13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diklat Jurnalistik untuk Guru PAI Jenjang SD se-Kabupaten Bojonegoro, Tingkatkan Kemampuan Menulis

blokbojonegoro.com | Friday, 01 December 2023 07:00

Diklat Jurnalistik untuk Guru PAI Jenjang SD se-Kabupaten Bojonegoro, Tingkatkan Kemampuan Menulis

Diklat Jurnalistik yang diselenggarakan oleh KKG Pendidikan Agama Islam Kabupaten Bojonegoro di Aula Kemenag Kabupaten Bojonegoro. (Foto: Doc. Panitia untuk blokBojonegoro.com).

Oleh: Yuni Hidayatul Hasanah*

blokBojonegoro.com - Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam Kabupaten Bojonegoro terus melakukan inovasi, guna meningkatkan kompetensi guru agama islam di wilayah kabupaten Bojonegoro. Diantaranya melalui Diklat Jurnalistik yang dilaksanakan pada hari Kamis (30/11/2023).

Bertempat di Aula Kemenag Kabupaten Bojonegoro, kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan agar guru pendidikan agama islam dapat meningkatkan kompetensi terutama dalam bidang menulis, berkomunikasi dan juga  berpikir kritis. Kemampuan-kemampuan tersebut sangat penting bagi guru dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik.

Kegiatan diklat ini diikuti oleh 56 peserta dari seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Bojonegoro yang terdiri dari ketua KKG PAI dan operator KKG PAI Kecamatan Jenjang Sekolah Dasar. Kegiatan yang dibuka oleh Zulaikhah, S.Pd selaku ketua panitia kegiatan ini sekaligus menjabat sebagai ketua KKG wilayah Kecamatan Padangan.

Dalam sambutannya, Zulaikhah mengatakan, melalui diklat ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan kompetensi guru dalam bidang menulis dan berkomunikasi saja tetapi juga dapat meningkatkan branding sekolah Karena Karya jurnalistik yang dihasilkan guru dapat digunakan untuk mempromosikan sekolah kepada masyarakat.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi guru untuk terus belajar dan berkembang mengikuti perkembangan zaman," ungkapnya.

Selanjutnya, Ketua Pengawas PAI  Sa’dim Hari, M.Pd juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk  berpikir kreatif dalam menghasilkan karya jurnalistik dan terus melakukan inovasi dalam meningkatkan Pembelajaran yang berfokus pada karakter siswa.

"Contoh kegiatan bisa berupa pembiasaan pagi dan mengaji kitab. Hal itu dinilai sangat berpengaruh kepada murid dalam memberi keteladanan," tuturnya.

Kegiatan Diklat ini berlangsung seru dengan semangat yang luar biasa dari semua peserta di bawah bimbingan Parto Sasmito, M.Pd sebagai Narasumber dari Pemimpin Redaksi blokBojonegoro.com. Pengalaman dan latar belakang telah lama malang melintang dalam dunia jurnalistik membuat para peserta antusias mengikuti kegiatan. Walaupun sempat terjadi pemadaman listrik, hal ini tentu saja tidak menyurutkan semangat para peserta untuk terus belajar jurnalistik dengan materi Jurnalistik Dasar dan Fotografi Jurnalistik.

Dalam paparannya Parto menjelaskan tentang tata cara menulis berita serta kiat-kiatnya agar cepat bisa menulis. Selain itu, juga menceritakan tentang pengalaman dalam proses pencarian data untuk dijadikan berita yang ternyata tidak mudah dan seringkali menemukan banyak hal yang menjadi kendala.  Dalam pemaparannya, juga menjelaskan tentang jenis-jenis berita serta bagaimana tekniknya dalam mencari data kemudian mengolah data tersebut menjadi sebuah berita lalu menyajikannya kepada publik. 

Kegiatan ini menjadi lebih berwarna dengan adanya ice breaking dari narasumber, selingan ice breaking ini tidak hanya menghibur tetapi juga melatih konsentrasi para peserta untuk tetap fokus pada kegiatan yang dilaksanakan. Diakhir kegiatan para peserta diminta untuk menulis berita dengan jenis straight news atau berita langsung sebagai tindak lanjut dari diklat hari ini.

*Penulis adalah guru SD Negeri Sraturejo I, Kecamatan Baureno

Tag : KKG PAI SD Bojonegoro, Kelompok Kerja Guru (KKG), Jurnalistik, Kemenag Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat