10:00 . Selidiki Penyebab Kematian Remaja di Bojonegoro, Polisi Periksa 5 Saksi   |   08:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Dihukum Dorong Motor   |   07:00 . Tersebar Diduga CCTV Detik-detik Remaja di Bojonegoro Dikejar 4 Motor Sebelum Meninggal   |   22:00 . Kisah Inspiratif Pembatik Gen Z Asal Temayang, Berdayakan Tetangga Melalui Usaha Rintisannya   |   21:00 . Ya Allah, Balita di Bojonegoro Meninggal Terlindas Truk   |   20:00 . Sebelum Dimakamkan, Jenazah Remaja yang Ditemukan Meninggal di Bojonegoro Diautopsi   |   19:00 . Kronologi Meninggalnya Remaja di Bojonegoro, Korban Dikejar dan Tabrak Pembatas Jalan, Polisi Terus Selidiki   |   18:00 . Setyo Wahono Adik Mensesneg Nyatakan Siap Maju Calon Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Remaja di Bojonegoro Ditemukan Meninggal, Dikeroyok atau Kecelakaan?   |   16:00 . Bagaimana Pertanian Ekologis Ramah Lingkungan Mengubah Nasib Petani di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Satu Keluarga Hasilkan Cuan dari Olahan Tanaman Sekitar Rumah, Bisnis Makin Berkembang Berkat KUR   |   14:00 . Kisah Milenial Asal Bojonegoro Gunakan Satu Aplikasi Untuk Segala Kebutuhan   |   13:00 . Bayar Uang Kuliah Hingga Beli Pulsa, Belanja Bisa Lewat Fitur BRImo   |   12:00 . Bukan Suami Istri, Penghuni Kos Nakal Pondok Pinang Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Sun, 14 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tak Perlu Diet, Hanya Butuh Makan Berkesadaran

blokbojonegoro.com | Sunday, 16 January 2022 18:00

Tak Perlu Diet, Hanya Butuh Makan Berkesadaran Ilustrasi makan makanan. (Lifestyle.kompas.com)

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Diet seringkali dilakukan seseorang dengan harapan bisa menurunkan berat badan bagi mereka yang kegemukan atau sekadar ingin mendapatkan tubuh ideal. Ironisnya, sebagian orang bahkan rela menyiksa diri untuk tidak makan atau mengurangi porsi makan dengan alasan diet. Padahal, sejatinya diet bisa dilakukan jika seseorang makan makanan dengan berkesadaran.

Hal inilah yang dikampanyekan Sophie Navita yang didapat dari Love Letter From Sophie -newsletter dari Founder Indonesia Makan Sayur itu.

Menurutnya, makan berkesadaran pun bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin. Sebab, buah-buahan dan sayuran merupakan bagian penting dari diet seimbang yang sehat dan dapat membantu untuk mengisi kebutuhan nutrisi ketika seseorang mencoba untuk menurunkan berat badan. Karena buah dan sayur mengandung banyak serat yang sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme.

Dalam melakukan metabolisme tubuh, manusia memerlukan banyak serat itulah sebabnya mengapa mengkonsumsi sayur dan buah baik bagi kesehatan karena dalam buah dan sayur terkandung banyak serat. Selain mengandung banyak serat buah dan sayur juga mengandung kadar air yang banyak dan memiliki kalori yang lebih rendah bila dibandingkan dengan makanan lain.

"Saya juga menyarankan untuk makan gula hanya dari gula buah aja. Semuanya natural! Intinya, makan berkesadaran," ujar Sophie.

Jika ingin mendapatkan kreasi buah dan sayur, hal itu bisa dilakukan dengan membuat green smoothies atau membuat makan-makanan dari sayur dan buah dengan diblender. "Serat buah maupun sayur tidak akan hilang dengan hanya diblender, baru hilang saat hanya diambil sarinya dengan juicer," ucapnya.

Dengan konsumsi buah dan sayur, seseorang tidak perlu takut akan kekurangan karbohidrat dan protein karena dalam sayuran itu sebenarnya sudah lengkap, mengandung semua yang dibutuhkan tubuh. Sayuran juga mengandung protein, tergantung bagaimana memilih sayurannya. 

"Pilihlah sayuran yang berdaun hijau gelap, karena cukup tinggi kandungan proteinnya. Selain itu saya peroleh protein dari kacang-kacangan. Kacang merah, kacang hijau, kenari, almond, dan kacang-kacang lainnya mengandung protein. Tapi saya tidak makan kacang kulit karena mengandung alfatoksin yang memicu sel tumor," imbuhnya.

Kemudian, lanjut Sophie untuk karbohidrat bisa didapat dengan mengkombinasi buah dan sayur dengan makan kentang rebus, nasi cokelat, dan jenis-jenis karbohidrat kompleks lainnya. Diet buah dan sayur bukan berarti 100 persen makan raw food, tapi juga butuh asupan makan lainnya. "Dan saya juga tidak menyarankan semua orang untuk 100 persen raw food, intinya dikombinasikan," tuturnya.

Yang jelas, menurut istri Pongki Barata ini, diet atau pembatasan dalam makan tidak perlu kecuali ketika sakit. Dikatakan, secara otomotis tubuh manusia mampu mengatur metabolismenya sendiri. Kalau di negara panas, makan apapun pasti cenderung untuk minum banyak hal itu karena tubuh butuh air lebih banyak. Sementara itu, di daerah dingin, tubuh butuh membentuk lemak lebih banyak, sehingga cenderung kita konsumsi makanan-makanan tinggi lemak. 

Meski begitu, ada beberapa jenis buah yang kadar gulanya tinggi sehingga perlu memilah-milah 

berapa jumlah asupan gula yang dianjurkan. Untuk konsumsi gula tidak lebih dari 26 gram per hari untuk wanita, dan 36 gram untuk pria. Yang penting diperhatikan, gula tidak hanya berasal dari gula pasir, gula merah atau makanan manis yang dikonsumsi. Makanan mengandung karbohidrat (nasi, roti, kentang) dan buah pun bisa berkontribusi menambah asupan gula per harinya.

Jika salah memilih, selain kalori berlebih, juga bisa menaikkan berat badan, kerusakan gigi dan meningkatkan level triglyceride (senyawa kimia yang berpotensi menyebabkan sakit jantung dan kolesterol tinggi). Fruktosa bahkan sering dihubungkan dengan meningkatkan lemak di perut, memperlambat metabolisme tubuh dan kenaikan berat badan.

Sehingga, yang terpenting adalah pola diet yang benar dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur memang terbukti bisa mencegah kenaikan berat badan. Buah terutama, tinggi akan air dan serat yang menimbulkan rasa penuh dan kenyang pada perut, sehingga hasrat untuk makan pun berkurang.

Namun, segala yang dikonsumsi berlebihan pun tidak akan baik hasilnya, meskipun itu berasal dari makanan yang notabene sehat. Setiap jenis buah memiliki kadar gula yang berbeda-beda. 

"Jadi, meskipun merupakan makanan sehat, sebaiknya tetap bijak dalam konsumsinya. Jangan karena terobsesi untuk menjadi langsing dan sehat, membuat Anda jadi bertindak berlebihan dan justru menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Memang, tubuh bisa mengatur sendiri kebutuhannya. Tugas kita adalah makan berkesadaran sehingga dengan sendirinya tubuh akan membentuk berat badan yang optimal," tandasnya. [lis]

 

Tag : Diet, makan, sayur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat