda Kalsel

- Kasatlantas Polres Kota Baru Polda Kalsel

- Kasatlantas Polres Banjar Polda Kalsel

- PAUR STNK Subditregident Ditlantas Polda Kalsel

- Kabag Ops Polres Kota Baru Polda Kalsel

- Kasatlantas Polresta Banjarmasin Polda Kalsel

- Wakapolresta Balong Polda Kalsel

- Kasubagminopsnal Bagbinopnal Ditlantas Polda Kalsel

- Kasi SIM Subditregident Ditlantas Polda Kalsel

- Kasi STNK Subditregident Ditlantas Polda Kalsel

- Kasi BPKB Subditregident Ditlantas Polda Kalsel

- Pamen Ditlantas Polda Kalsel (dalam rangka Dik SESPIMMEN)

- Gadik Madya SPN Polda Kalsel (dalam rangka Dik SESPIMMEN)

- PAMEN Polda NTB

- Koorspripim Polda NTB

- Kasat PJR Ditlantas Polda NTB

- Kapolres Bima Kota

- Kapolres Sumbawa (SEKARANG)

 

 

Tag : Profil, polres, putra, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat