13:00 . Pembacokan Anak, Begini Kondisi Korban dan Pelaku di RSUD   |   13:00 . Akibat Korsleting Listrik, Rumah Perhutani di Temayang Ludes   |   07:00 . Ibu Hamil Harus Tahu, Kondisi Silent Killer Ini Bisa Sebabkan Komplikasi Kehamilan   |   19:00 . Liga Kacabdin Bojonegoro Wadahi Siswa Berkompetisi   |   18:00 . Halal Bi Halal, PAC ISNU Balen Mantapkan Program Kerja   |   14:00 . Libur Waisak, Harga Logam Mulia Antam Naik   |   12:00 . Masih Membludak Antre Tiket Bioskop Film KKN Desa Penari   |   11:00 . PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kedewan Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik   |   10:00 . Pemkab Renovasi Jembatan Penghubung Kecamatan Temayang dan Sugihwaras   |   09:00 . 1 Siswa SMA di Bojonegoro Tak Lulus Ujian   |   08:00 . Bernostalgia Bareng Tamiya, Ini Tips dan Perawatannya   |   07:00 . Sering Berkeringat di Malam Hari Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Kondisi Ini   |   18:00 . Ular Sanca Kembang Ditemukan di Pekarangan Warga Banjarsari   |   17:00 . Tak Terima Diejek, Anak 13 Tahun Bacok Teman Mainnya   |   15:00 . Bentor, Sarana Transportasi Alternatif Saat Terjebak Hujan di Terminal   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mesti Dihindari, Jangan Katakan 5 Hal Ini Pada Anak

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 November 2021 07:00

Mesti Dihindari, Jangan Katakan 5 Hal Ini Pada Anak (foto freepik.com/peoplecreations)

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Setiap orangtua pasti memiliki cara berbeda-beda dalam mendidik anak. Namun kerap kali kita lupa bahwa pola didik menentukan sifat dan perilaku sang anak di masa depan.

Kesalahan pola asuh yang dilakukan oleh orangtua dapat menyebabkan sang anak yang kesulitan dalam hubungan sosial, emosi yang tidak stabil bahkan membangkang kepada orangtua. Salah satu kesalahan yang seringkali terjadi ialah lewat ucapan.

Oleh sebab itu  dilansir dari timesofindia.com, berikut 9 Hal yang sebaiknya tidak dikatakan orangtua kepada anak:

1. Membandingkan

Membandingkan anakmu dan memberikan contoh tentang apa yang bisa kamu lakukan pada usia muda merupakan kesalahan yang paling sering dan paling salah dilakukan oleh orangtua. Jika kamu melakukan hal tersebut, kesalahannya terletak pada dirimu yang berharap bahwa kamu memiliki anak yang sempurna.

Cobalah kamu mengingat kembali kesalahanmu sebagai seorang anak di masa kecilmu dan masalah apa yang kamu lakukan yang bisa membuat orangtuamu marah. Pernyataan-penyataan seperti ini bisa saja merusak kepercayaan diri anakmu.

2. Menyalahkan dalam setiap keputusan

Jangan menghukum anakmu jika ia belum terlalu dewasa. Membuat kesalahan bisa dilakukan oleh siapa saja dan hal tersebut merupakan proses untuk belajar dalam hidup. Ia mungkin akan memilih bidang studi yang tidak sesuai dengan kesukaanmu atau bekerja dalam perusahaan kecil yang tidak terlalu kamu banggakan, tetapi hal tersebut bukan berarti kamu boleh mengatakan bahwa ia memilih keputusan yang salah. Kamu sebagai orangtua seharusnya membimbingnya dalam setiap keputusan yang ia ambil, bukannya memaksakannya untuk mengikuti pendapatmu.

3. Membandingkan dengan saudara

Seringkali kita menemukan orangtua yang melakukan perbandingan kepada anaknya. Hindarilah menabur pertengkaran diantara anak-anakmu dengan membandingkan kemampuan mereka. Hal tersebut dapat membuat ruang diantara anak-anakmu. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan anakmu yang akan menaruh dendam terhadapmu.

4. Jangan ganggu

Orangtua sebenarnya memiliki tanggung jawab untuk diurus oleh anak-anak, yang terkadang tidak disadari oleh anak-anak.  Mungkin kamu merasa ingin memiliki waktu sendiri tetapi anak-anak mungkin tidak memahami akan hal tersebut. Bentakan seperti “Jangan ganggu aku” atau “Tinggalkan aku sendiri” dapat membuat anakmu merasa diabaikan, tidak diinginkan dan tertekan. Sebaiknya bersabarlah dan hindari perkataan-perkataan kasar.

5. Mempermalukan anak

Pernyataan ini merupakan pernyataan yang kasar dan dapat menyakiti anak-anak manapun. Mungkin ada anak yang nakal yang suka mengganggu orang lain, tapi hal tersebut bukan berarti kamu bisa menegurnya dengan hal tersebut. Ada cara yang lebih baik untuk menegur anakmu tentang hal yang baik dan buruk.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat