17:00 . KA Rute Bojonegoro-Yogyakarta Dirindukan Penumpang   |   16:00 . Wamenag RI Kunker ke Bojonegoro, Resmikan Gedung Imam Zarkasyi, Al-Rosyid   |   15:00 . Belum Ada Kabar Baik Soal Persibo, Supporter Akan Wadul Pj Bupati   |   14:00 . Kunjungi 2 Ponpes di Bojonegoro, Begini Pesan Kesan Wamenag RI   |   14:00 . Buktikan Kinerja Unggul, Pertamina Hulu Energi Terapkan Strategi Sinergi Operasi   |   13:00 . Ini Persyaratan Formasi Kesehatan dan Tenaga Teknis PPPK Pemkab Bojonegoro   |   10:00 . Biosaka Bikin Cepat Panen Solusi Efisiensi Biaya   |   08:00 . Suksesnya MSD 2023 Jadi Bentuk Suport Warga ke Desa¬†   |   07:00 . CSR BRI Peduli Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Banjir Bandang Malinau   |   20:00 . Peternak Berburu Janggel Jagung Saat Panen Raya   |   19:00 . Petani Jagung NK Wiro Sableng Bungah   |   18:00 . Mampir ke Kantor Kemenag, Wamenag RI Hanya Sholat dan Silaturahmi   |   14:00 . Waspada Hoaks Mengatasnamakan Nomor PJ Bupati Bojonegoro   |   13:00 . Segini Harta Kekayaan Petinggi Kemenkeu yang Jabat Pj Bupati Bojonegoro   |   22:00 . Isi Kekosongan 3 Jabatan, Pemdes Ngampel Gelar Tes Seleksi   |  
Wed, 27 September 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo

blokbojonegoro.com | Friday, 21 January 2022 21:00

Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah saat meresmikan Puskesmas Malo. (Humas Pemkab)

 

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Malo. Peresmian langsung dilakukan oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, Kamis (20/1/2022).

Selain hadir langsung dan diresmikan Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, acara tersebut juga dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Forkopimca Malo, Kepala Desa sewilayah kerja Puskesmas Malo dan tamu undangan yang lainnya.

"Dengan adanya Puskesmas yang baru pelayanan yang baik dan juga menambah kesehatan pada warga. Bukan berarti warganya ingin sakit, justru memotivasi agar warganya makin untuk tindakan preventif terhadap kesehatan," kata Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah.

Bupati Bojonegoro perempuan pertama itu menuturkan, gedung Puskemas Malo yang baru ini merupakan bagian dari penanganan pemerintah daerah terhadap kesehatan masyarakat. "Sehingga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Ani Pujiningrum menyampaikan, latar belakang dibangunnya gedung Puskesmas Malo ini untuk memenuhi keinginan masyarakat wilayah Malo. "Agar di wilayah Malo mempunyai fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang memenuhi standard ruang pelayanan kesehatan," ujarnya.

Menurut Kepala Dinkes Bojonegoro, Kecamatan Malo terdiri dari 20 desa, dengan total Penduduk 29.449 jiwa. Mempertimbangkan wilayah kerja yang cukup luas dan jumlah penduduk yang menjadi sasaran layanan kesehatan, maka sangatlah diperlukan bangunan puskesmas yang lebih luas dan memenuhi standard pelayanan kesehatan berdasarkan Permenkes RI Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Sebelumnya Puskesmas Malo memiliki luas tanah dan bangunan 816 meter persegi. Untuk itu melalui anggaran APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021 sebesar Rp. 4.472.593.631,85 dan P-APBD sebesar Rp. 226.849.788,96, diusulkan untuk pembangunan Puskesmas Malo yang baru di atas tanah seluas 4010,95 meter persegi.

Dengan standar layanan Puskesmas Rawat Inap, meliputi fasilitas antara lain ruang pendaftaran, Poli Umum, Poli Gigi, Poli KIA, Poli Gizi, Poli Kusta/TB, ruang laktasi, apotik, gudang obat, IGD, ruang persalinan, nifas, sterilisasi, laboratorium dan ruang promosi kesehatan. Serta ruang kepala Puskesmas, pertemuan, ruang administrasi, ruang arsip, musala, gudang umum, pantry dan ruang rawat inap. "Dengan demikian ada tambahan 1 Puskesmas menjadi Rawat Inap di tahun 2022 yaitu Puskesmas Malo," ungkapnya.

Diharapkan adanya gedung baru ini mampu mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat, serta meningkatkan semangat tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yang optimal pada masyarakat, dengan tetap waspada dan patuh terhadap standar keselamatan dan pemakaian alat pelindung diri saat melakukan pelayanan.

"Hal itu menjadi tanggung jawab kita semua tenaga kesehatan untuk selalu menjaga dan melayani kesehatan masyarakat," pungkas Bu Ani. [zid/lis]

 

 

 

Tag : Pemkab, Puskesmas, Malo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat