14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kisah Nurul, Guru Honorer Ubah Nasib Jadi PPPK

blokbojonegoro.com | Tuesday, 08 August 2023 14:00

Kisah Nurul, Guru Honorer Ubah Nasib Jadi PPPK

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Wajah-wajah bahagia terpancar dari 2.172 orang yang berkumpul di Alun-Alun Bojonegoro kala itu. Mereka adalah penerima SK Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jabatan fungsional guru dan teknis untuk formasi tahun 2022 di lingkup Pemkab Bojonegoro. 

Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK Guru) sudah diumumkan beberapa waktu lalu. Menjadi seorang ASN bak sebuah langkah dalam merubah nasib kehidupan. 

Terutama dalam hal pendapatan dan ekonomi, karena bisa merasakan manfaat setelah lulus dari seleksi guru PPPK. Seperti halnya nasib dan mujur baik juga menimpa salah seorang Alumnus UNS jurusan PGSD, Nurul Aisya Risyam asal Klangon, Bojonegoro. 

"Sebelumnya, ia sempat menjadi guru honorer di SDN Pacul 3 selama kurang lebih 2 tahun, sejak tahun 2021," ungkap Nurul. 

Lagi dewi fortuna masih berpihak padanya. Di awal tahun 2023 sekitar bulan April, rupanya pemerintah sedang membuka dapodik besar-besaran di lingkup Pemkab Bojonegoro. 

"Alhamdulillah hanya 2 tahun honorer sudah bisa dimasukkan datanya. Karena Pemerintah berkeinginan untuk mensejahterakan guru di Indonesia," ucap Nurul. 

Hanya bermodalkan dengan SK dari Kepala Sekolah SDN Pacul. Wanita asal Klangon tersebut nekat mengikuti tes PPPK kategori P4 (pelamar umum), namun di kategori tersebut bebas milih formasi sekolah sendiri. 

"Masuknya di P4, pilihannya di SDN Banjarejo 2 dan harus mengikuti tes di SMPN 2 Bojonegoro. Tesnya berupa soal-soal sosiokultural dan manajerial, karena terpenting nilai harus di atas passing grade supaya lolos," imbuhnya.

Menurut Nurul, momentum pelantikan merupakan hal yang paling emosional bagi dirinya karena sudah sekian lama berjuang menjadi honorer. Terutama bagi rekan guru honor, tahun ini bisa merasakan kebahagiaan bersama. 

"Karena kami guru honorer sangat merasakan sekali bagaimana perjuangan ini," beber alumnus PGSD UNS kepada blokBojonegoro.com.[liz/lis]

 

 

 

Tag : Humaniora, PNS, PPPK, guru



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat