22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diklat Jurnalistik untuk Guru PAI Jenjang SD se-Kabupaten Bojonegoro, Tingkatkan Kemampuan Menulis

blokbojonegoro.com | Friday, 01 December 2023 07:00

Diklat Jurnalistik untuk Guru PAI Jenjang SD se-Kabupaten Bojonegoro, Tingkatkan Kemampuan Menulis

Diklat Jurnalistik yang diselenggarakan oleh KKG Pendidikan Agama Islam Kabupaten Bojonegoro di Aula Kemenag Kabupaten Bojonegoro. (Foto: Doc. Panitia untuk blokBojonegoro.com).

Oleh: Yuni Hidayatul Hasanah*

blokBojonegoro.com - Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam Kabupaten Bojonegoro terus melakukan inovasi, guna meningkatkan kompetensi guru agama islam di wilayah kabupaten Bojonegoro. Diantaranya melalui Diklat Jurnalistik yang dilaksanakan pada hari Kamis (30/11/2023).

Bertempat di Aula Kemenag Kabupaten Bojonegoro, kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan agar guru pendidikan agama islam dapat meningkatkan kompetensi terutama dalam bidang menulis, berkomunikasi dan juga  berpikir kritis. Kemampuan-kemampuan tersebut sangat penting bagi guru dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik.

Kegiatan diklat ini diikuti oleh 56 peserta dari seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Bojonegoro yang terdiri dari ketua KKG PAI dan operator KKG PAI Kecamatan Jenjang Sekolah Dasar. Kegiatan yang dibuka oleh Zulaikhah, S.Pd selaku ketua panitia kegiatan ini sekaligus menjabat sebagai ketua KKG wilayah Kecamatan Padangan.

Dalam sambutannya, Zulaikhah mengatakan, melalui diklat ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan kompetensi guru dalam bidang menulis dan berkomunikasi saja tetapi juga dapat meningkatkan branding sekolah Karena Karya jurnalistik yang dihasilkan guru dapat digunakan untuk mempromosikan sekolah kepada masyarakat.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi guru untuk terus belajar dan berkembang mengikuti perkembangan zaman," ungkapnya.

Selanjutnya, Ketua Pengawas PAI  Sa’dim Hari, M.Pd juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk  berpikir kreatif dalam menghasilkan karya jurnalistik dan terus melakukan inovasi dalam meningkatkan Pembelajaran yang berfokus pada karakter siswa.

"Contoh kegiatan bisa berupa pembiasaan pagi dan mengaji kitab. Hal itu dinilai sangat berpengaruh kepada murid dalam memberi keteladanan," tuturnya.

Kegiatan Diklat ini berlangsung seru dengan semangat yang luar biasa dari semua peserta di bawah bimbingan Parto Sasmito, M.Pd sebagai Narasumber dari Pemimpin Redaksi blokBojonegoro.com. Pengalaman dan latar belakang telah lama malang melintang dalam dunia jurnalistik membuat para peserta antusias mengikuti kegiatan. Walaupun sempat terjadi pemadaman listrik, hal ini tentu saja tidak menyurutkan semangat para peserta untuk terus belajar jurnalistik dengan materi Jurnalistik Dasar dan Fotografi Jurnalistik.

Dalam paparannya Parto menjelaskan tentang tata cara menulis berita serta kiat-kiatnya agar cepat bisa menulis. Selain itu, juga menceritakan tentang pengalaman dalam proses pencarian data untuk dijadikan berita yang ternyata tidak mudah dan seringkali menemukan banyak hal yang menjadi kendala.  Dalam pemaparannya, juga menjelaskan tentang jenis-jenis berita serta bagaimana tekniknya dalam mencari data kemudian mengolah data tersebut menjadi sebuah berita lalu menyajikannya kepada publik. 

Kegiatan ini menjadi lebih berwarna dengan adanya ice breaking dari narasumber, selingan ice breaking ini tidak hanya menghibur tetapi juga melatih konsentrasi para peserta untuk tetap fokus pada kegiatan yang dilaksanakan. Diakhir kegiatan para peserta diminta untuk menulis berita dengan jenis straight news atau berita langsung sebagai tindak lanjut dari diklat hari ini.

*Penulis adalah guru SD Negeri Sraturejo I, Kecamatan Baureno

Tag : KKG PAI SD Bojonegoro, Kelompok Kerja Guru (KKG), Jurnalistik, Kemenag Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat