10:00 . Selidiki Penyebab Kematian Remaja di Bojonegoro, Polisi Periksa 5 Saksi   |   08:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Dihukum Dorong Motor   |   07:00 . Tersebar Diduga CCTV Detik-detik Remaja di Bojonegoro Dikejar 4 Motor Sebelum Meninggal   |   22:00 . Kisah Inspiratif Pembatik Gen Z Asal Temayang, Berdayakan Tetangga Melalui Usaha Rintisannya   |   21:00 . Ya Allah, Balita di Bojonegoro Meninggal Terlindas Truk   |   20:00 . Sebelum Dimakamkan, Jenazah Remaja yang Ditemukan Meninggal di Bojonegoro Diautopsi   |   19:00 . Kronologi Meninggalnya Remaja di Bojonegoro, Korban Dikejar dan Tabrak Pembatas Jalan, Polisi Terus Selidiki   |   18:00 . Setyo Wahono Adik Mensesneg Nyatakan Siap Maju Calon Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Remaja di Bojonegoro Ditemukan Meninggal, Dikeroyok atau Kecelakaan?   |   16:00 . Bagaimana Pertanian Ekologis Ramah Lingkungan Mengubah Nasib Petani di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Satu Keluarga Hasilkan Cuan dari Olahan Tanaman Sekitar Rumah, Bisnis Makin Berkembang Berkat KUR   |   14:00 . Kisah Milenial Asal Bojonegoro Gunakan Satu Aplikasi Untuk Segala Kebutuhan   |   13:00 . Bayar Uang Kuliah Hingga Beli Pulsa, Belanja Bisa Lewat Fitur BRImo   |   12:00 . Bukan Suami Istri, Penghuni Kos Nakal Pondok Pinang Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Mon, 15 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berawal Hobi, Mantan Guru Sukses Tekuni Usaha Kerajinan Flanel

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 March 2023 15:00

Berawal Hobi, Mantan Guru Sukses Tekuni Usaha Kerajinan Flanel

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Mantan Guru PAUD, Laili Hikmatus Solihah asal Kelurahan Ledokkulon, Bojonegoro kini menekuni kerajinan boneka dan aksesoris flanel yang terbilang sukses. Setidaknya, produk kerajinan buatannya telah merambah di berbagai daerah hingga luar negeri. 

Ditemui di sela-sela bazar UMKM, Laili sapaan karibnya tampak sedang menata produk kerajinan untuk dipamerkan kepada para pembeli. Mulai dari gantungan kunci, gantungan pintu hingga boneka dan bros jilbab berbahan flanel. 

Laili menekuni usaha craft berbahan kain flanel, berawal dari hobi dan saat itu ia masih menjadi guru PAUD. Saat itu guru PAUD dituntut harus memiliki kreativitas tinggi. Tidak disangka, banyak masyarakat yang tertarik dan melirik bisnisnya. 

"Bisnis pertama dulu aksesoris rumah bros. Lambat laun karena hobi juga, kemudian memutuskan resign dan menekuni bisnis craft," ungkap Laili. 

Saat kasus Corona sedang tinggi-tingginya, penjualan kerajinan flanel buatan Laili sempat menurun drastis. Kemudian ia berinisiatif memproduksi masker anak dan dewasa. Pada saat bersamaan meredanya pandemi, Laili kembali lagi menekuni kerajinan berbahan kain flanel hingga boneka dengan menggunakan mesin jahit. 

"Dulu pandemi beralih ke masker kain dan terbaru sempat belajar membuat boneka dengan menggunakan mesin jahit lewat online berbayar. Kalau kerajinan flanel lebih mudah kita cari ide lewat YouTube, bentuk pola di kain flanel kemudian dijahit. Yang rumit boneka dari mesin jahit perlu kejelian, untuk sepatu boneka custom ambil dari bandung," ulasnya. 

Selain pemasaran dari mulut ke mulut, hingga bergabung dengan komunitas UMKM di Bojonegoro. Selama ini ia juga memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan kerajinan hasil kreasinya. Bahkan langkah tersebut terbilang efektif, buktinya pembeli datang dari berbagai daerah. 

"Penjualan lewat Shopee, Instagram, Facebook market, Toga Mas dan sempat iseng kirim ke Nusa Dua Bali. Kemudian kerjasama dengan kantor pos untuk membuka rekening agar mempermudah pengiriman, pernah juga dari Malaysia pesan 25 nama Nabi dan Rasul dari bahan flanel," ujar mantan Guru PAUD. 

Selain berbisnis dan mengembangkan hobi, rupanya jiwa sebagi pendidik juga masih melekat pada Laili. Dimana saat liburan sekolah ia sempat membuka kelas kerajinan flanel bersama anak-anak sekitar. Dengan harapan selain mengisi waktu luang juga mengasah kreativitas. 

"Waktu liburan sekolah pernah buka kenal kerajinan flanel, sebenarnya mudah membuatnya. Buktinya anak-anak bisa," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Kain, kerajinan, tangan, flanel



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat